(Business Lounge – Dominate the Market) Aset merupakan nilai dari sesuatu yang dimiliki oleh perusahaan. Aset atau yang sering juga disebut dengan aktiva merupakan harta total dari sebuah perusahaan. Salah satu contoh daripada aset sebuah perusahaan adalah gedung atau bangunan. Jadi kalau suatu perusahaan memiliki gedung senilai satu miliar rupiah, maka aset yang dihitung adalah satu miliar rupiah, seperti dikutip dari Wikipedia.
Selain gedung, yang bisa dihitung sebagai aset perusahaan adalah tanah, kendaraan, mesin, uang kas, merk dagang, paten teknologi, dsb.
Aset yang kita lihat diatas merupakan contoh dari aset yang dimiliki oleh perusahaan secara offline. Untuk perusahaan yang bergerak secara online, aset yang dimiliki perusahaan seringkali disebut dengan aset digital marketing, misalnya akun Facebook, Twitter, Google+, Instagram, Youtube, Path, dsb.
Seperti halnya dengan aset perusahaan, aset digital marketing harus dikelola dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Sebuah perusahaan yang telah dilengkapi dengan aset digital marketing harus mampu meningkatkan penjualan dari produk atau jasa yang ditawarkan, atau setidaknya dapat digunakan sebagai sarana untuk berpromosi dan berkomunikasi antara perusahaan atau penjual kepada pembeli dan bahkan calon pembeli.
Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengelola aset digital marketing sebuah perusahaan :
1. Buat akun official perusahaan
Anda dapat membuat akun official perusahaan menggunakan Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Instagram, Youtube, Path, dsb. Berbeda dengan media sosial yang Anda gunakan secara pribadi, akun ini memang dibuat secara resmi untuk kebutuhan digital marketing perusahaan.
2. Isi profile dengan benar
Pada setiap aset digital marketing, isilah profile perusahaan Anda dengan benar. Lengkapi dengan alamat lengkap, nomor telepon, email dan situs website perusahaan Anda.
3. Berikan informasi yang penting dan bermanfaat
Informasi yang penting dan bermanfaat sangat disukai banyak orang. Dengan memberikan informasi, tips dan artikel yang menarik akan membawa banyak orang mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan.
4. Berikan gimmick
Semua orang pasti senang ketika ditawarkan hadiah. Hadiah atau gimmick tersebut dapat berupa e-book, voucher ataupun hadiah menarik lainnya.
5. Selalu update
Pastikan bahwa aset digital marketing Anda selalu update. Jangan biarkan aset digital marketing Anda menjadi statis. Dengan selalu memberikan update, maka member ataupun follower Anda akan tahu bahwa akun Anda dikelola dengan baik dan mereka dapat berkomunikasi di setiap akun yang Anda miliki.
Demikian tips mengelola aset digital marketing sebuah perusahaan, semoga bermanfaat.
Lidia Wulan/Head of Vibiz Internet Marketing Academy/VMN/BL
Editor: Lidia Wulan