(Business Lounge – Empower People) Pada minggu pertama di tahun ini, Saya mengajak Anda memulai sebuah lembaran baru dengan sebuah hal sederhana, BERTERIMAKASIH SETIAP HARI! Dengan berterimakasih maka sama saja dengan Anda menghitung kebaikan yang Anda terima, memperhatikan kesenangan yang dapat Anda rasakan, dan mengakui segala sesuatu yang Anda miliki. Ini berarti belajar untuk hidup, seolah-olah segala sesuatu adalah keajaiban, dan menyadari secara terus menerus berapa banyak yang telah Anda terima. Berterima kasih mengubah fokus Anda dari kekurangan kepada kelimpahan, dari yang tidak Anda miliki kepada segala yang Anda miliki.
Sebuah penelitian menunjukkan perbaikan kehidupan secara mengejutkan dimulai dari rasa terima kasih. Berterima kasih membuat orang lebih bahagia dan lebih tangguh, memperkuat hubungan, meningkatkan kesehatan, dan mengurangi stres. Rasa terima kasih membuat Anda akan lebih optimis dan mengurangi pikiran negatif. Cobalah untuk berpikir tentang apa yang patut Anda syukuri setidaknya sekali sehari. Jika Anda mulai memprioritaskan rasa terima kasih dan mengenali hal-hal yang Anda harus syukuri, akhirnya berterima kasih akan menjadi cara hidup Anda.
Berikut adalah lima cara untuk dapat berterima kasih setiap hari:
1. Mendaftarkan ucapan syukur Anda setiap hari
Salah satu metode untuk mempraktekkan rasa syukur adalah dengan memiliki catatan syukur (gratitude journal). Konsep ini diperkenalkan oleh Sarah Ban Breathnach dalam bukunya yang berjudul “Simple Abundance Journal of Gratitude”. Milikilah sebuah notes, simpanlah di tas atau meja di samping tempat tidur Anda, atau di tempat lainnya yang dekat dengan Anda setiap harinya. Luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk menuliskan apa saja yang dapat Anda syukuri hari ini. Anda dapat menulisnya saat Anda bangun pagi atau sebelum Anda pergi tidur. Tuliskan bahkan hal-hal kebaikan kecil yang Anda terima. Suatu kali ketika hidup terasa berat bagi Anda, bukalah catatan syukur Anda, ingatlah betapa banyaknya kebaikan yang telah Anda terima yang perlu Anda syukuri.
2. Nyatakan rasa terima kasih Anda secara pribadi
Anda dapat menyatakan terima kasih Anda secara pribadi kepada keluarga, teman atau siapapun yang berjasa dalam kehidupan Anda, orang yang telah menolong Anda ketika Anda dalam kesusahan atau orang yang telah membawa pengaruh positif dalam hidup Anda. Banyak cara yang dapat Anda pilih, Anda dapat mengirimkan sebuah ucapan terima kasih sederhana melalui surat atau email, Anda dapat memberikan sebuah hadiah kecil, atau Anda dapat menyatakan terima kasih Anda secara langsung.
3. Tunjukkan penghargaan kepada orang di sekitar Anda
Perlakukanlah orang lain dengan baik seperti apa Anda ingin diperlakukan. Sebuah senyum, pelukan, kesabaran, dan pertolongan sederhana dapat Anda berikan setiap hari kepada setiap orang yang Anda temui. Hal-hal kecil seperti menahan pintu lift tetap terbuka sampai orang tersebut masuk, atau memberikan tempat duduk Anda di bus kepada wanita atau orang tua.
4. Berhenti mengeluh
Ketika sesuatu yang buruk terjadi, mudah sekali bagi kita untuk mengeluh. Bahkan hal-hal sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti kemacetan dan mengantri saja, sering memancing kita untuk mengeluh. Apalagi ketika kita sakit dan musibah datang, rasanya manusiawi sekali kalau kita mengeluh. Akan tetapi mengeluh tidak menyelesaikan persoalan, malah memperburuk keadaan. Mulai saat ini, kapan pun Anda merasa frustrasi, tariklah nafas Anda dalam-dalam dan berpikirlah positif.
5. Menjadi relawan sosial
Cara terbaik untuk mengungkapkan rasa syukur atas berkat yang telah Anda terima adalah dengan menyampaikan berkat itu kembali kepada orang lain. Anda dapat melakukannya dengan membantu seseorang, melayani dan menjadi relawan sosial. Contohnya adalah dengan menghabiskan waktu Anda untuk anak-anak tunawisma dan memberi mereka hadiah kecil, berpatisipasi dalam pengalangan dana untuk menolong korban bencana, mendonorkan darah Anda bagi yang membutuhkan, dan banyak lagi yang dapat Anda lakukan untuk melayani orang lain.
Rebecca Hayati/Managing Partner E-Commerce/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana