(Business Lounge – Empower People) Team building dan keterampilan kerja sama tim sangat penting untuk efektivitas Anda sebagai seorang manajer atau pengusaha. Bahkan jika Anda belum berada dalam peran kepemimpinan, pemahaman yang lebih baik tentang kerja sama tim dapat membuat Anda menjadi karyawan yang lebih efektif dan memberikan keunggulan tambahan di kantor Anda.
Keberhasilan membangun tim adalah ketika tim Anda dapat mencapai sesuatu yang lebih besar dan bekerja lebih efektif daripada sekelompok individu yang bekerja secara sendiri-sendiri. Anda memiliki sinergi yang kuat dari kontribusi setiap individu. Tapi ada dua faktor penting dalam membangun kerjasama tim yang sukses sangat berprestasi.
Faktor penting pertama dari kesuksesan kerja sama tim adalah bahwa semua upaya tim diarahkan menuju tujuan (goal) yang sama dan jelas, tujuan dari tim itu. Hal ini sangat bergantung pada komunikasi yang baik dalam tim dan keharmonisa dari hubungan antar anggota.
Elemen penting lainnya adalah keragaman keterampilan dan kepribadian. Ketika orang menggunakan kekuatan mereka secara penuh, akan dapat saling mengkompensasi kelemahan masing-masing. Dalam jenis kepribadian yang berbeda akan menjadi keseimbangan dan saling melengkapi.
Berikut adalah beberapa ide tambahan team building, teknik, dan tips yang dapat Anda coba dalam situasi Anda.
1. Pastikan bahwa tujuan tim benar-benar jelas dan benar-benar dipahami dan diterima oleh setiap anggota tim.
2. Pastikan ada kejelasan siapa yang bertanggung jawab dan untuk apa. Lakukan yang terbaik untuk menghindari tumpang tindih kewenangan. Sebagai contoh, jika ada risiko bahwa dua anggota tim akan bersaing untuk melakukan kontrol di daerah tertentu, cobalah untuk membagi daerah itu menjadi dua bagian yang berbeda dan saling memberi kontrol yang lebih lengkap dalam salah satu bagian, menurut kekuatan dari individu tersebut.
3. Untuk masalah yang mengandalkan tim konsensus dan komitmen, libatkan seluruh tim dalam proses pengambilan keputusan. Misalnya, menggunakan sesi kelompok dengan diskusi kolektif dari pilihan keputusan yang mungkin atau memberikan ide-ide solusi. Apa yang ingin Anda capai di sini adalah bahwa setiap anggota tim merasa kepemilikan nya di keputusan final, solusi, atau ide. Semakin dia puas dengan cara ini, semakin besar kemungkinan dia setuju dan komit dengan keputusan yang diambil.
4. Pastikan tidak ada komunikasi yang diblok dan orang-orang Anda tetap penuh informasi.
5. Membangun kepercayaan dengan anggota tim Anda dengan menghabiskan waktu bersama dalam suasana keterbukaan dan kejujuran. Jadilah loyal kepada karyawan Anda, jika Anda mengharapkan hal yang sama.
6. Memungkinkan anggota tim kantor Anda membangun kepercayaan dan keterbukaan antara satu sama lain dalam kegiatan dan acara outbound. Beri mereka beberapa peluang waktu ekstra untuk bersosialisasi satu sama lain dalam suasana yang mendorong keterbukaan. Misalnya, dalam kelompok makan siang bersama pada hari Jumat.
7. Hati-hati dengan masalah interpersonal. Kenali mereka lebih awal dan segera diselesaikan.
8. Jangan pernah melewatkan kesempatan memberikan apresiasi pada karyawan Anda. Mengucapkan terima kasih atau menunjukkan penghargaan pada kerjasama tim pemain.
9. Jangan juga membatasi diri Anda untuk memberikan umpan balik negatif. Jadilah fair. Kalau memang ada kesempatan, berikan umpan balik yang positif juga.
Akhirnya, meskipun kerja tim dan membangun tim ini menjadi sesuatu yang menantang, tetapi sangat penting untuk dilakukan dan sangat efektif bagi suatu perusahaan.
Endah Caratri/Managing Partner Vibiz Consulting Divisi Financial, Accounting dan Tax Services