Manfaat dan Penerapan Ritel Omnichannel (Bagian 1)

(Businesslounge Journal-Marketing & Services) Memilih antara pendekatan ritel omnichannel atau multichannel menjadi perhatian yang berkembang bagi merek seiring dengan meningkatnya popularitas penjualan sosial, pasar digital, dan e-commerce. Pendekatan omnichannel menggunakan kampanye penjualan dan pemasaran tunggal dan terpadu yang diterapkan perusahaan di semua saluran. Memahami cara kerja strategi ini dan manfaatnya dapat membantu bisnis memutuskan strategi mana yang paling tepat bagi mereka. Dalam artikel ini, kami membahas makna ritel omnichannel, melihat beberapa contoh, dan menawarkan panduan tentang cara memilih antara ritel omnichannel dan multichannel.

Apa itu ritel omnichannel?
Ritel omnichannel, atau dikenal sebagai perdagangan omnichannel, adalah pendekatan penjualan dan pemasaran yang melibatkan standarisasi dan sinkronisasi representasi merek di setiap titik akses pelanggan. Ini berarti bahwa setiap tempat di mana pelanggan dapat berinteraksi dengan merek, seperti melalui situs web atau iklan video, memiliki identitas merek yang sama dan mengomunikasikan pesan yang sama. Hal ini menciptakan keakraban dan kenyamanan bagi pelanggan karena memberikan pengalaman merek yang mulus dan terintegrasi. Ini adalah metode yang menempatkan pelanggan di pusat upaya pemasaran, bukan produk atau layanan yang dijual perusahaan.

Meskipun perdagangan omnichannel menggunakan pendekatan multisaluran, pendekatan ini sangat berbeda dari ritel multisaluran. Saluran menggambarkan jalur distribusi yang membawa produk dari produsen ke konsumen, seperti etalase dan situs web e-commerce. Ritel omnichannel yang menggunakan pendekatan multisaluran memiliki pesan pemasaran terpadu yang disebarkan di beberapa saluran. Hal ini memberi pelanggan banyak cara untuk membeli sambil tetap memberikan pengalaman merek yang terpadu, yang biasanya meningkatkan penjualan. Dari sudut pandang pelanggan, saluran tampak menyatu karena tampilan, nuansa, dan pengalaman keseluruhan hampir identik, terlepas dari salurannya. Taktik ini berhasil memadukan pemasaran dan penjualan langsung.

Manfaat perdagangan omnichannel
Berikut adalah beberapa manfaat utama yang dapat diperoleh bisnis dari penggunaan pendekatan pemasaran dan penjualan omnichannel:
Memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik: Banyak konsumen lebih menyukai pengalaman omnichannel yang menawarkan layanan yang disinkronkan di semua metode komunikasi yang ditawarkan merek. Dengan menyatukan semua pengalaman pelanggan, konsumen tidak akan merasa kewalahan oleh banyak titik kontak dan cenderung lebih menikmati komunikasi dan pembelian mereka dari suatu bisnis.

Meningkatkan loyalitas pelanggan: Pelanggan yang berbelanja dengan bisnis yang menggunakan pendekatan ini mungkin lebih cenderung berbelanja lagi dengan bisnis tersebut.

Meningkatkan lalu lintas dan penjualan: Pelanggan mungkin cenderung menghabiskan lebih banyak uang saat berbelanja dengan bisnis yang menggunakan pendekatan omnichannel dibandingkan pendekatan saluran tunggal.

Meningkatkan kemampuan untuk mengumpulkan data konsumen: Bisnis yang mengumpulkan data pelanggan di berbagai saluran lebih mampu memberikan pelanggan pengalaman yang lebih personal. Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan lebih banyak data tentang bagaimana konsumen menggunakan saluran mereka, yang membantu bisnis membuat penawaran dan konten yang berhasil mendorong keterlibatan pelanggan.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)