(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – The American Marketing Association (AMA) mendefinisikan merek sebagai “name, term, sign, symbol or design, or a combination of them intended to identify the goods and services of one seller or group of sellers and to differentiate them from those of other sellers”.
Itu sebabnya kita harus pahami bahwa branding itu bukan tentang bagaimana pasar memilih produk anda melebihi pesaing yang lain, tetapi bagaimana membuat seluruh prospek Anda dapat melihat Anda sebagai satu-satunya yang memberikan solusi untuk masalah mereka.
Tujuan dari memiliki merek yang baik haruslah mencakup sebagai berikut :
• Memberikan pesan jelas
• Konfirmasi kredibilitas Anda
• Menghubungkan dengan prospek Anda secara emosional
• Memotivasi pembeli
Untuk berhasil dalam branding Anda harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dan prospek Anda. Anda melakukan ini dengan mengintegrasikan strategi merek Anda melalui perusahaan Anda di setiap titik kontak publik.
Merek Anda berada dalam hati dan pikiran pelanggan, klien, dan prospek. Ini semua menjadi bagian dari pengalaman dan persepsi mereka, beberapa dapat kita pengaruhi, dan beberapa tidak bisa. Sangat penting untuk menghabiskan dan menginvestasikan waktu dalam meneliti, mendefinisikan, dan membangun merek Anda. Merek Anda adalah sumber dari janji untuk konsumen Anda. Itu merupakan hal yang mendasar dalam komunikasi pemasaran Anda .
Branding Melalui Karyawan Anda
Karyawan Anda adalah salah satu titik sentuh yang paling kritis untuk pelanggan Anda. Berikut adalah beberapa langkah untuk memastikan bahwa karyawan mewakili merek Anda :
• Mengembangkan Filosofi Perusahaan
Filosofi ini menjelaskan bahwa pengoperasian perusahaan kita adalah langkah pertama untuk memperkuat merek Anda. Ritz Carlton Hotel Company bergengsi adalah contoh yang sangat baik. Mereka telah menciptakan lima “Gold Standards” untuk pengoperasian bisnis mereka yang memperkuat merek dan peran karyawan dalam mewakili merek mereka :
1. Sebuah visi untuk merevolusi perhotelan di Amerika dengan menciptakan suasana mewah untuk tamu yang menyatakan komitmen perusahaan untuk kenyamanan para tamu.
2. Sebuah motto yang mencontohkan tingkat pelayanan terbaik untuk para tamu: “We are ladies and gentlemen serving ladies and gentlemen”.
3. Tiga Langkah Pelayanan: Sebuah ucapan selamat datang yang hangat dan tulus dengan menggunakan nama tamu, jika dan bila mungkin Antisipasi akan setiap kebutuhan tamu. Sebuah salam perpisahan yang menggunakan nama tamu, jika dan bila mungkin
4. “20 Dasar-dasar” yang menguraikan tanggung jawab dan harapan untuk bagaimana perusahaan memberikan pelayanannya (termasuk # 13-Jangan Pernah Kehilangan Pengunjung)
5. Janji Karyawan (“At The Ritz-Carlton, our Ladies & Gentlemen are the most important resource in our service commitment to our guests.”)
• Menjaga Konsistensi Merek
Langkah ini penting untuk membangun merek yang kuat. Tapi pengaturan standar tidak cukup. Anda harus terus-menerus mengevaluasi tindakan-tindakan Anda. Memiliki cek point dalam setiap aspek dari bisnis yang berinteraksi dengan pelanggan dan masyarakat umum. Pastikan bahwa setiap karyawan diberdayakan untuk mengidentifikasi dan mengatasi inkonsistensi dalam merek Anda.
Merek juga menunjukkan kelas dan status seseorang dalam masyarakat. Merek-merek mewah berikut ini dianggap sebagai simbol high class dan status di dalam masyarakat karena mereka memiliki barang-barang mahal. Dan seseorang dianggap kaya dan berpenampilan menarik jika mereka menggunakan merek-merek tersebut. Berikut adalah Top 10 fashion brands in the world :
1. Gucci
Merek ini didirikan oleh Guccio Gucci. pada tahun 1921, merupakan sebuah merek Italia. Gucci membuat produk kulit yang sangat baik. Dan terkenal sebagai merek Italia terbaik. Setiap tahunnya dapat meraih penjualan sebesar 2,2 miliar dolar
The House of Gucci, lebih dikenal hanya sebagai Gucci, adalah mode Italia dan kulit label barang, bagian dari Grup Gucci, yang dimiliki oleh perusahaan Prancis Pinault-Printemps-Redoute.
Gucci merupakan salah satu dari Top 10 fashion yang paling mahal didunia. Merek ini merupakan merek bergengsi asal Italia. Gucci dikenal untuk produk-produk pakaian bagi pria dan wanita. Selain itu Gucci memproduksi koper mewah, tas terkenal dan sepat, juga kosmetik, perhiasan dan kacamata. Produk Gucci telah mendapatkan penghargaan karena kualitasnya, selain produknya mewah, bergaya dan luar biasa.
2. Louis Vuitton
Louis Vuitton merupakan merek Perancis yang berarti Style dan Panache.
Louis Vuitton Malletier – sering disebut sebagai Louis Vuitton, atau disingkat LV – adalah rumah
mode Perancis yang didirikan pada 1854. Labelnya terkenal dengan monogram LV. Dimana produksi LV mulai dari barang mewah dan barang-barang kulit seperti, sepatu, jam tangan, perhiasan, aksesoris, kacamata hitam, dan buku. Louis Vuitton adalah salah satu fashion’s brand terkemuka di dunia internasional. Perusahaan ini bahwa pendapatan tahunannya adalah sekitar 2,7 miliar dolar.
3. Chanel
Chanel adalah identik dengan elit, dan ini dikenal sebagai salah satu merek dari Top 10 fashion brand yang paling mahal didunia. Terkenal dengan setelan wol Coco Chanel yang merupakan industri utamanya di fashion. Chanel telah merevolusi wanita memakai produk-produk yang berhubungan dengan pakaian, sehingga customer yang memakai akan tampil lebih muda dan trendi.
Ikon mode Coco Chanel dianggap sebagai merek yang paling elegan dan chic dalam haute couture. Chanel memproduksi barang mewah seperti parfum, pakaian, kosmetik dan banyak lagi. Ini tidak akan berlebihan untuk mengatakan bahwa label Chanel adalah salah satu label yang paling diakui di seluruh dunia.
4. Burberry
Burberry merupakan merek mewah dari Inggris yang memproduksi parfum, fashion accessories, tas, dll. Produk mereka memiliki pola yang sangat khas. . Perusahaan ini memiliki branded stores and franchises diseluruh dunia, selain menjualnya di toko-toko. Perusahaan ini sanggup meraih penjualan sekitar satu miliar dolar per tahun.
5. Fendi
Fendi adalah sebuah rumah mode Italia yang terkenal dengan tas “baguette”. Diluncurkan pertamakali sebagai industri kecil pada tahun 1925 sebagai produk wool dan produk kulit di Roma. Tetapi hari ini Fendi merupakan merek mewah dunia yang dimiliki oleh LVMH.. Fendi dapat menghasilkan sekitar 338.500.000 dolar setiap tahunnya.
6. Christian Dior
Christian Dior (21 Januari 1905, Granville, Manche – 23 Oktober 1957), adalah seorang perancang busana terkemuka dari Perancis. . Diluncurkan pada tahun 1946 dengan produksi busana serta aksesoris dan barang-barang kulit. Memiliki lebih dari 160 toko ritel di seluruh dunia. Tidaklah mengherankan bila perusahaan ini dapat menghasilkan pendapatan sekitar 18 miliar dolar pertahun
7. Prada
Prada dianggap menjadi salah satu merek yang paling didambakan di dunia dan tidak diragukan lagi simbol status dirayakan. Ini didirikan oleh ikon fashion disebut Mario Prada dan telah memproduksi aksesoris kulit high-end, topi dan sepatu untuk beberapa tahun sekarang. Prada menghasilkan 1,7 miliar dolar pada basis tahunan.
