Marketing Strategy – Nanda Widya, Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk

Nanda Widya 4

(Business Lounge – Dominate the Market) Dalam menjalankan marketing strategy-nya, Nanda Widya memiliki 2 tujuan yang dijadikan target:

1. Menjadi Terpercaya
Nanda berupaya menjadikan PT. Metropolitan Land Tbk (Metland) menjadi perusahaan yang terpercaya. Karena itu dibutuhkan usaha yang juga luar biasa untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Dengan demikian setiap konsumen yang membeli produk-produk PT. Metropolitan Land Tbk akan mempunyai kepuasan yang tinggi. Satu hal yang dihindari oleh Nanda yaitu menghasilkan produk yang tidak baik sehingga berdampak ditinggalkan konsumen.

2. Menjadi Terkemuka
Nanda menyadari benar bahwa untuk menjadi yang terkemuka dibutuhkan perjuangan yang besar sebab ada banyak produk yang harus dihasilkan dengan kualitas yang dipastikan terbaik. Mulai dari mall, hotel, residensial dengan standard yang berbeda-beda. Residensial akan menyangkut kualitas, sedangkan hotel menyangkut service, dan mall (saat ini PT Metropolitan Land tbk memiliki 2 mall) haruslah dipastikan dapat memberikan service yang baik kepada para customer yang berkunjung ke mall.

Nanda 3

Customer Retention

Setelah berupaya untuk mendapatkan konsumen dari produk yang berkualitas maka PT Metropolitan Land Tbk berkomitmen untuk meretain para konsumennya. Namun di jaman teknologi sekarang ini, perusahaan tidak hanya meretain konsumen dengan bertemu langsung tetapi juga dengan memanfaatkan media sosial. Nanda menyadari benar bagaimana pentingnya media sosial pada masa sekarang ini. “Saya kira mereka yang berumur di bawah 30 tahun, hampir semua telah terbiasa dengan media sosial. Apalagi mereka yang berusia di bawah 20 tahun,” demikian Nanda beralasan. “Practically tidur pun sudah dengan handphone,” demikian ia melanjutkan.

Salah satu bagian dari treatment yang disediakan kepada para konsumen adalah terbukanya kesempatan untuk menerima saran dan kritik. Para konsumen yang merasa ingin memberikan keluhan dapat langsung menyampaikannya melalui website atau pun media sosial PT Metropolitan Land Tbk dan perusahaan akan memastikan bahwa setiap konsumennya akan mendapatkan treatment yang baik. Semua permasalahan yang ada dengan secepat mungkin akan ditangani sehingga seluruh konsumen akan merasa tertolong.

PT Metropolitan Land Tbk juga mengalami pergeseran konsumen dengan bertambahnya mereka yang berusia di bawah 30 tahun. Hal ini membuat PT Metropolitan Land Tbk mengadakan penyesuaian dan pengembangan. Salah satunya dengan menciptakan Metland card bagi para konsumen. Dengan Metland card konsumen akan dengan mudah mengakses seluruh produk PT Metropolitan Land Tbk. Disamping itu konsumen pun akan memiliki poin-poin khusus sehingga dapat menolong konsumen untuk lebih dekat dengan perusahaan dan mengenalnya secara menyeluruh.

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x