Memiliki Produktivitas Tinggi Saat Bekerja di Rumah? Pasti Bisa!

Produktivitas yang tinggi dalam bekerja, pastinya merupakan hal yang perlu dilakukan setiap orang, baik ia adalah seorang entrepreneur maupun seorang karyawan. Namun, pada prinsipnya, produktivitas yang tinggi sangat berpengaruh terhadap hasil pekerjaan. Sebenarnya, apakah produktivitas itu sendiri? Menurut Dewan Produktivitas Nasional (dalam Husien, 2002 : 9), produktivitas mengandung arti sebagai perbandingan antara hasil yang dicapai (output) dengan keseluruhan sumber daya yang digunakan (input). Dengan kata lain bahwa produktivitas memliliki dua dimensi. Dimensi pertama adalah efektivitas yang mengarah kepada pencapaian target berkaitan dengan kualitas, kuantitas dan waktu. Yang kedua yaitu efisiensi yang berkaitan dengan upaya membandingkan input dengan realisasi penggunaannya atau bagaimana pekerjaan tersebut dilaksanakan.

Nah, melihat kedua dimensi tersebut, maka semuanya sudah jelas, bahwa produktivitas berkaitan dengan pencapaian target dalam pekerjaan dan juga efisiensi di dalam menjalankan pekerjaan. Jadi, di dalam upaya pencapaian target, selain memanfaatkan semua sumber daya (input) yang Anda miliki untuk menunjang pencapaian target, tentunya Anda juga harus memperhatikan efisiensi dalam bekerja, baik efisiensi waktu, tenaga, dan lainnya agar memberikan hasil (output) yang maksimal. Contohnya, Anda mau mencapai target pekerjaan dalam waktu 5 jam, tentunya Anda harus memanfaatkan semua sumber daya (input) yang Anda miliki agar pekerjaan Anda selesai dalam waktu 5 jam. Dan bukan hanya memanfaatkan sumber daya saja, tetapi Anda juga harus melakukan pekerjaan Anda dengan efisien, dimana di dalamnya juga ada efisien waktu, yaitu Anda harus mengurangi kegiatan yang kurang bermanfaat dan bisa memotong jam kerja Anda, seperti chatting, bergosip, dan lainnya.

Pertanyaannya kini, bagaimana produktivitas yang tinggi bisa dicapai apabila Anda bekerja atau menjalankan bisnis Anda dari rumah? Dan bagaimana agar waktu yang ada bisa efisien? Bukankah kalau menjalankan bisnis maupun pekerjaan dari rumah bisa cenderung tidak efisien? Sebenarnya bisa, asalkan Anda tahu caranya agar Anda bisa memanfaatkan sumber daya yang ada di rumah, dan tentunya tetap bisa bekerja dengan efisien di rumah. Bagaimanakah caranya? Nah, berikut ini cara yang bisa Anda ikuti agar Anda tetap bisa bekerja atau menjalankan bisnis dengan produktivitas yang tinggi di rumah :

Buatlah perencanaan bisnis atau pekerjaan Anda di rumah

Hal ini sangat penting untuk membuat Anda memiliki produktivitas yang tinggi saat bekerja di rumah. Anda bekerja atau berbisnis di rumah, bukan berarti asal bekerja tanpa perencanaan. Anda harus menulis semua perencanaan mengenai apa yang akan Anda kerjakan pada hari itu, dan tetapkan target penyelesaian pekerjaan Anda. Hal itu akan membantu Anda untuk lebih efektif dan efisien dalam bekerja.

Atur jam kerja Anda seperti di kantor

Meskipun bekerja di rumah, aturlah jam kerja Anda seperti di kantor, yaitu 8 jam kerja. Dan, kerjakan pekerjaan atau bisnis Anda sesuai dengan jam yang Anda tetapkan tersebut. Biasakan untuk disiplin menjalankan pekerjaan dengan tepat waktu, hal itu akan membantu Anda agar tetap memiliki produktivitas yang tinggi meskipun bekerja di rumah. Dan, jangan lupa juga untuk mengambil waktu istirahat, minimal 1 jam, hal itu penting untuk untuk menyegarkan pikiran Anda. Saat istirahat makan siang, upayakan juga untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Buatlah desain tempat kerja Anda di rumah seperti lingkungan kerja

Memanfaatkan sumber daya yang ada, dalam hal ini adalah memanfaatkan ruang kerja Anda di rumah dengan sebaik-baiknya. Agar Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan ruang kerja di rumah Anda, maka ada baiknya Anda mendesain ruang kerja di rumah Anda seperti tempat kerja di kantor atau sesuai dengan profesi Anda. Hal itu akan membuat Anda lebih semangat bekerja, dan tentunya hal itu meningkatkan produktivitas Anda.

Hindari dekat dengan televisi atau tempat tidur ketika bekerja

Kedua hal ini, sangat menurunkan produktivitas Anda ketika bekerja di rumah. Upayakan untuk ruang kerja Anda di rumah tidak dekat dengan televisi atau tempat tidur, karena jika ruang kerja Anda dekat dengan kedua benda tersebut, tentunya Anda bisa lebih tertarik untuk menonton televisi atau istirahat yang berkepanjangan ketimbang bekerja.

Berpakaian rapi seperti orang yang bekerja

Kelihatannya ini kurang penting, tetapi ini sangat penting! Berpakaian rapi seperti orang yang bekerja, sangat penting untuk menunjang produktivitas Anda, karena dengan berpakaian rapi, Anda juga akan lebih semangat untuk bekerja. Jadi, pilihlah pakaian yang rapi selama bekerja di rumah, agar Anda bisa tetap produktif dan juga efisien dalam melakukan pekerjaan ataupun bisnis Anda.

 Zefanya   Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x