Pertumbuhan Pasar: Atribut Utama, Peluang, Dan Risiko (Bagian 1)

(Businesslounge Journal-Marketing & Services)

Pertumbuhan pasar menghadirkan peluang bagi bisnis untuk berekspansi ke area geografis atau kategori produk baru. Peluang ini meningkatkan potensi pertumbuhan finansial yang cepat dan menguntungkan operasi perusahaan yang ada melalui pangsa pasar yang lebih signifikan. Sebelum memasuki pertumbuhan pasar, penting untuk memahami atribut spesifik pasar tersebut dan bagaimana pengaruhnya terhadap kemampuan perusahaan untuk berhasil. Dalam artikel ini, kami mengidentifikasi apa itu pertumbuhan pasar, apa yang menciptakan pertumbuhan, cara mengidentifikasi pasar ini, serta risiko dan peluang yang terkait dengannya.

Apa itu pertumbuhan pasar?

Pertumbuhan pasar adalah lingkungan bisnis tempat potensi penjualan dan laba tinggi karena pertumbuhan yang cepat. Pasar ini adalah ekonomi atau sektor yang menawarkan potensi paling signifikan untuk ekspansi dan pengembangan bisnis melalui akuisisi pelanggan baru. Perusahaan dapat menemukan peluang pasar ini di semua bagian dunia, tetapi peluang ini terutama lazim di negara-negara berkembang. Pasar yang bertumbuh sering kali selaras dengan tren industri atau acara sosial berskala besar. Misalnya, seiring dunia bergerak menuju ekonomi yang lebih digital, pasar yang bertumbuh di area ini, seperti e-commerce dan pembayaran seluler, menjadi semakin penting.

Apa yang menciptakan pertumbuhan di pasar?
Banyak faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan di pasar dan kombinasi faktor-faktor inilah yang memengaruhi seberapa cepat sektor tersebut tumbuh. Berikut ini adalah beberapa alasan paling umum untuk pertumbuhan pasar:

Peningkatan permintaan
‘Permintaan’ adalah kemauan dan kemampuan untuk membayar suatu produk atau layanan di pasar. Beberapa faktor memengaruhi permintaan terhadap suatu produk, termasuk harga, kondisi pasar, dan barang pesaing. Seiring meningkatnya permintaan terhadap suatu produk atau layanan, demikian pula pertumbuhan pasarnya.

Populasi yang terus tumbuh
Seiring bertambahnya jumlah orang di suatu pasar, potensi penjualan dan laba juga meningkat. Hal ini karena populasi yang lebih besar menyediakan lebih banyak pelanggan potensial. Selain itu, ketika tingkat pertumbuhan populasi tinggi, hal ini menunjukkan bahwa pasar sehat, yang merupakan indikator yang baik bagi bisnis.

Pertumbuhan ekonomi yang cepat
Seiring pertumbuhan ekonomi, permintaan barang dan jasa pun meningkat. Seiring peningkatan pendapatan, orang memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan pada produk dan layanan. Dampak pertumbuhan ekonomi pada pasar bisnis khususnya terlihat jelas di negara-negara berkembang.

Perubahan pada demografi pelanggan
Kelompok usia yang berbeda memiliki persyaratan yang berbeda untuk barang. Misalnya, populasi yang menua memicu pertumbuhan di seluruh sektor perawatan kesehatan, sedangkan populasi yang lebih muda mendukung pertumbuhan dalam teknologi konsumen. Meningkatnya akses pelanggan terhadap pendapatan yang dapat dibelanjakan juga berkontribusi pada pengembangan pasar dengan menurunkan hambatan terhadap keputusan pembelian.

Kemajuan teknologi yang cepat

Kemajuan teknologi dapat menciptakan pertumbuhan di pasar dengan membuat produk atau layanan lebih efisien, terjangkau, atau mudah diakses. Misalnya, ketika teknologi baru memudahkan orang untuk berbelanja atau mengakses informasi daring, hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan di pasar e-commerce dan media digital. Sektor yang terdampak meliputi produk atau layanan yang terlibat langsung dan layanan yang mendukung dan memungkinkan transaksi tersebut, termasuk pemroses pembayaran dan keamanan internet.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)