(Business Lounge Journal – Human Resources)
Pernyataan Visi (Vision Statement) menggambarkan “mengapa” perusahaan Anda, sedangkan pernyataan misi menggambarkan “siapa” dan “apa” bisnis Anda. Pernyataan visi sangat penting karena mengungkapkan tujuan dan arah bersama bagi karyawan Anda.
Anda dapat menyusun pernyataan visi yang menarik dengan menanamkannya dengan semangat, menjadikannya inspirasi, dan menyelaraskannya dengan nilai dan tujuan bisnis Anda.
Artikel ini ditujukan untuk pemilik bisnis yang ingin membuat pernyataan visi yang mendefinisikan nilai-nilai mereka dan menyoroti identitas perusahaan mereka. Menulis pernyataan visi untuk bisnis Anda dapat menjadi tantangan karena harus mendefinisikan perusahaan, nilai, dan tujuan masa depan Anda. Pernyataan visi adalah alat yang berharga untuk menginspirasi tim Anda dan membentuk identitas perusahaan.
Apa itu pernyataan visi?
Pernyataan visi adalah pernyataan tertulis yang menjelaskan arti dan tujuan bisnis Anda bagi pemangku kepentingan, terutama karyawan. Ini menggambarkan hasil jangka panjang yang diinginkan dari upaya perusahaan Anda. Misalnya, pernyataan visi awal Microsoft adalah “komputer di setiap meja dan di setiap rumah.”
Pernyataan visi perusahaan mengungkapkan, pada tingkat tertinggi, apa yang paling diharapkan dan dicapai oleh sebuah organisasi dalam jangka panjang. Pernyataan visi penting karena menguraikan tujuan bersama semua orang di perusahaan. Bisnis yang bekerja menuju aspirasi yang lebih tinggi lebih menarik bagi karyawan saat ini dan masa depan.
Pernyataan visi dapat mempengaruhi kesuksesan jangka panjang perusahaan, jadi luangkan waktu untuk membuat pernyataan yang menyatukan ambisi Anda dan memobilisasi staf Anda. Pernyataan visi dapat meningkatkan keterlibatan karyawan sekaligus mempermudah perekrutan karyawan baru untuk kesesuaian budaya dalam suatu perusahaan.
Apakah perbedaan antara pernyataan visi dan pernyataan misi?
Pernyataan misi didasarkan pada saat ini dan menyampaikan kepada pemangku kepentingan (stakeholder) dan anggota masyarakat mengapa bisnis ada dan di mana posisinya saat ini. Pernyataan visi berbasis masa depan, dan dimaksudkan untuk menginspirasi dan memberikan arahan kepada karyawan.
Visi adalah tentang tujuan Anda untuk masa depan dan bagaimana Anda akan sampai di sana, sedangkan misi adalah tentang di mana Anda sekarang dan mengapa Anda ada. Visi harus memotivasi tim untuk membuat perbedaan dan menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri.
Pernyataan misi dan pernyataan visi keduanya penting untuk membangun merek. Sementara pernyataan misi berfokus pada tujuan merek, pernyataan visi melihat pemenuhan tujuan itu. Meskipun pernyataan misi dan visi harus menjadi elemen inti organisasi Anda, pernyataan visi harus berfungsi sebagai cahaya penuntun atau arah bagi perusahaan Anda.
Berikut ini adalah beberapa contoh dari pernyataan visi perusahaan:
IKEA
“Visi kami adalah untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang.” Itu aspiratif, singkat dan to the point. Lebih dari itu, ini menentukan arah bagi perusahaan dan memperjelas bahwa mereka ada di pasar untuk menawarkan perabotan bagus dengan harga murah yang sesuai dengan gaya hidup semua orang.
Nike
“Bawalah inspirasi dan inovasi kepada setiap atlet* di dunia. (*Jika Anda memiliki tubuh, Anda adalah seorang atlet.)” Tidak ada yang terlalu peduli dengan sepatu kets di masa lalu. Mereka hanyalah bagian dari peralatan olahraga. Namun Nike melihat masa depan yang belum ada, di mana mereka menghadirkan produk yang menginspirasi dan memotivasi orang. Perhatikan bagaimana mereka memasukkan semua orang sebagai atlet. Ini cerdas dan inklusif.
McDonald’s
“Menjadi pengalaman restoran layanan cepat terbaik. Menjadi yang terbaik berarti memberikan kualitas, layanan, kebersihan, dan nilai yang luar biasa, sehingga kami membuat setiap pelanggan di setiap restoran tersenyum.” Kata terbaik adalah kata yang membutuhkan definisi, dan McDonald’s menyediakannya dengan kualifikasi, membuat peta jalan menuju sukses ditandai dengan rambu-ramb yang jelas.