(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Banyak cara untuk kita melakukan closing dalam proses penjualan, dan setiap pakar atau pelaku sales mempunyai berbagai pendekatan yang unik. Berikut ini sepuluh pendekatan yang unik dalam melakukan closing:
1. The Assumptive Close : dalam pendekatan ini kita menyampaikan bahwa produk yang kita miliki seolah-olah produk yang sudah dimiliki prospek. ” Bisa pinjam KTP nya untuk mengisi form penawaran credit card ini?”
2. The alternative Choice : Tawarkan sedikitnya dua pilihan untuk prospek memilih produk, ” Ini yang tipe deluxe dan ada yang platinum, manakah yang Bapak pilih?”
3. The Multiple Question Close Teknik ini dikenal Socrates teknik yaitu kita mengajukan banyak pertanyaan yang akhirnya berkata ya.
4. The sharp angle close Minta commitment dari prospek, yaitu bila kita menjawab objection mereka maka berarti itu akan membeli produk kita.
5. The direct question close menanyakan prospek langsung untuk membeli produk dan layanan kita.
6. The high authority close perlihatkan kepada prospek bahwa orang yang dihormati prospek juga sudah membeli, “ Pak atasan bapak sudah membeli juga produk ini lho”
7. The Test close tanyakan pertanyaan berseri yang meningkatkan keinginan prospek.
8. The price close perlihatkan pada prospek bahwa harga produk kita seseuai dengan anggaran mereka “
9. The take away Close sampaikan bahwa produk yang ditawarkan mungkin tidak akan tersedia lagi. “ Ini hari terakhir pameran lho pak, produknya tinggal 3 ini, kalau bapak nggak ambil sekarang abis itu mungkin inden 5 bulan lagi”
10. The Benyamin Franklin Close daftarkan pro dan cons dari produk sehingga akan lebih banyak pro dan meyakinkan si prospek.
Manakah dari sepuluh teknik ini yang terbaik? Tergantung dari situasi dan jenis produk yang akan kita jual, yang jelas unsur ’Love’ yaitu memberikan solusi untuk prospek dalam kebutuhannya menjadi dasar kita melakukan closing.
(Fadjar Ari Dewanto/AA/TML)