Apakah Ekperimen Pemasaran dan Kapan Perusahaan Menggunakannya? (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Marketing & Service)

Ada beberapa manfaat signifikan menggunakan eksperimen pemasaran dalam perusahaan, yang semuanya memandu dan meningkatkan kampanye pemasaran dalam jangka panjang. Berikut ini kelanjutan dari beberapa manfaat utama eksperimen pemasaran dan dampaknya terhadap kampanye pemasaran dalam jangka panjang:

Tingkatkan visibilitas
Menambah pengetahuan mengenai target pasar juga bermanfaat dalam meningkatkan visibilitas produk Anda di pasar. Misalnya, memiliki pemahaman lengkap tentang siapa yang kemungkinan akan membeli produk Anda berarti Anda dapat memastikan semua individu tersebut melihat apa yang ditawarkan perusahaan Anda kepada mereka. Visibilitas 100% di antara calon pembeli berarti bahwa perusahaan memiliki potensi yang jauh lebih tinggi untuk mencapai sasaran pendapatannya, dan organisasi mendapat manfaat dari eksperimen pemasaran dengan tingkat keuntungan yang lebih tinggi.

Menyampaikan pesan yang tepat
Salah satu bahaya pemasaran yang signifikan adalah risiko pelanggan salah menafsirkan pesan perusahaan. Misalnya, jika demografi target Anda menggunakan istilah slang yang tidak digunakan oleh demografi lain, penggunaan dialek dan slang yang tepat akan membuat perbedaan antara orang yang memahami pesan Anda dan mengasingkan audiens target Anda. Memiliki pemahaman menyeluruh tentang cara orang menafsirkan pesan Anda berarti Anda mendapat manfaat lebih besar dari pemahaman pembeli terhadap Anda.

Uji metode inovatif
Salah satu manfaat eksperimen pemasaran yang paling diremehkan adalah cara eksperimen tersebut meningkatkan potensi solusi pemasaran yang lebih inovatif dalam jangka panjang. Misalnya, mendiskusikan metode pemasaran potensial dengan pelanggan dan audiens target memungkinkan Anda mengetahui seberapa reseptif calon pelanggan terhadap jenis pemasaran tertentu. Jika saat ini tidak ada orang yang menggunakan metode pemasaran tersebut, departemen pemasaran Anda memiliki peluang untuk berinovasi. Jika sebuah perusahaan menggunakan kampanye pemasaran yang inovatif dan sukses, perusahaan tersebut memiliki keunggulan kompetitif yang jelas dibandingkan para pesaingnya.

Pengembangan produk
Selain eksperimen pemasaran yang mendukung kampanye pemasaran, terdapat beberapa pengaruh kecil pada proses pengembangan produk. Misalnya, survei dan diskusi dengan calon pelanggan mengarah pada percakapan tentang produk itu sendiri, dan bagaimana pelanggan melihat potensi peningkatan. Menggunakan percakapan dengan pelanggan dalam berbagai cara akan menguntungkan seluruh bisnis dan mendorong keuntungan lebih besar serta kualitas produk dalam jangka panjang.

Bagaimana melakukan eksperimen pemasaran

Ada beberapa langkah kunci dalam melakukan eksperimen pemasaran. Masing-masing mengikuti proses yang hampir ilmiah dalam memastikan bahwa perusahaan mencapai hasil yang diperlukan. Pelajari lebih lanjut tentang setiap langkah di bawah ini:
1. Berhipotesis
Seperti halnya eksperimen ilmiah lainnya, mengembangkan hipotesis merupakan langkah pertama yang penting. Ini berarti menetapkan apa yang Anda yakini akan terjadi, mengapa Anda yakin hal ini akan terjadi, dan beberapa langkah yang Anda yakini berperan dalam keadaan saat ini. Hal ini penting untuk memandu proyek dan mengarahkan penelitian Anda ke jalur yang benar.
2. Penelitian
Ini adalah tahap proses pengumpulan data. Bergantung pada sifat eksperimen Anda, hal ini melibatkan penyesuaian teknik pemasaran saat ini, mengirimkan survei kepada calon pemirsa materi pemasaran, dan bahkan mengadakan wawancara dengan berbagai subjek berbeda. Ini mencakup penelitian kualitatif dan kuantitatif dan selanjutnya menginformasikan hipotesis penyesuaian tergantung pada cara penelitian tersebut memengaruhi pemahaman Anda saat ini tentang pemasaran perusahaan.
3. Menetapkan Indikator Kinerja Utama
Jika Anda menggunakan data kuantitatif, tetapkan pilihan Indikator Kinerja Utama. Misalnya, mempertimbangkan rasio klik-tayang dan rasio konversi masing-masing materi pemasaran adalah kuncinya pada tahap ini. Membandingkan statistik ini dengan informasi sebelumnya tentang perusahaan memberikan wawasan yang signifikan tentang bagaimana penyesuaian pemasaran memengaruhi keterlibatan dan menghasilkan hasil positif dan negatif dalam jangka panjang.
4. Selesaikan percobaannya
Pada tahap ini, selesaikan eksperimen dengan menjalankan semua langkah pengumpulan data untuk mengumpulkan sejumlah besar data di organisasi Anda. Eksekusi adalah salah satu aspek terpenting dalam proses eksperimen pemasaran, karena ini adalah tahap di mana Anda secara praktis mengembangkan pemahaman tentang pasar. Melakukannya secara menyeluruh akan menguntungkan semua departemen di perusahaan Anda dalam jangka panjang, jadi fokuslah pada pemahaman komprehensif tentang situasi pemasaran Anda.
5. Analisis
Terakhir, analisis datanya. Artinya membandingkan dan membedakan antara data awal dan data percobaan, sebelum informasi tersebut disusun menjadi sebuah laporan. Laporan akhir berisi kesimpulan dan rekomendasi untuk praktik pemasaran berkelanjutan yang lebih baik. Rekomendasi ini hasil akhir memastikan pemasaran yang lebih baik sebagai hasil eksperimen, dan kinerja perusahaan lebih efektif.