(Businesslounge Journal-General Management) Meskipun sebuah misi harus unik bagi organisasi yang membuatnya, ada beberapa komponen tertentu yang harus dimiliki oleh misi organisasi yang sukses, seperti tujuan, nilai, dan sasaran organisasi. Anda dapat mengikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menulis misi organisasi Anda sendiri:
2. **Pahami Tujuan Anda**
Mengetahui alasan di balik tujuan Anda dapat membantu Anda menulis misi yang jelas dan ringkas, dan memasukkan alasan ini dalam pernyataan misi dapat meyakinkan pemangku kepentingan untuk mendukung tujuan dan bisnis Anda. Dalam contoh perusahaan kopi di atas, pendirinya mungkin ingin menyoroti kerja keras yang diperlukan untuk membuat kopi dan berkontribusi pada kebahagiaan sehari-hari anggota komunitas.
3. **Tentukan Rencana Anda**
Rencana Anda merujuk pada bagaimana Anda bermaksud mencapai tujuan dan sasaran jangka panjang yang selaras dengannya. Ini dapat berupa pernyataan umum tentang apa yang dilakukan organisasi terkait dengan nilainya. Perusahaan kopi mungkin menyatakan bahwa mereka berharap untuk mencapai tujuannya dengan menjual kopi perdagangan yang adil berkualitas tinggi dengan harga yang wajar kepada pelanggan.
Rencana menjual “kopi perdagangan yang adil berkualitas tinggi dengan harga yang wajar kepada pelanggan” mendefinisikan tujuan perusahaan, yang memberi tahu operasi sehari-hari mereka dan dapat berfungsi sebagai kerangka kerja untuk pengembangan bisnis di masa depan.
4. **Padatkan Misi Anda**
Misi organisasi biasanya hanya beberapa kalimat, dan beberapa bahkan hanya berupa frasa, sehingga banyak informasi harus dikemas dalam bentuk yang kecil. Coba tuliskan versi panjang misi Anda yang mencakup tujuan, alasan, dan rencana Anda. Kemudian lihat di mana Anda dapat memangkas kata-kata dan menggabungkan kalimat untuk menghasilkan pernyataan yang paling ringkas.
Misalnya, misi perusahaan kopi mencakup beberapa detail yang rumit:
– Tujuannya adalah untuk meningkatkan apresiasi terhadap kopi dan petani kopi.
– Ingin menunjukkan kerja keras dalam menanam kopi serta melayani komunitas.
– Berencana untuk memenuhi misinya dengan menjual jenis kopi tertentu dengan harga yang terjangkau.
Seseorang mungkin melihat bahwa pernyataan pertama dan ketiga menyiratkan gagasan yang diungkapkan dalam pernyataan kedua. Menghapus pernyataan kedua hanya menyisakan dua pernyataan, yang dapat digabungkan untuk mengekspresikan misi organisasi: “untuk meningkatkan apresiasi terhadap kopi dan petani kopi dengan menjual kopi perdagangan yang adil berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau bagi pelanggan kami yang berharga.”
Contoh Misi Organisasi
Melihat contoh misi organisasi dapat memberi Anda gambaran tentang cara menulis misi sendiri. Pertimbangkan contoh-contoh misi organisasi berikut, dengan memperhatikan panjang dan format yang bervariasi:
– **Contoh 1**
**Perusahaan**: Sebuah restoran
**Tujuan**: Menyajikan hidangan rumahan yang lezat dalam suasana keluarga
**Rencana**: Menyediakan porsi besar dan pengalaman yang menyenangkan
**Misi Organisasi**: “Memberikan Anda pengalaman yang membuat perut dan hati Anda kenyang.”
– **Contoh 2**
**Perusahaan**: Pengembang aplikasi bisnis
**Tujuan**: Meningkatkan komunikasi di tempat kerja
**Rencana**: Menyediakan format yang menarik, mudah digunakan, dan efisien
**Misi Organisasi**: “Didedikasikan untuk menciptakan platform yang berbicara kepada Anda dan untuk Anda.”
– **Contoh 3**
**Perusahaan**: Perusahaan pakaian luar ruangan
**Tujuan**: Membuat pakaian luar yang tahan lama dan nyaman untuk semua orang
**Rencana**: Menyumbangkan jaket untuk amal untuk setiap jaket yang dibeli
**Misi Organisasi**: “Dengan setiap pembelian pakaian luar kami, kami menyediakan jaket hangat bagi sesama yang membutuhkan.”
– **Contoh 4**
**Perusahaan**: Lembaga amal internasional
**Tujuan**: Membangun infrastruktur pendidikan di daerah kurang berkembang di dunia
**Rencana**: Membangun dan menyediakan tenaga pengajar di sekolah
**Misi Organisasi**: “Misi kami adalah membawa pengetahuan ke seluruh dunia.”
– **Contoh 5**
**Perusahaan**: Layanan dan aplikasi pemesanan kendaraan
**Tujuan**: Menyediakan transportasi yang menyenangkan dan andal bagi pengguna aplikasi
**Rencana**: Menekankan layanan pelanggan sebagai keterampilan utama bagi pengemudinya
**Misi Organisasi**: “Merupakan kebanggaan kami untuk membawa Anda ke tempat yang Anda tuju.”