Understanding The Importance of Branding : Top 10 Fashion Brands In The World

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – The American Marketing Association (AMA) mendefinisikan merek sebagai “name, term, sign, symbol or design, or a combination of them intended to identify the goods and services of one seller or group of sellers and to differentiate them from those of other sellers”.

Itu sebabnya kita harus pahami  bahwa branding itu  bukan tentang bagaimana  pasar  memilih produk anda melebihi pesaing yang lain, tetapi  bagaimana membuat seluruh prospek Anda dapat  melihat Anda sebagai satu-satunya yang memberikan solusi untuk masalah mereka.

Tujuan dari  memiliki  merek yang baik haruslah mencakup sebagai berikut :

• Memberikan pesan jelas
• Konfirmasi kredibilitas Anda
• Menghubungkan dengan prospek  Anda secara  emosional
• Memotivasi pembeli

Untuk berhasil dalam branding Anda harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dan prospek Anda. Anda melakukan ini dengan mengintegrasikan strategi merek Anda melalui perusahaan Anda di setiap titik kontak publik.

Merek Anda berada dalam hati dan pikiran pelanggan, klien, dan prospek. Ini semua  menjadi bagian dari  pengalaman  dan persepsi mereka, beberapa dapat kita pengaruhi, dan beberapa tidak bisa.  Sangat penting untuk menghabiskan  dan menginvestasikan waktu dalam meneliti, mendefinisikan, dan membangun merek Anda.  Merek Anda adalah sumber dari janji untuk konsumen Anda. Itu merupakan hal yang  mendasar dalam komunikasi pemasaran Anda .

Branding Melalui Karyawan Anda

Karyawan Anda adalah salah satu titik sentuh yang paling kritis untuk pelanggan Anda. Berikut adalah beberapa langkah untuk memastikan bahwa karyawan mewakili merek Anda :

• Mengembangkan Filosofi Perusahaan

Filosofi ini menjelaskan bahwa pengoperasian perusahaan kita  adalah langkah pertama untuk memperkuat merek Anda.  Ritz Carlton Hotel Company bergengsi adalah contoh yang sangat baik. Mereka telah menciptakan lima “Gold Standards” untuk pengoperasian bisnis mereka yang memperkuat merek dan  peran karyawan dalam mewakili merek mereka :

1. Sebuah visi untuk merevolusi perhotelan di Amerika dengan menciptakan suasana mewah untuk tamu  yang menyatakan komitmen perusahaan untuk kenyamanan para tamu.

2. Sebuah motto yang mencontohkan tingkat pelayanan terbaik untuk para tamu:  “We are ladies and gentlemen serving ladies and gentlemen”.

3. Tiga Langkah Pelayanan: Sebuah ucapan selamat datang yang hangat dan tulus dengan menggunakan nama tamu, jika dan bila mungkin Antisipasi akan setiap kebutuhan tamu. Sebuah salam perpisahan  yang menggunakan nama tamu, jika dan bila mungkin

4. “20 Dasar-dasar” yang menguraikan tanggung jawab dan harapan untuk bagaimana perusahaan memberikan pelayanannya (termasuk # 13-Jangan Pernah Kehilangan Pengunjung)

5. Janji Karyawan (“At The Ritz-Carlton, our Ladies & Gentlemen are the most important resource in our service commitment to our guests.”)

• Menjaga Konsistensi Merek

Langkah ini penting untuk membangun merek yang kuat. Tapi pengaturan standar tidak cukup. Anda harus terus-menerus mengevaluasi tindakan-tindakan Anda. Memiliki cek point dalam setiap aspek dari bisnis yang berinteraksi dengan pelanggan dan masyarakat umum. Pastikan bahwa setiap karyawan diberdayakan untuk mengidentifikasi dan mengatasi inkonsistensi dalam merek Anda.

Merek juga menunjukkan kelas dan status seseorang dalam masyarakat. Merek-merek mewah berikut ini dianggap sebagai simbol high class dan status di dalam masyarakat karena mereka memiliki barang-barang mahal. Dan seseorang   dianggap kaya dan berpenampilan menarik jika mereka menggunakan  merek-merek tersebut. Berikut adalah Top 10 fashion brands in the world :

1. Gucci

Merek ini didirikan oleh Guccio Gucci.  pada tahun 1921, merupakan sebuah merek Italia. Gucci  membuat produk kulit yang sangat baik. Dan terkenal sebagai merek Italia terbaik. Setiap tahunnya dapat meraih  penjualan sebesar 2,2 miliar dolar

The House of Gucci, lebih dikenal hanya sebagai Gucci, adalah mode Italia dan kulit label barang, bagian dari Grup Gucci, yang dimiliki oleh perusahaan Prancis Pinault-Printemps-Redoute.
Gucci merupakan salah satu dari  Top 10 fashion  yang paling mahal didunia.  Merek ini merupakan merek  bergengsi asal Italia. Gucci  dikenal untuk produk-produk pakaian bagi  pria dan wanita. Selain itu Gucci memproduksi   koper mewah, tas terkenal dan  sepat,  juga kosmetik,  perhiasan dan kacamata.   Produk Gucci telah mendapatkan penghargaan  karena kualitasnya, selain produknya  mewah, bergaya dan luar biasa.

2. Louis Vuitton

Louis Vuitton  merupakan merek Perancis yang  berarti Style dan Panache.
Louis Vuitton Malletier – sering disebut sebagai Louis Vuitton, atau disingkat LV – adalah rumah
mode Perancis yang didirikan pada 1854. Labelnya  terkenal dengan monogram  LV. Dimana produksi LV  mulai dari barang mewah dan barang-barang kulit seperti, sepatu, jam tangan, perhiasan, aksesoris, kacamata hitam, dan buku. Louis Vuitton adalah salah satu fashion’s brand terkemuka di dunia  internasional. Perusahaan ini bahwa pendapatan tahunannya adalah sekitar 2,7 miliar dolar.
 
3. Chanel

Chanel adalah identik dengan  elit, dan ini dikenal sebagai salah satu merek dari Top 10 fashion brand yang paling mahal didunia.  Terkenal dengan setelan wol  Coco Chanel yang merupakan  industri utamanya di fashion. Chanel telah merevolusi wanita memakai produk-produk yang berhubungan dengan pakaian, sehingga customer yang memakai akan tampil lebih muda dan trendi.
Ikon mode Coco Chanel dianggap sebagai merek yang paling elegan dan chic dalam haute couture. Chanel memproduksi barang mewah seperti parfum, pakaian, kosmetik dan banyak lagi. Ini tidak akan berlebihan untuk mengatakan bahwa label Chanel adalah salah satu label yang paling diakui di seluruh dunia.

4. Burberry

Burberry merupakan merek mewah dari Inggris yang memproduksi  parfum, fashion accessories, tas, dll. Produk mereka memiliki pola yang sangat khas.  . Perusahaan ini memiliki branded stores and franchises diseluruh dunia, selain menjualnya di toko-toko.  Perusahaan ini sanggup meraih penjualan sekitar satu miliar dolar per tahun.

5. Fendi

Fendi adalah sebuah rumah mode Italia yang  terkenal dengan tas “baguette”. Diluncurkan pertamakali sebagai industri kecil pada tahun 1925 sebagai produk wool dan produk  kulit di Roma.  Tetapi hari ini Fendi merupakan  merek mewah dunia  yang dimiliki oleh LVMH.. Fendi dapat menghasilkan sekitar 338.500.000 dolar setiap tahunnya.

6. Christian Dior

Christian Dior (21 Januari 1905, Granville, Manche – 23 Oktober 1957), adalah seorang perancang busana terkemuka dari  Perancis.  . Diluncurkan pada tahun 1946 dengan produksi  busana serta aksesoris dan barang-barang kulit. Memiliki  lebih dari 160 toko ritel di seluruh dunia.  Tidaklah mengherankan bila perusahaan ini dapat  menghasilkan pendapatan sekitar 18 miliar dolar pertahun

7. Prada

Prada dianggap menjadi salah satu merek yang paling didambakan di dunia dan tidak diragukan lagi simbol status dirayakan. Ini didirikan oleh ikon fashion disebut Mario Prada dan telah memproduksi aksesoris kulit high-end, topi dan sepatu untuk beberapa tahun sekarang. Prada menghasilkan 1,7 miliar dolar pada basis tahunan.

