(Business Lounge Journal – Marketing)
Hidup di era modern seperti saat ini menuntut setiap perusahaan harus mengikuti perkembangan yang ada, termasuk dalam perkembangan strategi perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik bisnis atau pengusaha online memiliki strategi “jitu” yang membedakannya dari pesaing yang ada. Strategi yang baik pasti akan membawa perkembangan yang signifikan pada target yang ada.
Jika Anda merasa hal ini adalah penting dan mendesak, maka Anda perlu membentuk tim khusus untuk mengembangkan manajemen pemasaran online di perusahaan yang Anda kembangkan. Hal ini akan memastikan peningkatan visibilitas merek Anda dan apa saja potensi tinggi yang perusahaan atau bisnis yang Anda miliki.
Andrew Simmons seorang konsultan Pemasaran Digital di Web World Promotion membagikan lima strategi “Jitu” tim manajemen pemasaran yang bisa menjadi salah satu opsi untuk diterapkan pada perusahaan atau bisnis yang Anda miliki. Apa saja itu? Mari kita bahas bersama-sama:
- Strategi Konten Harus Menjadi Prioritas
Memprioritaskan konten online sangat penting untuk mempromosikan perusahaan atau produk yang Anda miliki. Buatlah konten yang baik dan menarik sehingga pelanggan dapat membedakan situs web atau media sosial yang Anda miliki dengan para pesaing.
Salah satu cara terbaik untuk memasarkan situs web dan bisnis Anda adalah dengan berbagi informasi seperti blog, video, berita, studi kasus, infografis, panduan cara kerja dan foto. Milikilah visual, tagline, video dan desain yang sangat hebat untuk menarik minat pelanggan mengunjungi situs Anda kembali.
Cobalah untuk melakukan riset pasar yang tepat untuk menentukan pesona yang cocok untuk situs web Anda. Jangan lupa untuk menggunakan tagline dan slogan yang mudah untuk diingat oleh audiens.
Dengan menerapkan strategi ini dalam tim manajemen Anda, maka strategi ini dapat meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) dan memposisikan web Anda sebagai ahli di bidangnya. Anda juga harus memastikan untuk menyertakan konten yang kaya akan kata-kata kunci yang menyampaikan pesan dan ajakan untuk bertindak.
- Rekrutlah Staf yang Tepat
Dibutuhkan tim yang tepat untuk menjalankan strategi ini. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah merekrut staf yang tepat. Ciri-ciri Anda mempekerjakan staf yang cocok dengan strategi ini adalah staf tersebut nyaman dan kreatif dalam menulis konten online. Apabila Anda belum memiliki staf dengan kemampuan ini yang mumpuni, Anda memiliki pilihan untuk mempekerjakan staf internal atau menyewa para freelance yang memiliki kemampuan ini.
Sebaiknya Anda memutuskan apakah ingin merekrut penulis lepas menjadi anggota tetap di tim pemasaran Anda atau mempekerjakan penulis internal. Jika sudah menentukan pilihan, segeralah untuk memulai mewawancarai staf yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tim Anda.
- Rilislah Kampanye Media Sosial
Apabila Anda telah memiliki tim yang mumpuni di bidang pemasaran online ini, maka tidak ada salahnya untuk mulai merilis media sosial (Medsos) Anda sebagai tools pemasaran produk yang Anda kembangkan. Karena dengan medsos, Anda dapat menciptakan citra positif dari merek produk Anda. Mulailah dengan menerbitkan cerita pendek dalam bentuk foto, video, artikel atau cerita di Instagram.
- Pakailah Alat Manajemen Proyek
Salah satu hal yang penting untuk menjalankan strategi manajemen pemasaran Anda adalah dengan memiliki rencana yang jelas dari setiap individu kelompok. Misalkan target yang ingin dicapai, tanggal target dan berbagai misi untuk menyelesaikan berbagai target yang ada. Oleh karena itu, Anda dan tim membutuhkan alat manajemen proyek yang ideal untuk memastikan semua hal yang disebutkan tadi berjalan sesuai dengan kesepakatan yang ada. Cobalah untuk menggunakan alat manajemen proyek yang ramah pengguna dan andal.
Cobalah untuk menemukan sistem manajemen proyek yang menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya mengatur rapat, menjalankan setiap detail target dan menetapkan tujuan dari target tersebut sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Dengan sistem ini, Anda juga dapat mengukur seberapa banyak waktu yang dihabiskan seseorang atau tim dalam menyelesaikan setiap proyek yang ada.
Anda juga perlu memastikan untuk menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) yang bertujuan untuk mendokumentasikan semua risiko dari setiap strategi yang Anda buat. Jangan lupa untuk memantau dan mengelola setiap risiko yang muncul. Seluruh anggota tim bisa mengambil bagian dalam hal ini dan mencari solusi bersama untuk menangani berbagai risiko yang ada. Cobalah untuk konsisten memantau risiko-risiko ini setiap minggunya.
- Menyusun Anggaran Dengan Tepat
Aspek keuangan bisnis, promosi dan pesan mereka adalah aspek penting saat menerapkan strategi manajemen pemasaran. Oleh karena itu, penting sebelum Anda mengalokasikan banyak uang untuk pemasaran digital, maka ada baiknya untuk terlebih dahulu memastikan alat pengukuran apa yang tepat untuk Anda gunakan.
Menentukan anggaran sangatlah penting. Karena, salah mengelola manajemen keuangan dalam hal pemasaran dapat membuat Anda tersesat dan menghabiskan terlalu banyak uang tanpa inputan yang berarti bagi bisnis Anda. Dibutuhkan departemen atau tim yang dapat melacak pengeluaran untuk setiap kampanye yang Anda buat serta mengukur seberapa banyak waktu yang dihabiskan oleh tim atau staf anda untuk sebuah proyek.
Anggaran pemasaran dapat menjadi panduan Anda dalam memastikan tim Anda tetap berjalan pada target dengan perkiraan biaya yang aktual. Oleh karena itu, pastikan Anda menyusun strategi pemasaran dan menetapkan anggaran pemasaran dalam jangka pendek dan jangka panjang. Anda bisa menyusunnya secara bulanan dan tahunan.
Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda menunjuk atau mempekerjakan manajer keuangan pemasaran dalam tim Anda. Staf ini akan bertanggung jawab atas seluruh pengeluaran yang ada. Cara ini juga pastinya akan membuat tim pemasaran online dapat lebih berkonsentrasi, kreatif dan inovatif terhadap strategi pemasaran mereka.
Selain 5 hal di atas perlu kita sadari juga bahwa terdapat juga beberapa kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam pemasaran konten. Padahal, perusahaan yang memiliki pendekatan strategis seharusnya dapat lebih efektif menarik perhatian para audiens dan mengurangi kesalahan dalam rangka memenangkan persaingan dengan perusahaan yang lainnya. Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui bersama apa saja yang menjadi kesalahan umum yang sering terjadi dalam mengembangkan strategi pemasaran online.
Gavin Liewellyn seorang konsultan independen yang berspesialis pada pemasaran digital, setidaknya membagikan 8 kesalahan umum dalam menjalankan pemasaran konten diera digital ini, yaitu:
– Tidak ada perencanaan atau strategi konten yang jelas
– Tidak memahami apa yang menjadi ketertarikan pelanggan
– Tidak mengintegrasikan media sosial yang dimiliki dengan strategi SEO
– Tidak memiliki analisis dan pengukuran yang jelas
– Sulit menghasilkan konten yang bermanfaat, informatif dan menarik minat pelanggan
– Tidak menunjukkan keahlian di bidang produk yang dipasarkan
– Terlalu banyak promosi yang kurang bermanfaat
– Tidak menguji format dari setiap konten
Oleh karena itu dapat disimpulkan, pemasaran online di era digital seperti saat ini membutuhkan perencanaan dan strategi yang matang. Namun, dengan manajemen dan sistem pemantauan yang baik terhadap setiap strategi yang dibuat, pasti dapat meningkatkan nilai minat pelanggan terhadap produk yang Anda pasarkan.