Mengukur Efektivitas Reward dan Recognition

(The Manager’s Lounge) – Reward dan recognition tentunya akan bermanfaat jika penerapannya efektif. Misalnya pada kasus Carolina Safety Associates, dimana labanya dalam dua tahun meningkat 20%. Mereka membagi hasil finansial ini dengan karyawan mereka serta memberi kebebasan pada karyawan untuk melakukan perubahan yang berdampak pada bottom line. Hasilnya? Karyawan mengalami kepuasan kerja dan mereka melakukan inisiatif yang membanggakan perusahaan.

Supaya reward dan recognition terdapat beberapa aspek berikut yang harus dipertimbangkan, antara lain:

Level 1 – Reaksi
Level ini mengukur reaksi keryawan serta kepuasannya terhadap program reward dan recognition. Level 1 meliputi pertanyaan sebagai berikut: Bagaimana respon karyawan terhadap program recognition? Apakah karyawan antusias dalam menerimanya? Apakah mereka menganggap recongnition tersebut bernilai? Apakah mereka memberikan saran untuk peningkatan program recognition di masa yang akan datang? Ingat, melakukan survei atau wawancara dengan karyawan dapat menentukan efek dari reward dan recognition

Level 2 – Learning
Learning adalah hal yang perlu kita aplikasikan juga dalam aktivitas reward dan recognition. Skill tersebut tidaklah semata-mata kita miliki begitu saja, melainkan melalui proses learning yang harus dipelajari terlebih dulu. Level 2 meliputi pertanyaan sebagai berikut: Bagaimana skill dari individu dan tim yang diberi recognition? Seberapa banyak training mengenai recognition dalam organisasi Anda? Apa yang sudah kita pelajari dari program reward dan recognition? Pengujian, performance assessment, observasi dan debriefing adalah yang terbaik dalam menentukan skill, knowledge dan lesson yang dipelajari.

Level 3 – Aplikasi
Level ini yaitu dimana program reward dan recognition terjadi, seberapa banyak dilakukannya, dan sebaik apa reward dan recognition digunakan. Level 3 meliputi hal-hal berikut ini: Seberapa rutin sesama karyawan memberikan recognition? Apakah karyawan sering memperoleh pujian tertulis baik dari manajer, kolega maupun pelanggan?

Level 4 = Hasil
Level ini mengukur dampak dari reward dan recognition terhadap hasil bisnis. Misalnya: bagaimana insentif penjualan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan?

Setelah mengetahui aspek-aspek ini, kini saatnya Anda untuk mengembangkan reward dan recognition yang sesuai untuk kemudian diukur efektivitasnya

(Vibiz Consulting/SK/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x