Prada adalah sebuah label fashion Italia yang mengkhususkan diri dalam barang-barang mewah untuk pria dan wanita yang memproduksi  aksesoris kulit, sepatu, koper dan topi. Perusahaan ini  didirikan oleh Mario Prada. Label Prada disebut oleh beberapa orang sebagai simbol status. Prada menghasilkan 1,7 miliar dolar setahun.

Pakaian Prada merupakan salah satu merek pakaian yang paling mahal. Prada pakaian dikenal karena  simple, nyaman dipakai dan menambah kepercayaan diri, sehingga banyak bintang-bintang Hollywood  telah terpikat oleh merek ini. Selain itu  Prada, memproduksi parfum yang mahal  Prada memiliki  toko-toko pakaiannya yang  dapat ditemukan di seluruh dunia,  menyediakan layanan yang efektif untuk menjangkau target marketnya. Bahkan produk Prada dapat Anda temui  di Amazon.

8. Christian Louboutin

Christian Louboutin adalah desainer sepatu yang meluncurkan sepatu wanita di Perancis pada tahun 1991. Sepatu ini unik karena semua sepatu merek Christian Louboutin  memiliki sol merah Pada tanggal 27 Maret 2007, Louboutin mengajukan aplikasi untuk perlindungan merek dagang tunggal di AS.  Desainer Christian Louboutin  mengatakan bahwa  tujuan utamanya adalah untuk membuat wanita merasa percaya diri jika menggunakan produk tersebut.

9. Versace

Gianni Versace, yang biasanya disebut sebagai Versace, merupakan  sebuah label mode Italia Gianni Versace didirikan oleh pada tahun 1978. Butik Versace pertama dibuka di Milan Via della Spiga pada tahun 1978, dan segera popularitasnya menanjak. Hari ini, Versace merupakan  salah satu fashion brand  terkemuka di dunia. Versace memproduksi pakaian mewah, aksesoris, wewangian, make up dan perabot rumah di bawah  Grup Versace. Dan mendapatkan popularitas dengan sekejap setelah butik Versace pertama itu dibuka.  Sampai hari ini. merupakan salah satu merek terbaik dan paling mahal di dunia. Perusahaan ini membuat segala produk  yang terbaik yang dapat kita pikirkan, baik itu sepatu, pakaian atau parfum.
Produk Versace diperuntukkan bagi laki-laki maupun fashion wanita. Dan merupakan merek yang dicari oleh para penggemar mode dunia. Pakaian Versace memiliki desain yang   inovatif

10. Hermés

Hermes adalah Merek Prancis yang dikenal sebagai  perusahaan tas yang menakjubkan. Selain itu Hermes memproduksi syal, parfum yang indah dan produk tas kulit yang begitu lembut.
Dalam mitologi Yunani, Hermes digambarkan sebagai  utusan besar dari dewa,  lahir di Gunung Cyllene di Arcadia. Perusahaan ini sanggup meraih penjualan sekitar  2 miliar dolar per tahun.

Merek-merek Fashion terkenal dunia ini telah menjadi terkenal karena fakta bahwa mereka telah melewati situasi-situasi  yang berubah di dunia dan tetap  berdiri kuat untuk membuat pelanggan  mencintai hasil karya mereka. Tidak ada merek yang lahir besar sejak  awalnya. Apa yang membuat merek tetap ada dan terkenal sampai saat ini   adalah karena hasil dari kerja keras  selama bertahun-tahun dan memiliki  konsep/ ide untuk menciptakan segala sesuatu yang baru . Selain   membangun manajemen relation dengan  pelanggan yang solid, memiliki karyawan yang selalu mewakili merek tersebut, strategi periklanan yang kuat dan pemasaran yang kreatif juga merupakan  aspek kunci yang membuat beberapa fashion brands  diatas dapat menjadi terkenal didunia.

Betapa pentingnya dan sangat menentukan suatu merek. “A brand is a creative expression of a value proposition”. Tentukanlah merek yang terbaik bagi produk anda!

(Debbie Kusuma & Endah Caratri/AA/TML)