Product manager and UI/UX developer collaborate to enhance a smart energy analytics app. Optimizing color, interactive buttons, real-time monitoring for efficient data usage and consumption insights.

Apa Itu Proses Bisnis Operasional dan Kiat-kiatnya? (Bagian 3)

(Businesslounge Journal-Operation Management)

Coba berbagai skenario untuk melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap langkah

Melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap langkah dalam proses dapat membantu Anda membuat keseluruhan proses lebih efisien. Setelah melihat data ini, pertimbangkan untuk mencoba berbagai pendekatan dan kemudian bandingkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap langkah. Dengan informasi ini, Anda kemudian dapat menentukan cara terbaik untuk meningkatkan proses tersebut.

Kiat-kiat untuk meningkatkan proses bisnis operasional
Berikut ini adalah beberapa kiat untuk meningkatkan proses bisnis operasional:

Pahami prosesnya
Memahami proses bisnis bermanfaat karena memungkinkan Anda mengidentifikasi di mana inefisiensi berada dan bagaimana cara menghilangkannya. Proses bisnis adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah perusahaan, jadi sangat penting untuk memastikan bahwa proses tersebut beroperasi seefektif mungkin. Langkah pertama dalam meningkatkan proses bisnis operasional adalah mengidentifikasinya. Ini termasuk memahami proses itu sendiri, siapa yang melakukannya, alat apa yang dibutuhkan proses tersebut, dan tujuan proses tersebut. Setelah ada pemahaman yang jelas tentang setiap proses, Anda dapat mulai menganalisisnya dan menentukan cara untuk meningkatkannya.

Gunakan data untuk membuat keputusan
Penggunaan data untuk memengaruhi keputusan yang memengaruhi proses bisnis operasional sangat penting karena membantu memastikan bahwa Anda meningkatkan hal yang benar. Ini dapat memastikan bahwa Anda tidak menerapkan tindakan yang tidak berguna yang dapat menyebabkan penurunan produktivitas. Saat memutuskan apakah suatu proses baru layak diterapkan, ada baiknya untuk melihat apa yang dikatakan data tentang bagaimana proses tersebut dapat memengaruhi bisnis. Ini termasuk hal-hal seperti berapa banyak waktu yang dibutuhkan, berapa banyak uang yang akan dihemat, dan apakah proses baru ini dapat membantu menarik lebih banyak pelanggan.

Buat rencana untuk implementasi dan pengujian
Membuat rencana untuk implementasi dan pengujian saat meningkatkan proses bisnis operasional membantu Anda melacak apa yang sedang terjadi, sekaligus memastikan bahwa Anda tidak melewatkan apa pun. Ini juga membantu Anda memastikan bahwa Anda membuat keputusan yang tepat tentang cara menerapkan perubahan proses dengan memberikan panduan tentang apa yang harus diselesaikan dan kapan. Saat membuat rencana ini, pastikan Anda menyertakan cakupan proyek, siapa yang akan melaksanakannya, apa peran dan tanggung jawab mereka, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Dapatkan umpan balik dari orang lain
Mendapatkan umpan balik dari orang lain juga berguna saat meningkatkan proses bisnis operasional karena ini membantu Anda mengidentifikasi masalah dan solusi dalam proses Anda. Ini juga membantu Anda memahami bagaimana orang lain melihat proses Anda. Saat mencari umpan balik, biasanya disarankan untuk mendapatkannya dari individu yang menggunakan proses tersebut.

Misalnya, jika seorang pelanggan tidak puas dengan pengalaman mereka di sebuah toko, pengalaman mereka dapat membantu Anda mengidentifikasi apa yang salah dalam proses yang menyebabkan ketidakpuasan mereka. Ini kemudian dapat mengarah pada pembuatan rencana untuk mencegah hal ini terjadi lagi.