5 Cara Meningkatkan Penjualan di Online

(Business Lounge – Dominate The Market) Era yang serba online saat ini telah memberikan aura baru yang positif bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis mereka di jalur online. Ada banyak pemiliki bisnis yang saat ini sudah mulai menggunakan jalur online sebagai sarana promosi bisnis dan penjualan produk mereka. Pada umumnya langkah awal yang diambil pemilik bisnis ini adalah dengan membuat toko online yang akan menjadi kendaraan online bisnis mereka dan dibantu dengan menggunakan layanan media sosial. Tujuan dari semua strategi yang dijalankan via online ini adalah semata-mata  agar dapat meraih penjualan sebanyak-banyaknya.

Ketika seseorang memulai sebuah bisnis e-commerce baru, penjualan pertama adalah merupakan salah satu hal yang paling penting. Penjualan pertama merupakan momentum yang penting untuk dapat membantu Anda memperbaiki strategi pemasaran Anda dan menganalisa apa yang kurang dari bisnis Anda.

Sebagian orang mungkin berpikir bagaimana caranya membuat calon pelanggan Anda memiliki kesan yang menarik agar mereka dapat melakukan pembelian bahkan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap produk Anda, hal ini memang tidak mudah, tapi juga tidak sulit asalkan Anda menjalankan strategi-strategi pemasaran yang tepat serta layanan yang memuaskan pelanggan.

Bagi Anda yang baru memulai bisnis e-commerce, ada baiknya menyimak tips-tips dibawah ini untuk mengetahui langkah-langkah apa yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penjualan online pertama Anda?

1. Kirim Katalog Online Produk via Email ke daftar mailist Anda
Menghasilkan buzz dan daftar email, bahkan meskipun kecil, merupakan langkah penting pertama ketika meluncurkan bisnis. Jika Anda membangun sebuah daftar pre-launch, maka Anda harus memiliki daftar email sebelum melakukan taktik lainnya. Para pelanggan email inilah yang kemungkinan besar akan menjadi pelanggan Anda, karena mereka telah mendaftarkan diri dan secara tidak langsung tertarik dengan produk Anda.

2. Pasang Iklan Facebook
Facebook memiliki beberapa fitur penargetan iklan yang paling tepat dari platform apapun ketimbang channel marketing lain yang harus dicoba oleh pengusaha e-commerce. Namun, perlu diingat bahwa meskipun Facebook memiliki beberapa pilihan penargetan besar, Anda benar-benar harus meluangkan waktu untuk berpikir tentang target pasar Anda, gaya hidup mereka, hal-hal yang mereka sukai dan hal-hal yang mereka tidak suka untuk menemukan hasil yang cocok dengan iklan-iklan Anda .

3. Jual di Marketplaces lain
Menjadi pengusaha e-commerce yang efektif berarti harus siap melakukan cara apapun yang bisa dilakukan untuk mendapatkan analisa target pasar yang tepat, hal ini bisa dilakukan dengan cara bergabung dengan marketplaces lain seperti KasKus, BukaLapak, dan Tokopedia, ini bisa menjadi tempat yang bagus untuk mendapatkan beberapa penjualan dari sana. Hal ini cukup masuk akal dimana Anda menawarkan produk di website yang sudah memiliki traffik tinggi dan banyak orang yang mencari barang disana.

4. Pasang Iklan Google Adwords
Google Adwords juga merupakan jaringan periklanan online yang efektif. Network ini berbasis iklan pencarian jadi jika Anda memiliki produk yang baru dan belum pernah didengar sebelumya, Anda perlu mempertimbangkan Google Adwords ini sebagai sarana sebagai saluran pemasaran yang layak.

Memang ada sedikit bagian rumitnya dan untuk memulainya banyak hal yang mengintimidasi tapi ada begitu banyak panduan online yang sangat membantu Anda. Kunci sukses dalam penggunaannya adanya monitoring dan tweaker atas promosi, walaupun belum pasti untuk mendapatkan strategi yang pas, karena semuanya tetap tergantung pada channel yang dimiliki dan tingkat profitabilitas awal.

5. Promosikan Produk Anda via Instagram
Instagram adalah saluran pemasaran visual yang sangat bertarget. Media sosial yang satu ini memang sangat cocok untuk berjualan aneka ragam produk. Tak heran apabila banyak yang memanfaatkan Instagram untuk berjualan. Sudah banyak pemasar online yang menjadi besar dengan hanya mengandalkan penjualan via Instagram.

Untuk berpromosi di media sosial yang satu ini, berikut point-point penting yang harus Anda ketahui sebelum Anda memposting produk Anda di Instagram, diantaranya :

  • Perhatikan kualitas foto/gambar
  • Maksimalkan fitur hashtag (#)
  • Lakukan update secara rutin, repost foto testimoni
  • Jangan lupa untuk mencantumkan contact number di instagram Anda dan ingat jangan sekali-kali Anda melakukan Spamming ke Akun Lain.

Kekuatan visual Instagram membuatnya menjadi salah satu media sosial yang paling banyak dikunjungi saat ini.

Silahkan mencoba.

Dewi LajolieDewi Lajolie/VMN/BL/Operation Head – Batikweb.co
Editor: Ruth Berliana​​​

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x