Menengok Keindahan Desa Gunung Picung, Jawa Barat

(Business Lounge – Travel) – Setiap tempat di Indonesia, pasti menceritakan kisah keindahan yang tak terlupakan. Semua orang pasti merasa kagum memandang lampu malam Jakarta, melihat keindahan pantai Bali, dan memandang bawah laut Raja Ampat. Tetapi, adakah yang pernah mengetahui mengenai Desa Gunung Picung di Jawa Barat? Desa yang indah ini berlokasi di Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Disana, banyak hal menarik akan ditemukan, dan tentunya menambah inspirasi bagi setiap orang yang memandangnya.

Gunung Picung4

Salah satu hal menarik yang dapat dilihat di Desa Gunung Picung adalah pemandangan dari kumpulan gabah kering dari warga. Mungkin pertama kali, Anda berpikir, apa yang menarik dari kumpulan gabah saja? Tetapi, disitu Anda bisa melihat gabah kering yang dihinggapi oleh beberapa burung gereja yang lucu dan menarik. Ya, melihat sebuah pemandangan alam yang begitu mempesona dan langka seperti itu, pastinya belum tentu ditemukan di tempat lainnya.

Padi memang tumbuh subur di Jawa Barat. Dan tentunya, Desa Gunung Picung merupakan salah satu tempat penggilingan padi, dimana cara menggilingnya juga masih menggunakan ala tradisional. Cara pembayarannya pun masih menggunakan sistem jasa, yaitu 12 kaleng gabah padi dari penjual, akan ditukar dengan 1 liter beras.

Gunung Picung3

Aktivitas warga yang ada di sekitar Desa Gunung Picung memang cukup menarik. Di desa mereka yang indah, mereka juga terbiasa melakukan berbagai kegiatan, terutama berdagang. Yang unik, barang dagangan yang dijual pun beragam, mulai dari bensin, makanan dan minuman di warung yang sederhana, dan juga menjual buah-buahan hasil dari tanah mereka.

Gunung Picung2

Memandang sawah hijau, tentunya merupakan hal yang menyenangkan hati. Di Desa Gunung Picung, tentunya mata Anda akan puas melihat sawah yang indah, dan juga pemandangan pohon pisang yang ada di tengah sawah tersebut. Cobalah untuk rileks sejenak sambil memandang persawahan yang indah, sambil menghirup udara segar yang ada di sekitar Gunung Picung. Pastinya, Anda akan merasakan nikmatnya relaksasi di tengah alam Desa Gunung Picung yang memukau.

Gunung Picung1

Membajak sawah dengan menggunakan kerbau, pastinya sudah menjadi pemandangan yang dapat dilihat di Desa Gunung Picung. Ya, pemandangan khas pedesaan yang menarik seperti ini, tentunya belum tentu Anda bisa temukan di tempat lainnya. Memang, jika selama ini Anda melihat bagaimana kerbau membajak sawah hanya di buku cerita bergambar, tetapi kali ini Anda bisa melihatnya sendiri. Memang, suasana pedesaan yang alami di Desa Gunung Picung, bisa membuat Anda serasa kembali ke alam. Menghirup udara segar, memandang indahnya persawahan dan melihat segala sesuatu yang menarik di alam, tentunya bisa ditemukan jika Anda mau untuk mengunjungi Desa Gunung Picung, Jawa Barat.

Fanny Sue/Journalist/VMN/BL
Images : Business Lounge Journal / Mark S
Editor : Fanya Jodie