Kepuasan Pelanggan Meningkatkan Penjualan Anda

(Business Lounge – Sales) – Pelanggan adalah Raja. Istilah ini bukanlah hal asing yang dijumpai dalam dunia bisnis, melainkan istilah yang sering didengar dan diterapkan dalam dunia bisnis dimana sebagai penjual memperlakukan pelanggan yang ada seperti raja. Dimulai dengan berusaha mendekati calon pelanggan, mengenali dan mengali kebutuhannya sampai benar-benar closing menjadi pelanggan dengan membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Namun tidak berhenti sampai disana saja tapi sampai kepada tindak lanjut penjual menjaga hubungan baik dengan memberikan pelayanan kepada pelanggan sehingga pelanggan tersebut merasa puas dengan pelayanan yang diberikan yang menimbulkan loyalitas pelanggan terhadap penjual.

Kepuasan pelanggan adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pelanggan dipenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Pengukuran kepuasan pelanggan merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif. Apabila pelanggan merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien.

Dari pengertian di atas maka dapat diketahui yang dibutuhkan pelanggan adalah pelayanan prima. Pelayanan prima tentunya membuat pelanggan menjadi puas. Pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan maka pelanggan tersebut akan loyalitas terhadap penjual tersebut. Namun harus diingat dimulai penjual loyalitas dengan memberikan pelayanan prima terhadap pelanggan maka pelanggan akan loyalitas terhadap penjual. Terkadang yang dilihat pelanggan bukanlah produk atau jasa yang ditawarkan namun penjualnya bagaimana penjual tersebut memberikan kesan yang baik dari pelayanan yang diberikan. Mungkin loyalitas pelanggan terhadap penjual tidak akan instant waktunya seketika menjadi loyal, butuh waktu, ketekunan dan kesabaran, tetap menjaga hubungan baik dengan memberikan informasi yang berguna bagi pelanggan, memberikan pelayanan yang terbaik bukan saat closing saja namun setelah closing pun tetap berikan pelayanan. Hal tersebut akan membuat pelanggan menjadi puas, bahkan merekomendasikan penjual kepada relasinya yang membuat new sales bagi penjual.

Pengalaman yang bisa dibagikan adalah saat saya bekerja sebagai konsultan keuangan bukan hal yang mudah awalnya, namun dari beberapa klien yang saya miliki, saya tetap menjaga hubungan baik dengan mengfu mereka, melayani mereka saat mereka membutuhkan. Mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan maka mereka merekomendasikan kepada yang lain sehingga meningkatkan penjualan saya. Namun terkadang rekomedasi terhadap relasinya tidaklah cepat diberikan, butuh waktu, tapi ketika pelanggan tersebut mencari saya maka saya tetap ada di bisnis tersebut dan akhirnya meningkatkan penjualan saya.

Sebagai tenaga penjual maka untuk memberikan pelayanan prima diperlukan komitmen terhadap pelayanan, kualitas dan pelanggan. Bukan hanya sekedar menjual namun komitmen setelah penjualan terjadi dengan menjaga hubungan baik terhadap pelanggan, memberikan pelayanan saat mereka membutuhkan. Jadi sebagai tenaga penjual maka perlu long term bergerak di bidang yang sedang dijalani.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa yang dibutuhkan pelanggan bukan hanya skill menawarkan produk dan jasa, memang itu faktor penting, namun juga tidak kalah penting dengan pelayanan sebelum ataupun setelah berjualan. Bahkan dengan pelayanan yang di berikan akan meningkatkan lagi penjualan dari sebelumnya.

(Jiuli/IC/BL)

pic : aviva.co.id

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x