(Business Lounge – Business Today), Pertumbuhan bisnis kartu kredit di Indonesia semakin meningkat. Hampir disemua bank berlomba untuk memberikan layanan yang terbaik kepada nasabahnya. Dan hal ini yang dilakukan oleh PT PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). Demi meningkatkan akan pertumbuhan bisnis kartu kredit maka Bank Negara Indonesia bekerjasama dengan Japan Credit Bureau (JCB) International Co Ltd dalam menerbitkan kartu kredit berskala internasional.
BNI berharap dengan adanya kartu kredit berlabel JCB tersebut dapat menangkap peluang bisnis dalam penggunaan kartu kredit dan kepemilikan baru pada kelompok masyarakat Jepang yang bekerja di Indonesia, atau bisa juga kelompok masyarakat pecinta produk Jepang namun bertempat tinggal di Indonesia.
Darmadi Sutanato, Direktur Komersial & Ritel BNI menyatakan bahwa kolaborasi antara pihak BNI dengan JCB dalam bentuk kepemilikan kartu kredit BNI, termasuk kartu kredit berlogo JCB merupakan suatu penerobosan baru yang dapat meningkatkan akan laju masuknya dana murah ke perusahaan.
Untuk diketahui bahwa jaringan kartu kredit JBC ini telah tersebar dan hampir di 190 negara dimana mencakup 23 juta merchant dan telah menerbitkan kartu kredit sebanyak 79 juta pengguna di 16 negara.
“Dengan kerja sama dengan Japan Credit Bureau (JCB), maka kami targetkan dapat meningkatkan transaksi kartu kredit BNI hingga Rp3 triliun,” ujar Darmadi.
Kerjasama bisnis kartu kredit ini dapat dipastikan akan meningkatkan pendapatan berbasis biaya BNI sekitar 1,5 kali transaksi warga Jepang di Indonesia di atas warga lokal.
(rs/IK/bl)