(Business Lounge Journal – Empower People) Dunia kerja sebenarnya adalah dunia yang mendominasi hidup seseorang. Bagaimana tidak? Seorang yang bekerja di kantor akan tinggal selama delapan jam atau menghabiskan sepertiga waktunya di kantor. Kenyamanan tempat kerja adalah faktor penting yang membuat seseorang bertahan untuk kerja sebab kantor menjadi rumah kedua yang sangat penting untuk diperhatikan.
Seorang karyawan di sebuah perusahaan telah bekerja 25 tahun dengan loyal. Tidak terpikir sekalipun pergi dari perusahaan tersebut dan mencari pekerjaan yang lain. Saat mengobrol dengan karyawan ini saya tanyakan apakah yang membuat dia tidak ingin pindah. Ia mengatakan adalah karena orang-orang di kantor ini saling peduli.
Kantor Sebagai Rumah Kedua
Sebagai rumah tentunya kita menginginkan suasana yang hangat dan penuh dengan kepedulian satu dengan yang lain. Pemilik rumahlah yang paling berperan dalam membuat suasana sesuai dengan apa yang diinginkannya tentunya. Namun hal kepedulian itu tidak akan pernah terwujud apabila anggota dalam rumah tidak mengambil bagiannya masing-masing.
Membangun kantor menjadi sebuah rumah yang nyaman bagi Anda dalam bekerja tidaklah sulit. Sebetulnya tidak bergantung pada fasilitas yang tersedia apa saja, tidak memerlukan hal-hal fisik yang nyaman. Walaupun jika ada fasilitas tentu saja akan semakin membuat semua orang betah di kantor. Mulailah dengan saling peduli dalam hal-hal yang kecil sekalipun dan lakukanlah untuk orang di sekeliling Anda.
Tips
Berikut ini beberapa hal kecil yang Anda dapat lakukan di kantor misalnya:
– Mengingat hari ulang tahun rekan kerja Anda dan merayakannya bersama. Anda dapat membuat surprise kecil-kecilan bagi teman atau atasan Anda.
– Memperhatikan bila seorang rekan sakit, atau pun tertimpa musibah. Anda dapat mengunjungi, bahkan mengumpulkan uang/donasi bila diperlukan
– Memperhatikan bila prilaku rekan Anda di kantor berubah, biasanya ada “something wrong” di balik prilakunya yang mungkin membutuhkan empati dari Anda. Bukan bermaksud mencampuri, namun menunjukkan empati.
– Peduli terhadap kebersihan kantor, tidak perlu marah bila melihat sampah dan memanggil office boy dengan suara keras. Ambil saja sampah itu sendiri di hadapan orang-orang lain dan buang saja ke tong sampah. Kepedulian jenis ini bisa membuat orang lain pun mengikuti langkah Anda. Di kantor saya bahkan semua orang membersihkan mejanya sendiri saat hendak pulang. Semua menyukai kebersihan dan keteraturan.
– Bersikap saling menghargai. Menghargai berarti peduli bukan? Anda tidak akan menghargai orang yang tidak Anda pedulikan.
Ada banyak hal kecil yang dapat kita lakukan secara bersama-sama dan semuanya akan membuat suasana kantor menjadi semakin menyenangkan. Jika seseorang hendak meninggalkan perusahaan, pastilah berpikir dua kali. Belum tentu di tempat lain akan mendapatkan kenyamanan yang sama bukan?
Vera Herlina/VMN/BL/CEO of Management Soft Skill Academies Vibiz Consulting Group