(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Dunia kerja memang penuh persaingan, namun dalam beberapa hal tetap dibutuhkan sebuah kerjasama yang baik di antara rekan kerja. Bersama dengan rekan kerja, maka dapat saling membangun untuk semakin bertumbuh dan meningkat. Persaingan pasti ada, apalagi antar sales, jika tidak ada kerjasama yang baik maka persaingan menjadi tidak sehat. Akan ada yang merasa dirugikan. Sebab itu sangat penting untuk membangun kerjasama yang baik antar sales dengan tujuan yang sama untuk memajukan perusahaan.
Seperti pengalaman saya di tempat saya bekerja. Dimana ada seorang yang terkenal dengan “menghalalkan segala cara”. Jika dia berhadapan dengan atasannya maka dia akan menceritakan keburukan rekan kerjanya, tapi jika dia sedang berada di tengah rekan-rekan kerjanya maka dia akan menjelek-jelekkan atasannya. Seakan-akan dia melakukan segala cara untuk tetap terlihat paling baik. Hal tersebut membuat situasi di kantor menjadi tidak sehat, banyak pengaruh buruk yang disebabkan oleh tindakan tersebut. Belum lagi dalam hal promosi dan penjualan, ingin selalu didahulukan dan merasa keperluannya lebih penting.
Sebagai sebuah team, maka tidak bisa hanya mementingkan kepentingan diri sendiri, kepentingan perusahaan harus tetap diutamakan. Tidak bisa menghalalkan segala cara untuk membuat diri kita berhasil, tanpa memperhatikan rekan kerja. Rekan kerja merupakan teman seperjuangan, yang dapat membantu kita untuk berhasil. Kita tidak bisa berjuang seorang diri seakan-akan tidak memerlukan orang lain, tapi dengan adanya rekan kerja maka akan membuat lebih bersemangat. Sebab itu persaingan dengan rekan kerja bukanlah menjadi seperti musuh yang harus dijauhi tetapi dalam persaingan justru akan lebih maju.
Target dan bonus merupakan bagian dari sales, tetapi untuk mencapai itu semua tetap harus dapat bekerjasama dalam team. Tidak bisa hanya untuk mencapai semua itu maka kepentingan orang lain dikorbankan, harus ada kerjasama untuk sampai kepada tujuan.
Sebab itu peranan seorang leader dalam sebuah team sangat penting. Dalam hal ini sales supervisor atau sales manager memegang peranan penting untuk memimpin teamnya agar tercapai kerjasama yang baik. Disaat antar anak buah mengalami konflik maka leader harus mampu untuk menyelesaikan konflik yang ada tanpa menimbulkan sakit hati diantara satu dengan yang lain. Leader tidak bisa memihak kepada salah satu tetapi harus dapat menyatakan kebenaran. Sehingga sekalipun karyawan tersebut berprestasi tetapi jika tidak dapat bekerjasama maka harus diambil tindakan agar suasana kerja yang nyaman dan persaingan yang sehat dapat dirasakan oleh semua karyawan.
(Mevy Sinambela/AA/TML)