Lima Hal yang Seharusnya Tidak Dikatakan Bos

Cara Memperkenalkan Diri di Tempat Kerja Baru (Bagian 1)

(Businesslounge Journal-Human Resources)

Memperkenalkan diri Anda dengan benar selama beberapa hari pertama di pekerjaan baru dapat membantu membangun hubungan yang positif dan bersahabat dengan rekan kerja. Memahami cara terbaik untuk melakukan perkenalan dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk membuat kesan pertama yang baik. Pada artikel ini, kami menawarkan tips dan contoh cara terbaik memperkenalkan diri kepada rekan kerja.

Cara memperkenalkan diri kepada rekan kerja baru
Terlepas dari cara perusahaan baru Anda menangani perkenalan, mencari peluang untuk memperkenalkan diri dengan benar dapat membangun landasan yang kuat untuk kehidupan kerja yang bahagia dan bermanfaat. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda memperkenalkan rekan kerja di tempat kerja baru Anda:

1. Ajukan pertanyaan
Mengajukan pertanyaan kepada rekan kerja baru Anda setelah perkenalan dapat membantu menciptakan percakapan dua arah dan hubungan dengan mereka, yang dapat mengarah pada hubungan positif di masa depan.
Karena Anda baru pertama kali berkomunikasi dengan rekan kerja, menanyakan pertanyaan terkait pekerjaan biasanya lebih tepat. Contohnya mencakup apa peran mereka di perusahaan, berapa lama mereka bekerja di sana, atau apakah peran Anda memungkinkan kolaborasi di masa depan. Anda dapat mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik setelah perkenalan Anda.

2. Sesuaikan gaya Anda dengan budaya perusahaan Anda
Apakah lingkungan kerja santai atau formal, Anda biasanya harus menyertakan nama dan jabatan Anda dalam perkenalan Anda. Selain itu, cara Anda melakukan perkenalan dapat bergantung pada peran Anda dan siapa yang Anda tuju. Sebagai seorang manajer, memperkenalkan diri Anda dengan baik kepada tim baru Anda dapat membantu mendapatkan rasa hormat mereka dan menjadikan Anda sebagai seorang pemimpin. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin merasa lebih tepat jika memberikan perkenalan yang lebih panjang.

3. Gunakan bahasa yang positif
Saat Anda memperkenalkan diri kepada kolega dan supervisor baru, pastikan untuk menggunakan bahasa yang positif dan hindari menyebutkan hal-hal negatif dalam perkenalan Anda. Ini adalah kesempatan Anda untuk membuat kesan pertama yang baik dan Anda ingin meninggalkan kesan positif kepada orang lain.

4. Manfaatkan program orientasi perusahaan Anda
Orientasi adalah salah satu waktu terbaik untuk memperkenalkan diri. Jika perusahaan baru Anda memiliki program orientasi, gunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan diri Anda kepada sebanyak mungkin rekan kerja.
Memiliki karyawan yang lebih senior bersama Anda akan membuat perkenalan lebih mudah dan nyaman. Orang yang mengajak Anda berkeliling kemungkinan besar akan membantu perkenalan sehingga Anda tidak perlu mendekati siapa pun sendirian. Biasanya, mereka akan memperkenalkan Anda kepada anggota tim, kolega departemen, dan orang lain yang sering berinteraksi dengan Anda. Setiap kali Anda bertemu seseorang selama sesi orientasi, Anda dapat menggunakan pidato yang Anda siapkan untuk memperkenalkan diri.

5. Perkenalkan diri Anda kepada tim lain
Memperkenalkan diri Anda kepada rekan kerja di luar tim dapat membantu menciptakan suasana positif untuk bekerja sama dengan lebih efisien. Dalam banyak kasus, Anda akan bekerja dengan tim lain sehingga Anda harus berusaha membangun hubungan baik dengan mereka sedini mungkin.
Cari tahu dengan siapa Anda akan sering berinteraksi dan kemudian perkenalkan diri Anda. Anda dapat meminta manajer atau perwakilan sumber daya manusia untuk memperkenalkan Anda secara resmi kepada semua tim yang terkait dengan peran Anda atau Anda dapat memperkenalkannya sendiri.
Contoh: “Selamat pagi. Saya Javier, seorang insinyur di departemen TI. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda di masa mendatang.”

6. Temukan lebih banyak peluang untuk perkenalan
Menemukan peluang perkenalan memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak kenalan dan teman baru di perusahaan Anda. Jika Anda tidak mendapat kesempatan untuk perkenalan saat orientasi, Anda bisa memperkenalkan diri kepada rekan kerja dengan banyak cara lain.
Selama pertemuan pertama Anda, manajer Anda mungkin secara resmi memperkenalkan Anda kepada para peserta. Jika tidak, tanyakan apakah Anda bisa melakukan perkenalan. Untuk memperkenalkan diri saat rapat, tentukan dulu perkenalan seperti apa yang sebaiknya Anda lakukan. Jika Anda melakukan perkenalan formal, buatlah singkat agar tidak mengganggu pertemuan.

Apa yang tidak boleh dikatakan dalam pendahuluan awal saat perkenalan
Meskipun perkenalan Anda harus disesuaikan dengan lingkungan kerja Anda, ada beberapa topik umum yang harus Anda hindari saat Anda bertemu orang untuk pertama kalinya. Berikut beberapa hal yang tidak boleh Anda katakan saat perkenalan:
Sesuatu yang terlalu pribadi
Segala sesuatu yang negatif tentang mantan kolega atau majikan
Apapun yang kontroversial
Apa pun yang dianggap tidak pantas atau menyinggung

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)