(Business Lounge – Dominate The Market) – Anda mungkin berpikir, bagaimana meningkatkan penjualan produk atau jasa yang Anda hasilkan. Jika Anda adalah seorang entrepreneur dan memiliki karyawan yang bekerja di perusahaan Anda, ada baiknya Anda sering bertanya kepada mereka. Memang, tidak semua perkataan karyawan bisa menjadi masukan bagi perusahaan Anda, tetapi Anda percaya atau tidak, terkadang masukan dari karyawan Anda, akan memberikan ide bagi Anda untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda.
Mungkin Anda bertanya, untuk meningkatkan penjualan Anda, mengapa saya harus bertanya kepada karyawan? Bukankah dengan melakukan riset sendiri sebenarnya sudah cukup? Itu memang benar, tetapi apa salahnya jika Anda meningkatkan penjualan Anda lagi. Nah, berikut ini, merupakan beberapa alasan mengapa Anda harus banyak bertanya pada karyawan Anda untuk kemajuan penjualan produk maupun jasa :
Karyawan Anda lebih tahu produk atau jasa dibandingkan pelanggan Anda
Percaya atau tidak, Anda terkadang tidak menyadari bahwa karyawan Anda lebih mengerti produk atau jasa Anda dibandingkan pelanggan Anda. Mungkin Anda masih belum paham yang saya maksudkan, tetapi pada kenyataannya, pernahkah Anda sadari, bahwa sebenarnya karyawan Anda yang ikut terlibat dalam proses pembuatan produk di perusahaan Anda. Atau bagi Anda yang bergerak di perusahaan jasa, pernahkah Anda mengetahui, bahwa sebenarnya karyawan Anda juga melihat perkembangan dari usaha jasa Anda.
Sebenarnya hal itu, cukup untuk menjelaskan, bahwa karyawan Anda sebenarnya mengerti produk atau jasa dari perusahaan Anda. Bahkan, sesekali karyawan Anda akan membandingkan perusahaan Anda dengan pesaing Anda dengan tujuan agar produk atau jasa Anda tidak kalah dengan pesaing Anda. Namun, pernahkah Anda terpikir untuk bertanya kepada mereka? Jika belum, sebaiknya sesekali rencanakan suatu meeting dengan karyawan Anda, untuk menanyakan mengenai produk atau jasa Anda. Dan bukan hanya itu saja, tanyakan juga pendapat dan usulan mereka untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda.
Karyawan Anda senang jika didengarkan oleh Anda, bahkan walaupun hanya sesekali
Setiap orang, pastinya akan senang jika suaranya didengarkan. Hal itu tidak terkecuali karyawan Anda. Jadi, cobalah untuk sesekali menanyakan kepada karyawan Anda mengenai produk atau jasa Anda, serta mintalah pendapat mereka mengenai cara penjualan produk atau jasa Anda. Sebenarnya, usulan karyawan Anda bisa dimasukkan sebagai bahan untuk mempersiapkan strategi penjualan Anda.
Perlu Anda sadari, bahwa karyawan Anda sebenarnya adalah orang yang terjun langsung ke lapangan dalam menjual produk atau jasa Anda, jadi sebenarnya ia sangat mengerti mengenai respon pasar terhadap produk atau jasa Anda. Karena itu, cobalah untuk bertanya dan mendengarkan pendapat mereka. Meskipun hanya sesekali ditanya, apabila Anda mendengarkan mereka, tentunya mereka akan memberikan banyak usulan yang bisa meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda.
Karyawan Anda akan lebih loyal jika suaranya didengarkan oleh Anda
Loyalitas karyawan merupakan hal yang berharga. Tanpa karyawan loyal, maka Anda akan terhambat dalam mencapai tujuan perusahaan. Bisa dibayangkan pasti sulitnya jika karyawan yang ada di perusahaan Anda terus-menerus berganti. Pastinya Anda sulit untuk mengajarinya dari awal lagi. Karena itu, salah satu rahasia agar karyawan tetap loyal pada perusahaan Anda adalah, dengarkanlah pendapat karyawan Anda dan hargailah mereka dengan sebaik-baiknya.
Secara tidak langsung, karyawan Anda juga merupakan tim Anda untuk mencapai tujuan perusahaan
Perlu Anda sadari, bahwa secara tidak langsung, karyawan Anda adalah tim yang kuat untuk mencapai tujuan perusahaan. Seperti yang biasa kita ketahui, bahwa tanpa adanya teamwork yang baik, maka tujuan perusahaan sulit untuk dicapai. Menyadari bahwa karyawan Anda secara tidak langsung merupakan teamwork Anda, tidak ada salahnya untuk mendengarkan mereka demi kemajuan perusahaan Anda. Karena itu, sesekali Anda harus mendengarkan pendapat karyawan, serta meminta usulan mereka, karena sebenarnya mereka pun berperan dalam kemajuan produk maupun jasa Anda. Meskipun, di dalam penerapannya, tidak semua usulan karyawan bisa Anda ambil, tapi setidaknya usulan yang positif dan kreatif bisa Anda ambil sebagai bahan Anda untuk menyusun strategi penjualan produk atau jasa Anda.
Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL