Daya Magis Service: Place (Tempat)

(The Manager’s Lounge – Service) – Jika Anda berkecimpung dalam dunia service, maka pengalaman pelanggan adalah suatu hal yang sangat penting. Tentunya Anda menginginkan supaya setelah mengalami pelayanan yang Anda berikan, maka pelanggan memperoleh pengalaman yang positif. Sehingga mereka akan pergi dengan senyuman dan perasaan yang senang.

Service Magic, yaitu suatu ‘magic’ atau seni sulap yang dihasilkan dalam mengembangkan pelayanan terhadap pelanggan. M enurut buku “Service Magic: The Art of Amazing Your Customers” terdiri dari 3 bagian:, yaitu Place Magic, Process Magic dan Performance Magic. Pada artikel ini, maka baru akan membahas Place Magic saja.

Place Magic, yaitu ‘magic’ yang dihasilkan oleh pelayanan dari tempat tertentu secara alamiah, misalnya Grand Canyon, atau Yosemite National Park maupun buatan seperti taman bermain atau restoran special yang memberikan makna bagi tiap pelanggan yang datang. Place Magic bisa jadi juga terjadi secara virtual.

Pada tempat-tempat yang natural, magic jelas memang sudah ada secara alami. Namun tentunya tempat-tempat tersebut juga harus dikelola dengan baik supaya ‘magic’nya tidak hilang.

Sementara itu, magic buatan, seperti misalnya taman bermain Walt Disney ataupun Universal Studios, merupakan suatu layanan yang dibentuk supaya pelanggannya memperoleh pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan. Mulai dari desain bangunan, warna yang dipilih, wahana, teknik dan seluruh komponennya telah diperhitungkan dengan baik demi memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Atau jika Anda pergi ke restoran dengan pemandangan dari gedung pencakar langit, diiringi musik jazz yang menenangkan, serta makanan yang enak. Tentunya itu bisa jadi pengalaman yang tidak akan terlupakan bukan?

Kemudian pada place magic virtual, yang berarti terjadi di dunia maya. Inilah mengapa para pengembang web berusaha untuk membuat situs yang desainnya bagus, unik, dan mudah diingat. Sehingga pelanggan akan kembali, dan kembali lagi ke situs tersebut.

Pada intinya, dalam place magic maka ‘magician’ atau sang penyedia layanan harus berusaha untuk membuat sebuah tempat supaya sebagus mungkin dan selalu diingat oleh pelanggan. Tempat tersebut harus memberikan suatu pengalaman positif yang membuat pelanggan ingin kembali kesana lagi.

Selanjutnya, akan dibahas mengenai Process Magic.

(RP/DH/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x