Prada adalah sebuah label fashion Italia yang mengkhususkan diri dalam barang-barang mewah untuk pria dan wanita yang memproduksi aksesoris kulit, sepatu, koper dan topi. Perusahaan ini didirikan oleh Mario Prada. Label Prada disebut oleh beberapa orang sebagai simbol status. Prada menghasilkan 1,7 miliar dolar setahun.
Pakaian Prada merupakan salah satu merek pakaian yang paling mahal. Prada pakaian dikenal karena simple, nyaman dipakai dan menambah kepercayaan diri, sehingga banyak bintang-bintang Hollywood telah terpikat oleh merek ini. Selain itu Prada, memproduksi parfum yang mahal Prada memiliki toko-toko pakaiannya yang dapat ditemukan di seluruh dunia, menyediakan layanan yang efektif untuk menjangkau target marketnya. Bahkan produk Prada dapat Anda temui di Amazon.
8. Christian Louboutin
Christian Louboutin adalah desainer sepatu yang meluncurkan sepatu wanita di Perancis pada tahun 1991. Sepatu ini unik karena semua sepatu merek Christian Louboutin memiliki sol merah Pada tanggal 27 Maret 2007, Louboutin mengajukan aplikasi untuk perlindungan merek dagang tunggal di AS. Desainer Christian Louboutin mengatakan bahwa tujuan utamanya adalah untuk membuat wanita merasa percaya diri jika menggunakan produk tersebut.
9. Versace
Gianni Versace, yang biasanya disebut sebagai Versace, merupakan sebuah label mode Italia Gianni Versace didirikan oleh pada tahun 1978. Butik Versace pertama dibuka di Milan Via della Spiga pada tahun 1978, dan segera popularitasnya menanjak. Hari ini, Versace merupakan salah satu fashion brand terkemuka di dunia. Versace memproduksi pakaian mewah, aksesoris, wewangian, make up dan perabot rumah di bawah Grup Versace. Dan mendapatkan popularitas dengan sekejap setelah butik Versace pertama itu dibuka. Sampai hari ini. merupakan salah satu merek terbaik dan paling mahal di dunia. Perusahaan ini membuat segala produk yang terbaik yang dapat kita pikirkan, baik itu sepatu, pakaian atau parfum.
Produk Versace diperuntukkan bagi laki-laki maupun fashion wanita. Dan merupakan merek yang dicari oleh para penggemar mode dunia. Pakaian Versace memiliki desain yang inovatif
10. Hermés
Hermes adalah Merek Prancis yang dikenal sebagai perusahaan tas yang menakjubkan. Selain itu Hermes memproduksi syal, parfum yang indah dan produk tas kulit yang begitu lembut.
Dalam mitologi Yunani, Hermes digambarkan sebagai utusan besar dari dewa, lahir di Gunung Cyllene di Arcadia. Perusahaan ini sanggup meraih penjualan sekitar 2 miliar dolar per tahun.
Merek-merek Fashion terkenal dunia ini telah menjadi terkenal karena fakta bahwa mereka telah melewati situasi-situasi yang berubah di dunia dan tetap berdiri kuat untuk membuat pelanggan mencintai hasil karya mereka. Tidak ada merek yang lahir besar sejak awalnya. Apa yang membuat merek tetap ada dan terkenal sampai saat ini adalah karena hasil dari kerja keras selama bertahun-tahun dan memiliki konsep/ ide untuk menciptakan segala sesuatu yang baru . Selain membangun manajemen relation dengan pelanggan yang solid, memiliki karyawan yang selalu mewakili merek tersebut, strategi periklanan yang kuat dan pemasaran yang kreatif juga merupakan aspek kunci yang membuat beberapa fashion brands diatas dapat menjadi terkenal didunia.
Betapa pentingnya dan sangat menentukan suatu merek. “A brand is a creative expression of a value proposition”. Tentukanlah merek yang terbaik bagi produk anda!
(Debbie Kusuma & Endah Caratri/AA/TML)