(Business Lounge – Empower People) Seseorang yang dipromosikan untuk menempati jabatan baru sebagai manager, tentu merupakan kabar baik untuk meniti jenjang karir yang lebih tinggi. Namun tentu saja dibutuhkan kualifikasi yang lebih tinggi bagi seorang supervisor atau assistant manager untuk dapat diangkat menjadi manager. Apalagi Anda akan menerima tanggung jawab dan kepercayaan yang lebih besar. Namun tantangan ini tentu akan membuka peluang bagi Anda untuk terus berkembang dan menambahkan keahlian Anda.
Pada sisi yang lain, Anda akan memiliki deskripsi pekerjaan yang baru dan penambahan ruang lingkup. Hal utama yang dapat Anda ketahui sejak awal adalah bahwa keberhasilan suatu pekerjaan tidak lagi tentang apa yang Anda bisa lakukan sendiri atau bagaimana Anda mengambil peranan dalam pekerjaan tersebut; melainkan mengenai apa yang Anda capai melalui orang lain.
Tentu kita tidak bisa melakukan review satu per satu dari posisi seorang manager, karena sangat luas bidang usaha dan mempunyai kualifikasi keterampilan maupun perilaku yang berbeda-beda. Namun secara umum posisi apa yang perlu Anda lakukan sebagai seorang manager dapat disimpullkan dalam lima hal berikut ini:
1. Good Communication
Pastikan keberhasilan yang akan dicapai adalah milik tim dan pastikan Anda telah menyampaikan dengan jelas.
Sebagai seorang manager, sangat penting bagi Anda untuk menyampaikan dengan jelas apa yang menjadi tujuan tim, bukan tujuan Anda. Anda juga perlu dengan jelas menggambarkan target yang hendak dicapai sebagai ukuran keberhasilan yang dituju sesuai dengan visi dan misi yang dimiliki. Hal ini perlu disadari dan dikomunikasikan dengan baik. Sehingga sangat penting bagi seorang manager memiliki kemampuan untuk berkomunikasi
Meski terlihat berat, seorang manager tetap perlu menyampaikan dan memotivasi tim untuk memiliki rasa optimis. Ingatlah, bahwa Anda bukanlah seorang yang akan melakukan semuanya seorang diri. Sebagai seorang manager, Anda adalah pemimpin yang akan menggerakan tim untuk selaras mencapai tujuan bersama. Tujuan dalam arti luas adalah bagaimana Anda juga dapat mengukur kemajuan yang sudah dicapai dari yang ditargetkan. Juga bagaimana Anda mengetahui kondisi dari setiap anggota tim. Apakah tiap orang dalam kondisi yang baik atau bermasalah sehingga dibutuhkan coaching.
2. Team Management
Kenali seberapa hebat tim yang Anda miliki. Itu berarti salah satu pekerjaan utama Anda adalah mengelola dan mengatur susunan tim Anda.
Memiliki tim yang solid tentu akan sangat mempengaruhi kinerja dan berujung pada keberhasilan dalam mencapai target. Susunan tim merupakan sesuatu yang penting karena memiliki dampak yang sangat besar pada keberhasilan tim yang kemudian menjadi keberhasilan Anda juga. Jadi penting bagi Anda untuk proaktif dan memperhatikan tim yang Anda miliki. Pada awalnya sangat perlu bagi ANda untuk mengalokasikan waktu dan perhatian dalam memikirkan tim yang akan Anda bentuk. Ingat, Anda adalah penggeraknya. Itu berarti bahwa Anda harus menempatkan energi yang signifikan dalam mendapatkan, menjaga, dan mengembangkan anggota tim. Pada tengah tahun mungkin Anda perlu melepaskan orang yang tidak mencapai target setelah secara maksimal Anda sudah memberikan coaching sebelumnya. Bukan suatu hal yang mudah tetapi akan menjadi tahapan penting dalam pencapaian Anda.
3. Berikan Panduan yang tepat untuk hasil maksimal.
Anda perlu untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan bimbingan, melakukan komunikasi atas apa yang menjadi harapan Anda, hasil apa yang dituju, dan memastikan bahwa Anda dan anggota tim Anda berada di sisi yang sama dalam menjalankan pekerjaan. Lihatlah dan periksa kemajuan Anda. Sangat penting memiliki akuntabilitas serta melakukan evaluasi dan belajar dari yang sudah terjadi (lesson and learnt). Jika Anda melakukan ini dengan benar, berarti Anda memiliki waktu lebih banyak untuk turun tangan.
4. Appreciation
Perlakukanlah setiap orang dengan baik jangan sekali-kali meremehkan. Tidak berlaku defensif, atau lalai untuk mengakui kinerja yang hebat.
Sangat penting untuk menjaga hubungan dengan semua anggota tim. Kenali mereka satu per satu. Berikan apresiasi jika mereka memiliki kinerja yang baik.
5. Perlakukan staf Anda dengan bermartabat dan hormat, bahkan selama saat-saat yang sulit.
Semoga ke-5 hal ini dapat menolong Anda menjalani hari-hari pertama dalam menjabat posisi yang baru.
Salam sukses!
P. Adi/Contributor/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana