Beberapa Cara Ampuh Untuk Meningkatkan Keseimbangan Hidup

(Business Lounge Journal – Empower People) – Tentu saja bekerja adalah penting. Tapi, begitu juga penting dalam menjaga keseimbangan hidup  Anda. Jadi, jika Anda sedang mencari cara untuk mencapai keseimbangan yang lebih baik antara karir dan kehidupan pribadi, tidak usah jauh jauh. Berikut adalah enam tips untuk membantu Anda mendapatkan caranya!

1. Belajar Untuk Prioritas

Ada begitu banyak jam dalam sehari. Jadi pastikan Anda memiliki cukup waktu tersisa untuk rileks dan kebutuhan pribadi. Sering kali ketika kita berpikir tentang memprioritaskan, kita hanya memikirkan tugas yang berhubungan dengan pekerjaan kita. Tapi, jika Anda akan melakukan upaya untuk mencapai keseimbangan antara kerja dan waktu pribadi, Anda perlu belajar untuk memprioritaskan hal-hal yang ingin Anda lakukan juga.

Saya ingin memulai setiap hari dengan good old fashioned to-do list. Pertama, saya menuliskan apa saja yang ingin dilakukan pada hari. Ini termasuk tugas-tugas profesional (yaitu menjawab email, menyelesaikan proyek menulis, mengirim faktur) serta ambisi pribadi (yaitu pergi untuk berlari, ke salon, bertemu teman untuk makan malam). Setelah daftar saya dikompilasi, saya memberikan nomor pada item tersebut sesuai urutan kepentingan mereka.

Biasanya, ada beberapa tugas profesional yang masuk dalam daftar teratas karena mengingat deadline yang ada. Tapi, saya selalu ingin memastikan bahwa saya memiliki satu item pribadi dalam lima list teratas, yang memaksa saya untuk memprioritaskan kebutuhan pribadi saya bersamaan dengan tugas-tugas profesional lainnya. Belajar untuk mengidentifikasi apa yang penting bagi Anda (baik yang berhubungan dengan pekerjaan atau tidak) adalah kunci untuk sukses dalam keseimbangan!

2. Jadwal Downtime

Memprioritaskan adalah satu hal. Tapi rahasianya adalah dalam tindak lanjutnya. Anda harus tetap dengan prioritas yang ada – tidak peduli seberapa menggoda  untuk menyingkirkan kebutuhan pribadi Anda demi melanjutkan  pekerjaan Anda.
Menjadwalkan waktu pribadi Anda secara fisik dapat menjadi alat yang sangat membantu untuk memastikan Anda tidak mulai membiarkan downtime Anda berlalu.

Jadi, apakah Anda ingin membawa anjing untuk berjalan-jalan di malam hari atau menghadiri kelas musik  rutin-  masukkan ke dalam kalender Anda! Kemudian, hargai kegiatan tersebut  seperti yang Anda lakukan pada komitmen profesional  atau pertemuan lain.

3. Jadilah Jujur Tentang Keterbatasan Anda

Kadang-kadang kita tidak punya waktu untuk diri kita sendiri, hanya karena kita sudah terlalu banyak tanggung jawab di tempat lain. Anda harus jujur tentang keterbatasan Anda – baik ketersediaan dan waktu dengan atasan atau klien dan juga dengan diri Anda sendiri.

Jadi, sebelum dengan antusias berteriak, “Ya!” ketika berikutnya seseorang mendekati Anda dengan sebuah proyek pada menit terakhir, luangkan waktu untuk mengevaluasi beban kerja Anda saat ini. Apakah ini akan mendorong Anda melewati ambang stres Anda? Jika demikian, Anda mungkin harus mempertimbangkan dulu menambahkan pekerjaan pada beban Anda yang sudah penuh.

4. Memiliki Waktu untuk Latihan

Sayangnya,  jadwal kami untuk latihan adalah salah satu dari hal pertama yang akan dikeluarkan dari kalender. Waktu untuk treadmill dengan cepat digantikan dengan pertemuan atau kewajiban profesional lainnya. Tapi, membuat waktu yang cukup untuk tetap latihan tidak hanya penting untuk tubuh Anda-itu penting bagi pikiran Anda juga.

Latihan adalah sangat efektif menurunkan stres. Ia melepaskan endorfin, yang meningkatkan mood Anda dan bahkan dapat menginspirasi produktivitas tambahan! Jadi, berusaha untuk menyisihkan setidaknya beberapa blok dari waktu setiap minggu untuk tetap bergerak. Ini akan membuat Anda merasa lebih baik!

5. Putus atau Disconnect

Tidak ada keraguan tentang hal itu – saya benar-benar mencintai teknologi dan media sosial. Namun, saya pikir orang akan setuju bahwa itu semua juga memiliki kelemahan pasti nya.

Sebagai permulaan, anda harus selalu terhubung dan mudah dicapai. Apakah itu siang atau malam, Anda merasa tekanan untuk menjawab email dan menanggapi permintaan yang datang.

Selain itu, media sosial dapat bertindak cukup besar menghisap waktu Anda. Memang, ada banyak momen ketika saya menemukan diri tanpa berpikir bergulir melalui Instagram, dimana saya seharusnya  bisa menghabiskan waktu yang pada aktivitas lain yang benar-benar membantu saya untuk bersantai dan refresh kembali. Jadi, menjauhlah dari telepon Anda dan laptop, dan memberikan mata Anda istirahat yang memang layak dari layar HP dan laptop!

6. Tinggalkan Pekerjaan di Kantor

Banyak dari kita memiliki kecenderungan untuk mendekati malam dan akhir pekan dengan terus bekerja seperti hari biasa. Sebaliknya, tahan diri Anda untuk meninggalkan pekerjaan di kantor setiap harinya untuk memastikan Anda memiliki jam yang cukup untuk bersantai setelah hari yang panjang.

Hidup menjadi sibuk, dan menjaga keseimbangan yang memadai antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda dapat menjadi suatu tantangan. Ada garis halus antara terlalu banyak bekerja dan terlalu banyak waktu pribadi. Tapi, enam tips ini akan cepat membantu Anda menemukan hidup yang bahagia!

iin3 Endah Caratri/Managing Partner Financial, Accounting & Tax Services Vibiz Consulting/VMN/BL

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x