(Business Lounge – Empower People) – Apakah Anda merasa tidak menonjol dalam lingkungan pekerjaan? Atau Anda merasa tidak pandai karena kalah terus dengan rekan sekerja yang terlihat lebih menonjol? Mungkin saja, Anda ingin menjadi terlihat lebih menonjol dalam pekerjaan di perusahaan. Ketika Anda ingin mengajukan ide mengenai suatu proyek, sepertinya Anda kalah suara dengan yang lainnya. Atau ketika berada di dalam meeting, sepertinya Anda langsung ciut karena merasa pasti tidak akan diperhitungkan. Sebenarnya, apa yang terjadi dengan Anda? Adakah kesalahan yang Anda perbuat? Kalau mau jujur, sebenarnya tidak ada kesalahan Anda. Hanya, Anda tidak tahu bagaimana Anda mengembangkan pikiran Anda dan mengeksplorasi potensi yang ada di dalam diri Anda.
Pertanyaannya, bagaimana sekarang mengembangkan pikiran serta mengeksplorasi potensi Anda? Sebenarnya, cara-caranya tidak sulit dan pasti sanggup Anda lakukan, hanya Anda harus lakukan dengan konsisten. Apa sajakah itu?
Banyak berlatih di dalam bidang pekerjaan Anda
Seringkali, orang tidak terlihat menonjol karena kurangnya melatih kemampuannya. Contohnya, seorang yang bekerja sebagai marketing, jika tidak pernah mencoba untuk terus-menerus melakukan presentasi ke berbagai klien yang berbeda, tentunya kemampuannya tidak akan bertambah. Selain itu, jika Anda tidak pernah mencoba mencari tahu apa yang marketing perusahaan lain lakukan dan hanya bergerak dengan kemampuan Anda seperti biasanya, maka tentunya Anda akan kurang bisa untuk berkembang. Percaya atau tidak, Anda dapat mengembangkan pikiran serta mengeksplorasi potensi Anda, ketika Anda banyak berlatih, dan tentunya banyak belajar dari orang lain yang sukses.
Banyak membaca dan mengaplikasikan dalam pekerjaan
Tentunya, ini bukan hal yang sulit untuk dilakukan, tetapi seringkali tidak dilakukan karena banyak alasan, mulai dari kurangnya waktu, malas membaca, dan lainnya. Tetapi, sebenarnya hal ini sangat penting dilakukan, karena dengan membaca, maka akan menambah pengetahuan Anda. Seperti misalnya jika Anda adalah seorang marketing, tidak ada salahnya Anda membaca buku tentang cara-cara bernegosiasi, dan juga berbagai tips marketing lainnya. Dan misalnya jika Anda adalah seorang HRD, tidak ada salahnya Anda juga membaca buku mengenai ilmu HRD, mulai dari rekrutmen, compensation & benefit, performance management, dan lainnya. Membaca itu, sangatlah penting, karena selain menambah ilmu, maka Anda juga semakin percaya diri dengan pengetahuan yang Anda miliki. Dan jangan lupa, apa yang sudah Anda baca sangatlah baik jika diaplikasikan dalam pekerjaan Anda.
Jangan diam ketika meeting berlangsung
Kalau Anda suka diam ketika meeting, memang bisa jadi karena Anda kurang percaya diri untuk menyampaikan pendapat Anda. Tetapi, untuk membuat Anda terlihat menonjol, ada kalanya Anda harus berbicara. Tetapi, Anda harus perhatikan, jangan pernah Anda bicara dengan memotong pembicaraan orang lain, atau jangan pernah pembicaraan Anda tidak nyambung. Kemukakan ide Anda dengan berani, maka Anda akan terlihat menonjol di dalam perusahaan Anda.
Makan yang bergizi, dan tidak lupa berolahraga
Makanan Anda juga harus dijaga, jangan makan sembarangan, dan juga makan asal-asalan yang tidak baik bagi kesehatan Anda. Seperti mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, sebaiknya dikurangi. Ketika tubuh Anda tidak sehat, maka Anda akan sulit untuk melakukan berbagai aktivitas. Ingat, kalau Anda sering izin karena masalah kesehatan, maka orang tidak akan memberikan tanggung jawab yang berarti bagi Anda. Dan itu, berarti bisa membuat Anda semakin tidak diperhitungkan dalam pekerjaan. Selain makanan bergizi, olahraga juga penting, karena itu sangat menunjang kesehatan Anda.
Banyak mendengar daripada bicara
Banyak mendengar itu penting, karena dengan mendengar, Anda akan mengerti apa yang sebenarnya sedang dibutuhkan oleh perusahaan. Anda harus tahu, bahwa Anda akan terlihat pandai jika Anda bisa mengerti kebutuhan perusahaan, dan bisa memberikan ide untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Bagaimana untuk mengetahui kebutuhan perusahaan dan memberikan solusi yang tepat? Banyaklah mendengar, dan kurangi bicara yang kurang penting ataupun yang hanya berdasarkan pemikiran pribadi Anda. Belum tentu yang Anda pikirkan dan bicarakan sesuai dengan yang perusahaan butuhkan. Karena itu, banyaklah mendengar, maka Anda akan tahu menyampaikan ide yang sesuai bagi kebutuhan perusahaan. Dan, jika Anda berhasil dengan hal itu, pastilah Anda akan diperhitungkan dalam pekerjaan Anda.
Ubah kekurangan menjadi kelebihan
Ini sangat penting! Sesekali Anda merasa kurang percaya diri karena merasa banyak kelemahan. Tetapi, ubah pola pikir Anda sekarang. Anda harus bisa mengubah kekurangan Anda, menjadi kelebihan Anda. Contohnya, Anda merasa bahwa Anda adalah orang yang terlalu banyak bicara, ubahlah hal itu menjadi kelebihan, dengan cara banyak menyampaikan ide yang kreatif untuk membangun perusahaan. Atau jika Anda merasa bahwa Anda adalah seorang yang kurang pandai dalam pekerjaan yang berurusan dengan angka, jangan hanya merasa tidak percaya diri. Belajarlah mengenai hal yang berurusan dengan angka, seperti akuntansi, maka hal yang dulunya Anda rasa adalah kelemahan, akhirnya bisa Anda ubah menjadi kelebihan Anda karena Anda sudah mencobanya dan berhasil.
Perbanyak relasi Anda dalam berbagai hal
Memperbanyak relasi itu penting. Hal itu berguna untuk menambah pengalaman, dan juga meningkatkan kemampuan Anda dalam berkomunikasi. Semakin banyak relasi Anda, semakin percaya diri juga Anda nantinya, karena Anda juga bisa belajar dari pengalaman orang lain berdasarkan cerita yang Anda dengar darinya. Hal itu bisa dilakukan dengan memperbanyak bicara yang penting kepada berbagai orang dengan berbagai profesi. Hal itu, pada akhirnya akan berguna bagi pengembangan diri Anda secara pribadi.
Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL