Beberapa Cara Agar Konsumen Mau Melakukan Word Of Mouth

(Business Lounge – Dominate The Market) – Seperti yang kita ketahui, pemasaran dengan cara word of mouth merupakan cara yang efektif agar produk atau jasa Anda dikenal oleh masyarakat luas. Akan tetapi, bukanlah hal yang mudah bagi konsumen untuk mau melakukan pemasaran word of mouth jika mereka tidak puas dengan barang atau jasa kita. Tetapi, jika konsumen sudah merasa puas, pastinya tanpa dipaksa mereka akan melakukan pemasaran dengan word of mouth kepada keluarga atau rekan mereka.

Pertanyaannya kini, bagaimanakah cara mendorong konsumen agar mau melakukan pemasaran word of mouth terhadap produk atau jasa yang kita hasilkan?  Menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas sudah pasti, tetapi selain itu, ada cara lainnya yang harus dilakukan. Dan semua cara tersebut, sebenarnya tidak sulit, asalkan dilakukan dengan konsisten. Cara apa sajakah itu?

Bina hubungan baik dengan konsumen

Membina hubungan baik dengan konsumen tentunya sangat penting. Hal itu bukan sekedar agar konsumen menjadi pelanggan, tetapi juga bertujuan agar konsumen mau untuk melakukan pemasaran word of mouth kepada orang lainnya. Perlu Anda ketahui, pengaruh word of mouth sangat besar bagi kelangsungan produk atau jasa Anda. Karena itu, jangan pernah mengecewakan konsumen Anda sekalipun. Membina hubungan baik sebenarnya sederhana, dimulai dengan selalu memberikan senyum kepada konsumen, berbicara dengan sopan serta menawarkan bantuan jika dibutuhkan, dan lebih baiknya lagi jika Anda memberikan nomor yang bisa dihubungi jika konsumen ingin bertanya lebih lanjut. Hal itu, akan membuat konsumen merasa dihargai oleh Anda dan dengan sukarela akan menceritakan keistimewaan produk atau jasa Anda kepada orang lain.

Berikan konsumen kebebasan untuk memberi kritik dan saran

Konsumen terkadang ingin menyampaikan kritik atau sarannya mengenai produk atau jasa Anda. Tetapi, seringkali Anda tidak menyediakan fasilitas bagi konsumen untuk menyampaikan kritik atau sarannya. Pengalaman saya adalah, ketika di rumah saya dan sekitarnya ada jaringan internet yang sedang bermasalah. Tentunya kami yang mengalami masalah, akan menelepon ke kantor dari jaringan internet tersebut untuk menanyakan perihal masalah tersebut. Bukannya mendapat jawaban, yang ada kantor tersebut malah sulit untuk dihubungi. Hal seperti itu, mengesankan bahwa perusahaan tersebut lari dari tanggung jawab, karena telepon kantor tersebut sulit dihubungi konsumen. Hal seperti itu kelihatannya kecil, tetapi hal itu akan membuat konsumen malas untuk melakukan pemasaran word of mouth. Penyebabnya? Tentu saja karena konsumen merasa kecewa. Jika konsumen sudah kecewa, maka ia tidak akan mau melakukan pemasaran word of mouth kepada orang lain.

Adakan kompetisi dengan media sosial yang bertemakan produk atau jasa Anda

Kita semua tahu, bahwa era saat ini, orang sangat akrab dengan media sosial. Karena itu, ada baiknya Anda mencoba mengadakan kompetisi untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda melalui media sosial. Caranya mudah, yaitu dengan meminta konsumen membuat semacam foto kreatif yang menyertakan produk atau jasa Anda, dan memasangnya di media sosialnya. Dengan adanya kompetisi kreatif tersebut, biasanya orang akan menyebarkan berita tersebut kepada orang lain.

Seperti contohnya, jika Anda membuat kompetisi posting foto kreatif di Instagram dengan tema produk Anda dan memberikan hadiah menarik, tentunya orang yang tertarik akan mengajak teman-temannya juga untuk ikut berkompetisi. Semakin banyak yang ikut berkompetisi, semakin produk atau jasa Anda dikenal dan dibicarakan masyarakat.

Buat komunitas untuk konsumen Anda

Untuk membuat masyarakat melakukan pemasaran word of mouth terhadap produk atau jasa Anda, salah satu cara terbaik adalah dengan membuat komunitas. Dengan adanya komunitas tersebut, maka dengan mudah produk atau jasa Anda dikenal. Dalam komunitas tersebut, buatlah acara yang menarik, dan juga sesuai dengan keinginan pasar pada umumnya. Apabila komunitas yang Anda buat menarik, maka konsumen, yang telah menjadi anggota komunitas Anda, pastinya akan melakukan pemasaran word of mouth juga mengenai produk atau jasa Anda.

Zefanya Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL