(Business Lounge – Dominate the Market) – Inovasi adalah sebuah hal yang baru, yang bisa saja diterima ataupun ditolak oleh pelanggan. Penolakan terhadap inovasi terkadang berasal dari pihak yang seharusnya memperoleh manfat terbesar darinya, yakni pelanggan. Pelanggan bisa menjadi sangatlah konservatif.
Misalnya, untuk perawatan mata dengan laser, yang tentunya merupakan inovasi. Maukah Anda menjadi konsumen pertama yang mencobanya, sementara sudah ada kacamata yang sudah nyata lebih aman. Atau sederhananya saja telepon. Mungkin sekarang telepon sudah menjadi hal umum, namun bayangkan ketika telepon pertama kali ditemukan. Bukankah sangat sulit untuk menjualnya?
Dalam memperkenalkan inovasi, maka tentunya perlu perlakuan khusus. Tenaga penjual Anda bisa saja seoptimis mungkin, namun konsumen punya hak untuk menjadi skeptis. Anda harus menemukan cara untuk meyakinkannya serta memitigasi risikonya.
Pada saat yang sama, tentunya Anda membutuhkan early adopters sehingga Anda dapat memegang sedikit bagian dari pasar, serta memperoleh feedback dari pelanggan dan referensi yang positif untuk inovasi.
Dalam memasarkan produk baru yang radikal, maka Anda tidak bisa menggunakan pendekatan pemasaran yang standar. Anda juga harus mengambil pendekatan yang inovatif, misalnya adalah sebagai berikut:
• Tawarkan mereka free trial produk baru tersebut
• Tetap menawarkan produk dan layanan lama sehingga pelanggan bisa kembali sewaktu-waktu
• Tawarkan jaminan uang kembali
• Tawarkan layanan spesial yang memberi mereka akses kepada expert Anda
• Tekankan pada manfaat yang akan dihasilkan atau bahkan pelanggan boleh membayar hanya jika ia memperoleh manfaat.
• Janjikan untuk membuat publikasi di media untuk pelanggan Anda jika percobaan tersebut sukses
Hal yang paling penting adalah anda harus memilih para early adopters yang tepat. Ada orang yang suka teknlogi baru, namun ada juga yang tidak. Pilihlah yang terbaik diantara mereka. Pilih orang yang punya jiwa perintis. Tekankan pada mereka prestise akan kesuksesannya. Jika semuanya berjalan lancar, maka dia tentunya akan berbagi dan bercerita kepada orang lain (word of mouth) atau bahkan Anda bisa meminta testimonialnya. Sehingga produk terbaru Anda ke depannya akan berjalan sukses.
Endah Caratri/VMN/BL/Managing Partner Financial, Accounting & Tax Services