(Business Lounge – Dominate The Market) – Sebagai seorang pebisnis, pastinya Anda sangat berharap agar produk Anda laku di pasaran. Berbagai metode pemasaran, pastinya Anda akan coba untuk terapkan agar produk Anda mendapat respon positif dari calon pembeli. Selain Anda menginginkan produk Anda laku di pasaran, sebagai pebisnis, ada lagi pastinya hal yang Anda inginkan, yaitu pembeli produk Anda pada akhirnya menjadi pelanggan yang loyal.
Bagi seorang pebisnis, sangat jelas bahwa loyalitas pelanggan adalah hal yang sangat berharga. Dengan adanya loyalitas, maka pelanggan tanpa dibayar akan melakukan pemasaran word of mouth yang sangat menguntungkan bisnis Anda. Dengan adanya loyalitas juga, maka pelanggan akan sering melakukan pembelian terhadap produk Anda. Dan bayangkan, jika Anda tidak memiliki pelanggan yang loyal, maka pastinya bisnis Anda lama-kelamaan tidak akan bertahan. Pastinya Anda begitu senang ketika pembeli Anda akhirnya menjadi pelanggan Anda. Namun, meskipun ia sudah menjadi pelanggan, tentunya Anda tetap harus berusaha agar ia menjadi pelanggan yang loyal, dan tidak akan berpindah ke pesaing. Namun, pertanyaannya kini, cara apakah yang penting dilakukan agar bisa mendapatkan loyalitas pelanggan? Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba :
Berpikir seperti pelanggan Anda
Bisa jadi, Anda memang memiliki passion atas bisnis yang Anda jalankan dan terus mengembangkannya sesuai pola pikir Anda. Memang, menurut Anda pasti apa yang Anda kerjakan dan kembangkan sangat bagus sekali dan Anda merasa puas karena hal itu. Tetapi, apakah sebenarnya pelanggan Anda masih menyukai produk Anda? Atau apakah hal itu sebenarnya yang diinginkan pelanggan Anda saat ini? Atau perkembangan produk yang Anda kerjakan, apakah sesuai dengan trend pada umumnya? Anda harus tahu hal itu. Dan agar produk Anda laku di pasaran, Anda harus berpikir seperti pelanggan Anda berpikir, bukan seperti apa yang Anda pikirkan. Bahkan, jika apa yang menjadi kesukaan pelanggan saat ini tidak sesuai dengan apa yang Anda pikirkan, selama itu masih dalam batas yang positif, Anda harus berusaha untuk memenuhi apa yang diinginkan pelanggan. Karena pelanggan adalah yang menentukan masa depan bisnis Anda juga tentunya.
Dengarkan pendapat pelanggan Anda
Terkadang, ada kalanya seorang pelanggan memberikan masukan kepada Anda mengenai produk yang Anda hasilkan. Pendapatnya, bisa jadi menyenangkan telinga Anda, tetapi bisa jadi tidak menyenangkan. Tetapi, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik bagi pelanggan Anda. Masukan dari pelanggan Anda, seringkali berguna untuk meningkatkan penjualan produk Anda, dan mendapatkan loyalitas pelanggan.
Lakukan survey terhadap produk Anda
Ada baiknya sesekali Anda melakukan survey mengenai produk Anda kepada pelanggan Anda. Berikan pertanyaan yang nantinya bisa menjadi masukan bagi perkembangan produk Anda. Dan jangan lupa, sediakan juga hadiah kecil bagi beberapa orang pelanggan, misalnya kepada 50 orang pertama yang mengisi survey tersebut. Karena survey tersebut, sebenarnya sangat berguna agar Anda mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan Anda.
Berikan hadiah terhadap pelanggan loyal
Tentunya, Anda pasti hafal akan wajah pelanggan Anda yang sudah loyal membeli produk Anda dan mempromosikannya kepada orang lain. Terhadap pelanggan loyal seperti itu, sesekali Anda harus memberikan hadiah atau hal lainnya yang membuatnya semakin loyal kepada produk Anda. Hadiah yang Anda berikan mungkin kecil, tetapi bagi pelanggan Anda, itu merupakan hal yang berharga.
Lakukan inovasi yang memberikan semangat pelanggan untuk terus membeli produk Anda
Inovasi memang hal yang wajib dilakukan seorang pebisnis. Dan inovasi jugalah, yang harus Anda senantiasa lakukan agar produk Anda semakin laku di pasaran. Tetapi. inovasi yang Anda lakukan jangan karena sekedar passion atau kesenangan Anda sendiri, tetapi harus yang sesuai keinginan pelanggan. Jika Anda melakukan inovasi yang menghasilkan produk yang diminati pelanggan, pastinya pelanggan akan semakin bersemangat untuk melakukan pembelian terhadap produk Anda, Dan bukan itu saja, dengan senang hati pelanggan akan mempromosikan produk yang Anda hasilkan kepada orang lain. Dan hal itu, pastinya akan memberikan keuntungan dan meningkatkan penjualan produk Anda pada akhirnya.
Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL