(The Manager’s Lounge), Strategi Pemasaran Internet adalah cara menjual barang atau produk atau jasa dengan cara memberikan informasi dan kegunaan barang atau produk atau jasa yg ditawarkan dengan media internet.
Untuk mencapai pemasaran Online berhasil diperlukan strategi sebagai berikut:
1. Kenali kebutuhan yang sedang diminati oleh masyarakat umumnya, dan cari informasi dan selidiki yg selengkap-lengkapnya produk/baramg/jasa yang hendak ditekuni atau dipasarkan via internet nanti.
2. Buatlah website yang semenarik mungkin. Penting sekali membuat website yang sangat menarik perhatian mata yang melihatnya, supaya ketika sekali melihat langsung tertarik melihat isi dari produk/barang/jasa yang dipromosikan dan ditawarkan tersebut.
3. Karena Website tidak dapat melakukan semua tugas dengan baik, oleh sebab itu dibutuhkan email sebagai sarana komunikasi. Ada sistem yang mengizinkan Anda mengumpulkan nama dan alamat email prospek dan mengirimkan mereka informasi-informasi dengan teratur. Jadi tidak merepotkan nanti bila suatu saat Anda akan memiliki ratusan ribu bahkan sejuta orang dalam daftar prospek Anda, semuanya dapat ditangani dengan sistematis.
4. Alternatif sarana lain yang dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan prospek adalah media sosial lain. Seperti dii Facebook dan tweeter. Anda dapat berkomunikasi secara hampir real-time dengan mereka, berinteraksi, meminta pendapat, memberikan tips dan bahkan mengirimkan promosi dan informasi produk baru.
5. Tidak bosan-bosannya untuk selalu meng-update informasi tambahan untuk produk/barang/jasa yang ditawarkan, sehingga menambah kepercayaan cari prospek yang ada, bisa berkembang menjadi langganan.
Semuanya itu tidak dapat meningkat penjualan via internet ini, dengan tidak mengabaikan keluhan dari langganan yg sudah ada, dan memberikan service yang memuaskan tiap kali ada komplain langganan, pastilah menjadi salah satu alat promosi dari langganan ini ke calon-calon langganan lainnya.
(Merry Lian/RF/TML)
pic: solusitek.com