(Business Lounge Journal-Human Ressources)
Pelajari usia di mana banyak bos memperoleh posisi mereka – dan bagaimana Anda dapat mempersiapkan diri untuk peran kepemimpinan. Penelitian telah menemukan bahwa mayoritas bos berusia minimal 40 tahun. Banyak bos memiliki gelar dalam bisnis, studi umum, dan komunikasi. Untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan utama, calon bos harus menjadi lebih disiplin diri dan meningkatkan komunikasi mereka dengan rekan kerja mereka saat ini.
Artikel ini untuk orang yang ingin menjadi bos atau pemimpin. Jika Anda ingin memajukan karier Anda ke titik di mana Anda memimpin tim, kapan Anda harus berharap untuk mencapai tujuan itu? Bagi banyak pekerja muda yang ambisius, sepertinya tidak perlu terburu-buru, karena penelitian menunjukkan banyak bos yang sedikit lebih tua sebelum mereka mengambil peran kepemimpinan. Ini berarti pekerja muda yang bercita-cita untuk memimpin harus menghabiskan awal karir mereka mengembangkan disiplin diri dan keterampilan kepemimpinan yang diperlukan untuk menjadi bos terbaik sambil memanfaatkan peluang untuk membuktikan nilai mereka.
Berapa lama untuk menjadi bos?
Rata-rata, orang membutuhkan sekitar tiga tahun pengalaman profesional untuk menjadi manajer, selain waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan gelar, menjalani pelatihan formal, atau mendapatkan sertifikat. Mempertimbangkan bahwa sebagian besar program pendidikan dan kursus sertifikasi berlangsung setidaknya beberapa tahun, biasanya orang membutuhkan enam hingga delapan tahun pendidikan formal dan pengalaman kerja sebelum menjadi bos.
Secara umum tidak ada jalan satu ukuran untuk semua untuk menjadi seorang pemimpin. Butuh waktu untuk mengembangkan keterampilan yang Anda butuhkan untuk bekerja dengan baik di pekerjaan Anda. Apa pun industri Anda, Anda harus terbiasa dengan semua jenis proses dan persyaratan sebelum Anda dapat memimpin orang lain dengan percaya diri dan mendapatkan rasa hormat dari karyawan Anda. Itu mungkin sebabnya, menurut penelitian dari Zippia, 65% bos berusia minimal 40 tahun. Tentu saja, ada banyak bos yang lebih muda dan lebih tua juga.
Rata-rata, karyawan menghabiskan waktu antara enam dan delapan tahun membangun fondasi untuk menjadi manajer dalam industri mereka.
Pendidikan apa yang mengarah pada menjadi bos?
Seberapa baik latar belakang pendidikan Anda akan menguntungkan tujuan karir Anda tergantung pada industri tempat Anda beroperasi dan seberapa baik keterampilan yang Anda pelajari selama pendidikan Anda diterjemahkan ke dalam pekerjaan. Ada pemilik bisnis dan manajer dengan pengalaman di hampir setiap bidang studi. Namun, ada beberapa gelar yang cenderung lebih populer di kalangan orang yang kini menjadi pemimpin di perusahaannya.
Berdasarkan penelitian Zippia, gelar bisnis adalah yang paling populer di antara orang-orang yang menjadi bos saat ini, dengan 23% bos memilikinya. Studi umum, peradilan pidana, dan komunikasi adalah tiga jurusan paling populer berikutnya di antara para bos di tempat kerja mereka saat ini.
Zippia juga menemukan bahwa pendidikan tinggi secara signifikan meningkatkan peluang Anda untuk menjadi seorang bos; survei menemukan bahwa 37,3% bos memiliki setidaknya gelar sarjana, sementara 26,7% bos hanya memiliki ijazah SMA. Menariknya, hanya 5,6% bos yang memiliki gelar master, menunjukkan bahwa pendidikan yang lebih tinggi tidak selalu lebih baik.
Bagaimana mengembangkan keterampilan kepemimpinan
Bahkan jika Anda memiliki semua pendidikan, keterampilan, dan pengalaman, memimpin orang lain membutuhkan lebih dari sekadar menjadi ahli dalam pekerjaan Anda. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang dapat membantu Anda menjadi pemimpin yang hebat.
– Berpartisipasi dalam lebih banyak proyek. Dalam posisi Anda saat ini, pertimbangkan untuk mengambil lebih banyak proyek dan meningkatkan tanggung jawab Anda. Dengan begini, Anda bisa lebih terbiasa mengelola beban kerja yang lebih besar sambil tetap menjaga produktivitas dan komunikasi Anda dengan rekan kerja. Namun saat Anda mempertimbangkan untuk mengambil lebih banyak proyek, jangan lupakan keseimbangan kehidupan kerja Anda. Mempertahankan beban kerja yang berkelanjutan juga penting.
– Berlatihlah mendengarkan secara aktif. Menjadi seorang pemimpin membutuhkan lebih dari sekadar mengawasi tim dan memberikan instruksi kepada karyawan. Sebagian besar menjadi pemimpin yang efektif adalah mengetahui cara mendengarkan. Akibatnya, karyawan dan manajer yang secara aktif mendengarkan seringkali memiliki hubungan kerja yang lebih baik. Anda harus selalu mempertimbangkan perspektif karyawan Anda dan terbuka untuk umpan balik mereka. Dengan cara ini, perusahaan Anda juga dapat bekerja untuk karyawan Anda, bukan hanya sebaliknya.
– Bersikaplah terbuka untuk belajar. Bahkan pemimpin yang paling berpengalaman pun masih mencari cara untuk memperluas pengetahuan mereka. Proses, tren, dan standar baru terus berkembang di hampir semua industri. Itu sebabnya Anda harus selalu mencari lebih banyak pengetahuan. Dengan cara ini, Anda dapat mempelajari strategi baru untuk mengatasi tantangan dan memenuhi persyaratan apa pun yang memengaruhi pekerjaan Anda dan tim yang Anda awasi.
– Tingkatkan disiplin diri Anda. Setelah Anda menjadi seorang pemimpin, Anda akan sering bertanggung jawab untuk membuat tujuan, menetapkan prioritas, dan mengelola serta menyelesaikan tugas. Menjadi sadar diri dan disiplin dapat membuat Anda, tim Anda, dan perusahaan Anda tetap pada jalurnya. Cobalah untuk lebih berhati-hati dalam menetapkan tujuan untuk diri sendiri (serta tenggat waktu). Lacak kemajuan Anda, dan saat Anda menyelesaikan tujuan Anda, tetapkan lebih banyak yang akan menantang Anda dan membantu Anda mencapai tingkat potensi kepemimpinan yang baru.
Terlibat dalam lebih banyak proyek, mendengarkan secara aktif, terbuka untuk belajar dan mempraktikkan disiplin diri adalah beberapa cara Anda dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan utama.
Menemukan seorang mentor untuk belajar bagaimana menjadi bos yang baik
Untuk menumbuhkan keterampilan kepemimpinan yang efektif, luangkan waktu untuk memikirkan tujuan karir jangka pendek dan jangka panjang Anda. Dari sana, Anda dapat mencari seorang mentor yang dapat membimbing Anda saat Anda bekerja menuju tujuan Anda. Pertimbangkan untuk menghubungi manajer Anda saat ini, pemimpin lain dalam perusahaan Anda, atau seseorang yang Anda hormati secara profesional.
Cobalah untuk terhubung dengan seseorang yang memiliki tipe peran kepemimpinan yang ingin Anda pegang. Setelah Anda mengidentifikasi orang (atau orang-orang) ini, Anda dapat meminta mereka untuk membagikan beberapa saran dan melatih Anda dalam keterampilan utama.
Pertimbangkan untuk meminta manajer Anda saat ini untuk menjadi mentor Anda. Dengan pengalaman mereka, mereka dapat dengan mudah membantu Anda mempelajari apa yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif.
Jadilah pemimpin terbaik yang Anda bisa, di usia berapa pun.
Banyak orang membutuhkan tahun-tahun awal karir mereka untuk belajar dan mengasah keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin yang efektif. Namun, tidak ada usia (atau rentang usia) tertentu yang sempurna untuk menjadi bos. Ini lebih tentang memastikan Anda telah menguasai keterampilan kepemimpinan utama. Saat Anda menetapkan tujuan untuk menjadi bos, cobalah bersikap realistis tentang apa yang ingin Anda capai. Dengan cara ini, Anda mempersiapkan diri untuk pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan untuk Anda – dan produktif untuk anggota staf masa depan Anda.