(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Sebuah slogan yang kuat dan cerdas dan menarik dapat membuat bisnis Anda berkesan bagi konsumen dan melonjak hanya dalam beberapa detik saja.
Slogan bisnis yang smart merupakan suatu pemasaran instan.
Slogan yang smart dan menarik akan menempel di ingatan seseorang untuk waktu yang sangat lama. Slogan yang menarik akan selalu diingat jika slogan tersebut pendek, mudah diingat, dan mengkomunikasikan pesan bisnis secara singkat dan cerdas.
Slogan yang Menjual harus memiliki unsur-unsur dibawah ini :
Slogan Harus Menarik
Slogan yang baik dan tepat adalah seperti virus di alam, menyebarkan dari mulut ke mulut dan sangat efektif dibandingkan dengan Iklan yang mengeluarkan biaya jutaan rupiah
Harus Pendek
Seorang mungkin pandai untuk menggambarkan bisnisnya, tetapi harus bisa menyingkatnya dalam satu slogan yang simple dan menarik. Slogan yang pendek dan simple akan memiliki kekuatan untuk mudah diingat oleh konsumen.
Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah
“ Apakah Slogan tersebut Mengkomunikasikan Pesan Bisnis Anda ? “
Buatlah suatu riset pasar. Jika hasil dari riset pasar yang perusahaan Anda lakukan para konsumen secara akurat dapat mengidentifikasi produk, layanan atau target pelanggan dari bisinis Anda hanya dengan membaca slogan saja, maka dapat dikatakan bahwa Promosi Anda Berhasil
Dalam riset Pemasaran menyatakan bahwa Slogan harus berada di depan konsumen setidaknya tujuh kali untuk mengahsilkan sebuah kesan. Kekuatan Slogan terbaik adalah bahwa Slogan tersebut pendek dan mudah diingat.
Contoh-contoh The Best Marketing Slogans in the World :
AT&T – Reach out and touch someone
Microsoft – Where do you want to go today ?
LG – Life’s Good
Coca-Cola – The Real Thing
McDonald’s – I’m loving it !
Wendy’s – Where’s the beef ?
Sharp – Sharp Minds, Sharp Products
Kentucky Fried Chicken – Finger lickin’ good.
Nokia – Connecting people
Energizer Batteries – He keeps going and going and going
Yahoo! – Do you… Yahoo! ?
Wikipedia – Wikipedia, the Free Encyclopedia
L’Oreal – Because you’re worth it
Philips – Let’s Make Things Better
Motorola – Hello Moto
VISA – It’s everywhere you want to be
Apple Computer – Everything is easier on a Mac
BMW – The ultimate driving machine
Federal Express – When it absolutely, positively has to be there overnight
Dell Computer – Easy as Dell
Shell Oil – Go further with Shell
Pringles – Once you pop, you can’t stop
eBay – The World’s Online Market Place
Duracell Batteries – No battery is stronger longer
Intel – Intel inside
Yellow Pages – Let your fingers do the walking
So, what do you think about these famous advertising slogans ? Do they hit the market ? Sekarang kita dapat mengetahui Slogan yang Smart dan Menarik merupakan senjata yang jitu untuk meraih suatu pemasaran yang sukses
(Debbie Kusuma/AA/TML)