Identifikasi Tingkat Stress Anda

(Business Lounge Journal – Empower People) Anda atau tim Anda mengalami stress dalam bekerja? Bagaimana caranya mengetahui seseorang dalam tim Anda mengalami stress dalam bekerja? Bisa jadi saat ditanyakan dan dilakukan konseling pada yang bersangkutan, maka ia mengatakan biasa-biasa saja namun sebenarnya mulai jenuh dan mulai terjadi stress. Ada 10 tanda stress yang dapat ditemukan dan dikenali dalam lingkungan pekerjaan. Jika ini yang Anda temukan baik untuk diri Anda sendiri maupun untuk tim Anda maka inilah tandanya ada stress dalam pekerjaan yang perlu diwaspadai dan diatasi sebelum stress semakin meningkat dan berlebihan hingga mengganggu pekerjaan kita.

Berikut ini adalah 10 tanda stress bekerja yang perlu diperhatikan:

1. Menurunnya produktivitas

Hal yang mudah terlihat adalah menurunnya produktivitas. Produktivitas merupakan sesuatu yang dapat diukur dengan melihat berapa hasil yang dicapai dalam keseharian kita. Jika produktivitas menurun, jangan-jangan diakibatkan hilangnya semangat bekerja akibat adanya stress atau kejenuhan bekerja.

2. Meningkatnya jumlah hari tidak masuk kerja.

Sering bolos bekerja dengan berbagai alasan adalah salah satu tanda seseorang mulai malas bekerja yang mungkin saja disebabkan oleh adanya stress terhadap pekerjaan sehingga cenderung menghindar dari pekerjaan.

3. Mudah marah dan beragumentasi untuk hal yang kecil

Jika karena hal kecil rekan Anda mengajak Anda bertengkar dan berargumen serta mengumbar kemarahan padahal tidak biasanya demikian, ini dapat menjadi tanda adanya stress dan harus segera diatasi atau situasi di kantor akan semakin memburuk

4. Hal yang penting diabaikan

Hal yang sebenarnya penting dan harus menjadi perhatian utama ternyata terabaikan dan tidak diperhatikan sehingga terjadi kelalaian. Hal ini dapat mendeteksi mungkin load pekerjaan begitu padatnya hingga menimbulkan stress yang berakibat lupanya seseorang pada hal yang begitu penting.

5. Tidak memperhatikan deadline

Sangking stressnya kadang kala deadline pun dapat berlalu begitu saja. Ada orang yang biasaya akan semakin stress bila mengingat deadline. Ada pula orang yang justru tidak mau memikirkan deadline daripada semakin stress. Itu sebabnya kadang deadline yang membuat stress tersebut justru jadi terlewatkan.

6. Tidak memberikan customer dan client perhatian yang mereka perlukan. Banyaknya pikiran dapat membuat seseorang tidak lagi menaruh perhatian pada customer dan client mereka.

7. Waktu bekerja sering “distracted” dengan berbagai hal sehingga pekerjaan tidak selesai.

8. Bekerja lembur

Walaupun tidak selalu merupakan tanda stress, tapi biasanya bekerja lembur akan menimbulkan stress fisik dalam pekerjaan. Menimbulkan rasa letih yang berkepanjangan

9.Tidak jelas apa yang sedang dikerjakan

Orang yang semangat dan gembira bekerja selalu tahu apa yang harus dikerjakan. Namun bila kehilangan semangat biasanya kerjapun sudah asal-asalan.

10.Jarang tersenyum dan lebih banyak berdiam diri di kantor

Walaupun mungkin orang mengatakan memang pribadi rekan sekerja kita “cool” dan jarang tersenyum namun jika senyum tidak pernah merekah mungkin perlu diperhatikan apakah ada yang menjadi beban pikiran rekan kita tersebut.

Jika kita menemukan tanda-tanda ini sebaiknya kita berhenti sejenak, mencari sumber stress yang memicu timbulnya kondisi-kondisi yang ada dan menyelesaikannya sebelum semakin meningkat dan menimbulkan masalah dalam pekerjaan.

Vera HerlinaVera Herlina/VMN/BL/CEO of Management and Soft Skill Academies, Vibiz Consulting Group.

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x