(Business Lounge Journal – Marketing)
Kepuasan pelanggan sangat perlu untuk tetap dijaga supaya mereka kembali lagi dan membuat mereka menjadi pelanggan yang loyal.
Dalam hal ini yang namanya pelanggan adalah salah satu bagian penting yang sangat perlu untuk dijaga khususnya dalam menjalankan sebuah bisnis. Bahkan untuk seluruh jenis bisnis, baik dalam bentuk barang maupun dalam bentuk jasa tidak akan bisa mengesampingkan yang namanya pelanggan karena jelas tanpa adanya pelanggan, maka bisnis yang ada tidak akan mendapatkan uang atau keuntungan dalam berbisnis.
Dengan adanya kehadiran pelanggan ini, malah akan membuat bisnis akan menjadi bertahan bahkan dalam waktu lama akan tetap bisa berjalan. Sehingga perlu sekali untuk tetap terus menjaga kepuasan para pelanggan bisnis ini supaya mereka terus menjadi pelanggan yang loyal terhadap bisnis yang kita jalankan.
Nah, dalam hal ini kedatangan mereka juga dapat menjadi salah satu alat promosi secara tidak langsung atas bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga pengalaman dari pelanggan yang telah memakai produk yang mereka rasakan akan menjadi salah satu kunci menuju kesuksesan kita atau sebuah kegagalan.
Sebab, jika yang namanya pelanggan ini suka dengan produk yang kita jalankan, maka pelanggan ini akan menceritakan hal- hal yang bagus yang berkaitan dengan produk tersebut. Untuk itu, sebaiknya jika pelanggan itu tidak puas menggunakan produk kita maka kebalikkannya mereka akan menceritakan yang kurang baik ini kepada setiap orang.
Untuk itu, sangat penting utnuk terus meningkatan kepuasan para pelanggan kita. Ada beberapa hal yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan kepada pelanggan. Berikut ini ada 5 cara akan kita bahas bersama- sama bagaimana cara meningkatkan kepuasan kepada para pelanggan:
1. Memelihara kualitas terbaik produk
Disini pelanggan bisa menjadi sosok yang akan membawa bisnis ini menuju kesuksesan atau kegagalan. Jadi buatlah agar pelanggan dapat membawa bisnis ini ke jalur kesuksesan sehingga perlu yang namanya menjaga kualitas produk dengan baik. Biasanya pelanggan akan lebih senang jika mendapatkan produk barang dan jasa ini sesuai dengan keinginan mereka. Untuk itu sangat perlu yang namanya menjaga kualitas produk pada barang dan jasa secara stabil.
Sehingga untuk harga yang mahal atau murah itu tidak menjadi masalah bagi pelanggan jika kita dapat mengadakan produk dengan kualitas yang sudah pasti yang terjamin. Semakin oke kualitas produknya maka tambah loyal para pelanggan kita.
2. Ramah dengan senyuman
Senyum sangat dibutuhkan disini, sehingga para pelanggan sangat menyukai staf atau para pekerja yang ramah dalam menjelaskan produk jualannya. Nah hal ini penting banget untuk terus di pastikan bahwa bisnis ini yang sedang dijalankan akan terus menyajikan hal yang baik oleh para staf kita.
Hal yang simple dapat dilakukan dengan cara yang ramah yaitu memberikan senyuman yang tulus. Lalu jangan pernah bosan ketika harus menjawab semua pertanyaan yang di berikan oleh pelanggan dan terakhir jangan lupa untuk meminta maaf jika menghadapi adanya komplain yang disampaikan oleh pelanggan, meskipun sepertinya kesalahan yang sebenarnya ada pada pelanggan tersebut.
3. Menjadi Pendengar yang baik
Mendengarkan keluhan dan saran dari pelanggan dalam berbisnis sangat perlu, juga menjadi pendengar yang baik itu juga tidak kalah penting. Biasanya yang harus dilakukan sebagai pemilik bisnis adalah mendengarkan keluhan dan saran dari para pelanggan sangat dianjurkan.
Bahkan sebagai pemilik bisnis, semua keluhan ataupun saran yang diajukan oleh pelanggan dapat segera ditindaklanjuti. Sehingga dengan menindaklanjuti keluhan dan saran yang diajukan, sebagai pemilik bisnis jadi dapat mengetahui apa saja yang perlu untuk di perbaiki.
Dengan demikian para pelanggan pun akan merasa komplainnya di dengarkan dengan baik, bahkan juga keluhan dan saran dari pelanggan ditindaklanjuti.
4. Ciptakan Hubungan Baik
Cara ini dapat dilakukan yaitu dengan mendatangi langsung para pelanggan, gunanya dengan menciptakan hubungan baik dengan pelanggan maka akan tercipta komunikasi yang baik dan hangat tentunya. Karena perlu mengakrabkan diri tetapi ada batasnya jangan terlalu terlihat sok akrab dan sok kenal yang membuat suasana tidak nyaman.
Salah satu caranya adalah dengan mengajaknya berkomunikasi secara professional bisa sambil bertanya apa saja yang mereka perlukan, bahkan sebagai pebisnis dapat juga berjanji untuk cepat dalam mewujudkan keinginan pelanggan tersebut.
5. Jujur dan Tidak Menjanjikan
Dalam hal ini memnag dibutuhkan keberanian untuk mengatakan “tidak” jika memang tidak mungkin untuk mengabulkan keinginan dari sudut pelanggan. Pasti tau peribahasa ini, pelanggan adalah raja. Tetapi tidak demikian, para pemilik usaha juga tentu mengetahui bahwa tidak serta merta semua yang diajukan pelanggan dapat dipenuhi.
Sehingga jangan pernah berjanji untuk memberikan harapan palsu kepada para pelanggan kita. Kenapa? Karena kalau memang tidak memungkinkan untuk menyediakan prosuk sesuai yang di inginkan pelanggan maka sebaiknya dapat disampaikan dengan jujur bahwa tidak dapat dilakukan.
Tetapi jika kita pemilik usaha mengatakan “iya” terhadap keinginan pelanggan dan tidak dapat memenuhinya maka sudah pasti pelanggan akan merasa kecewa. Untuk itu kejujuran yang disampaikan akan menjadai momen Dimana pelanggan akan melihat bahwa pemilik usaha adalah seorang pengusaha yang baik dan jujur.