Listening Skill – I

(The Manager’s Lounge-Sales) – Ketrampilan dalam mendengar adalah sesuatu yang sangat penting, beberapa guru mengatakan pentingnya kita mendengar :

• Mendengar adalah atribut yang terbesar dari seorang Business Leader dan Manager. Le Ia coca

• ‘Seek first to understand then be understood’ Mengerti dahulu baru dimengerti , mengerti artinya kita mendengar – Stephen Covey

• Anda bisa mendapatkan lebih banyak teman dalam 2 bulan dengan menjadi tertarik kepada orang lain atau mendengar orang lain dinamdingkan dengan yang anda peroleh dalam 2 tahun dengan berusaha membuat orang lain tertarik kepada anda – Dale Carnegie.

Bahkan dalam falsafah manajemen seorang CEO mengatakan berhasil diatas keberhasilan disitu terkandung unsur pentingnya mendengar daripada didengar.

Berkomunikasi dengan calon pelanggan

Terkadang ada paradigma yang mengatakan bahwa seorang penjual atau sales hanyalah orang yang bisanya menjual kata-kata atau seperti tukang obat di pingggir jalan. Perlu dilakukan komunikasi yang baik dengan pelanggan untuk dapat menciptakan kontak emosional dari pelanggan. Kontak emosional sangat diperlukan, untuk dapat menciptakan pelanggan setia bagi produk anda.

Timbulkan perasaan bahagia pada diri sendiri pada saat pelanggan menyatakan kepuasan atas produk yang dijual dan layanan yang diterima, serta solusi yang anda berikan bagi pelanggan.
Sebagai sales dibutuhkan keahlian dalam berkomunikasi. Sales bukanlah orang menjual suara untuk dapat menjual produk.

Sales yang baik berusaha mendengarkan pelanggan ketika mereka sedang berbicara dan berusaha untuk dapat mendengarkan pendapat serta alasan-alasan calon pembeli sebelum mereka membeli produk anda.
Kebanyakan dari sales selalu “memaksa” para calon pelanggan, sikap inilah yang membuat calon pelanggan anda selalu menghindar ketika anda hubungi.

Alasan kita berkomunikasi dengan pelanggan baik itu secara tatap muka atau melalui hubungan telpon, agar kita dapat mengerti apa yang pelanggan kita butuhkan dan kemudian kita mencoba menawarkan produk dan solusi yang kita miliki untuk para pelanggan kita.

Perlu diperhatikan cara-cara yang baik dalam menjual dan berbicara yang efektif dengan calon pembeli tanpa harus menyinggung perasaan calon pembeli. Seorang penjual yang baik adalah memberikan solusi bagi setiap masalah dan kebutuhan pelanggan, bukan hanya sekedar menjual produk atau jasa.

Mendengarkan membangun kepercayaan

Sikap dalam mendengarkan membangun kepercayaan karena itu memperlihatkan seberapa jauh kita mennghargai customer dan dapat meramenuhi kebutuhan seseorang untuk dihargai. Mendengarkan adalah satu hal yang paling penting untuk membangun kepercayaan. Banyak salesman tidak dipercaya karena tidak mendengarkan.

(next : LISTENING SKILL – II)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x