Beberapa Penyebab Kegagalan Dalam Marketing

(Business Lounge – Dominate The Market) – Seorang marketing, dikatakan berhasil apabila mampu memasarkan produk atau jasa Anda dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi, akan menjadi suatu hal yang mengecewakan ketika menyadari bahwa respon pasar tidak terlalu baik terhadap produk atau jasa yang dipasarkan. Selain itu, bisa juga produk atau jasa tersebut sudah dipasarkan, tetapi sepertinya belum juga menjadi terkenal di telinga masyarakat. Dan apabila hal itu terjadi, sebenarnya bisa dikatakan bahwa telah terjadi kegagalan dalam marketing atau pemasaran produk atau jasa.

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Tetapi untuk mengubah kegagalan menjadi keberhasilan, kita juga harus mengetahui dahulu penyebab dari kegagalan tersebut. Memang, terkadang para marketing tidak menyadari beberapa kegagalan fatal yang ada, sehingga pada akhirnya tidak tahu bagaimana harus bangkit dari kegagalan. Namun, ada baiknya kita mengetahui penyebab kegagalan di dalam marketing, sehingga kita tahu untuk memperbaiknya. Nah, apa sajakah penyebab kegagalan tersebut :

Para marketing tidak mengerti konsumen mereka
Perlu diketahui, bahwa sangatlah penting untuk mengerti siapa konsumen dari produk atau jasa yang dipasarkan. Seringkali, para marketing hanya sibuk membuat konten promosi atau melakukan proses pemasaran tanpa melakukan riset terlebih dahulu, apakah produk atau jasa mereka disukai oleh konsumen. Dan kalaupun disukai, konsumen yang seperti apa yang menyukai produk atau jasa mereka. Tentunya, seorang marketing juga harus mengetahui profil konsumen mereka, sehingga bisa membuat materi pemasaran yang sesuai dengan segmen yang dituju. Jika seorang marketing tidak mengetahui segmen konsumen yang mereka tuju, maka sudah pasti pemasaran mereka bisa menemukan kegagalan. Contohnya, yang dipasarkan adalah rumah mewah, tetapi desainnya promosinya buruk, atau tidak terkesan rumah mewah ketika dituangkan dalam brosur promosi. Apakah segmen pasar yang dituju, yaitu konsumen menengah keatas akan membeli rumah mewah tersebut? Tentu tidak! Karena konsumen menengah keatas sangat dipengaruhi oleh desain promosi, termasuk di dalamnya gambar. Karena itu, seorang marketing harus mengerti, kepada siapa dia akan memasarkan produk atau jasanya, sehingga ia bisa melakukan promosi dengan benar.

Tim marketing dan sales tidak bekerjasama dengan baik

Semua orang tahu, jika bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Penting sekali, bagi tim marketing dan sales untuk bisa bekerjasama dengan baik. Jangan sampai, diantara kedua belah pihak merasa satu lebih penting daripada yang lainnya, dan menjadi tidak mau mendengarkan. Memang, tanpa adanya tim marketing yang membuat materi promosi, tim sales tidak dapat berjalan. Dan sebaliknya, jika tim sales tidak menjual produk atau jasanya, tentu saja tidak ada hasilnya. Tetapi, tentu saja tim marketing dan sales harus bisa bekerjasama, seperti misalnya tim marketing harus mau untuk membuat promotion kit yang menarik, sehingga tim sales dapat dengan mudah menjualnya.

Para marketing tidak membuat atau menawarkan dengan konten yang benar

Konten sangat penting di dalam promosi. Di dalam pembuatan promotion kit yang dibuat oleh tim marketing, harus jelas isi dari kontennya, baik kata-katanya, visualisasi dalam bentuk gambar atau film, semuanya harus dibuat dalam konten yang benar dan tepat sasaran. Dikatakan konten yang benar, berarti konten memang harus menarik, jangan asal-asalan, atau jangan tidak sesuai dengan segmen pasarnya. Konten pemasaran adalah kesan pertama yang dilihat konsumen dari produk atau jasa tersebut. Buatlah konten dengan benar, maka pemasaran pasti akan lebih mudah menemukan keberhasilan.

Para marketing tidak menetapkan perencanaan yang jelas

Di dalam pemasaran, perlu juga perencanaan yang jelas, sehingga mencapai keberhasilan. Tanpa perencanaan yang jelas, maka proses pemasaran bisa menjadi gagal. Karena itu, perlu diperhatikan juga perencanaan di dalam pemasaran produk dan jasa. Selanjutnya, jika perencanaan sudah jelas, maka hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan para marketing antara lain : membuat training untuk tim sales agar mengerti produk atau jasa yang dijual, mengumpulkan data-data yang bisa berpotensi untuk menjadi konsumen loyal, membuat promosi atau kampanye produk untuk jangka panjang. Semua itu tentunya penting untuk mencapai keberhasilan dalam memasarkan produk atau jasa, sangat berpengaruh terhadap citra perusahaan di mata masyarakat.

Zefanya Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL

 

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x