(Businesslounge Journal-Marketing & Services)
Apa yang menciptakan pertumbuhan di pasar?
Banyak faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan di pasar dan kombinasi faktor-faktor inilah yang memengaruhi seberapa cepat sektor tersebut tumbuh. Berikut ini adalah lanjutan beberapa alasan paling umum untuk pertumbuhan pasar:
Perubahan preferensi konsumen
Preferensi konsumen bergantung pada beberapa faktor, termasuk tren baru, perubahan demografi, dan media sosial. Ketika perusahaan mengantisipasi dan menanggapi perubahan ini dengan cepat, hal itu dapat mengarah pada pertumbuhan pasar. Analisis dan survei pasar merupakan cara yang efektif untuk mengukur preferensi konsumen.
Peserta pasar baru
Seiring bisnis baru memasuki pasar yang sedang berkembang, persaingan semakin ketat dan harga pun turun. Persaingan dapat membuat pencapaian laba besar menjadi sulit, tetapi juga dapat menandakan potensi pertumbuhan dan ekspansi. Penawaran yang meningkat di pasar memberikan kepercayaan kepada investor melalui bukti sosial.
Tergantung pada pasar, ketersediaan produk atau layanan juga berkontribusi pada pertumbuhan. Ketika pasokan lebih banyak daripada permintaan, harga yang lebih rendah dan persaingan yang meningkat lebih menguntungkan konsumen daripada bisnis. Sebaliknya, penurunan pasokan dan peningkatan permintaan menyebabkan pertumbuhan harga dan penurunan persaingan.
Apa perbedaan pasar yang sedang berkembang dengan pasar yang sudah matang?
Bisnis biasanya berkembang pesat di pasar yang sedang berkembang karena mereka ingin memanfaatkan peluang yang meningkat untuk menjangkau pelanggan baru dan meraih keuntungan yang lebih besar.
laba. Sebaliknya, perusahaan umumnya bersaing ketat untuk mendapatkan basis pelanggan yang menyusut di pasar yang matang. Perbedaan penting antara kedua jenis pasar ini adalah tingkat potensi pertumbuhan yang ada. Pasar yang matang mungkin masih kuat, tetapi tidak memiliki peluang yang diberikan oleh permintaan yang meningkat.
Apa perbedaan pasar yang sedang tumbuh dengan pasar yang sedang berkembang?
Pasar yang sedang berkembang adalah pasar yang memiliki potensi pertumbuhan; ekonominya tumbuh, populasinya meningkat, dan ada peluang bagi bisnis untuk berkembang. Akibatnya, pasar yang sedang berkembang menarik, yang memungkinkan perusahaan untuk membangun posisi yang kuat sebelum persaingan semakin ketat. Namun, ini disertai dengan tantangan untuk beroperasi tanpa informasi historis apa pun yang menjadi dasar keputusan.
Di pasar yang sedang berkembang, pertumbuhan telah dimulai. Populasi pelanggan meningkat dan bisnis telah berkembang dan bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar. Akibatnya, perusahaan telah memiliki beberapa data awal untuk memperkirakan hasilnya.
Apa saja atribut utama pasar yang sedang berkembang?
Ada beberapa atribut utama yang dimiliki pasar yang sedang berkembang, yang berkontribusi pada potensi penjualan dan laba yang tinggi. Ini termasuk:
Basis pelanggan yang besar atau berkembang
Pasar yang berkembang biasanya memiliki basis pelanggan yang besar. Ukuran basis pelanggan dapat disebabkan oleh populasi yang berkembang, ekonomi yang berkembang, atau bahkan pertumbuhan sektor terkait yang menciptakan peningkatan permintaan untuk produk atau layanan tertentu. Misalnya, seiring berkembangnya negara, kebutuhan akan layanan kesehatan yang lebih baik meningkat, yang mengarah pada pertumbuhan di sektor konstruksi dan transportasi.
Tingkat kejenuhan pasar yang rendah
Kejenuhan pasar terjadi ketika suatu bisnis memasuki pasar bersama beberapa pesaing lain yang menawarkan produk atau layanan yang sama. Biasanya ada tingkat kejenuhan yang rendah di pasar yang berkembang karena permintaan pelanggan melebihi pasokan. Bisnis juga dapat menemukan peluang untuk membedakan diri dari penawaran lain, sehingga mengurangi persaingan langsung.
Lingkungan peraturan yang menguntungkan
Lingkungan peraturan yang menguntungkan terjadi ketika pemerintah membuat kebijakan dan peraturan yang kondusif bagi pertumbuhan bisnis. Pasar yang berkembang biasanya memiliki lingkungan peraturan yang menguntungkan. Peraturan dapat memengaruhi kondisi karyawan, pajak yang dibayarkan organisasi, atau memberlakukan pembatasan pada penjualan dan iklan produk secara geografis.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)