(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Kualitas merupakan hal terpenting yang mempengaruhi pemasaran suatu produk. Kita bisa saja membuat kemasan yang sedemikian cantik dan atraktifnya atau membuat produk kita seunik mungkins sehingga banyak mendatangkan calon pembeli. Namun, hal yang harus diperhatikan di dalam memasarkan suatu produk dan jasa adalah kualitas.
Kualitas suatu barang atau jasa memang merupakan hal yang penting karena hal itulah yang membuat pelanggan menjadi loyal dan mau untuk kembali menggunakan produk atau jasa kita. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meyakinkan calon pelanggan bahwa kualitas produk atau jasa yang kita hasilkan memang benar-benar bagus dan bermutu :
Memberikan sampel kepada konsumen dengan kualitas yang baik
Pemberian sampel merupakan salah satu cara agar produk atau jasa yang kita hasilkan selalu ada di benak konsumen. Namun, sampel yang kita berikan haruslah dengan kualitas yang baik, karena itu merupakan kesan pertama calon pelanggan kita terhadap produk atau jasa yang kita hasilkan. Apabila mereka telah melihat kualitas yang baik dari sampel kita, maka image mereka terhadap produk atau jasa kita pasti baik.
Akan tetapi, ada hal yang harus diingat, bahwa jangan pernah membedakan antara sampel dengan produk atau jasa yang kita pasarkan, karena jika sampel dan produk yang kita pasarkan ternyata kualitasnya berbeda baik dari rasa, warna, dan faktor lainnya, maka hal itu akan menimbulkan image buruk di mata konsumen dan hal tersebut bisa membuat calon konsumen tidak mau kembali kepada produk atau jasa yang kita hasilkan.
Mempunyai standard kerja agar kualitas yang dihasilkan selalu baik dan memuaskan pelanggan
Standard kerja yang baik merupakan hal yang patut diperhatikan agar kualitas produk atau jasa yang dihasilkan akan selalu baik dan memberikan kepuasan bagi pelanggan. Standar kerja sangat dibutuhkan agar berapapun kuantitas produk yang akan kita hasilkan untuk dipasarkan, maka kualitasnya tetap sama dan tetap baik.
Menjalankan strategi pemasaran word of mouth dan mengiklankan produk atau jasa kita di media yang tepat
Strategi pemasaran word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut merupakan salah satu bentuk promosi yang efektif untuk meyakinkan konsumen bahwa produk atau jasa yang kita hasilkan memang baik dan sudah pasti memuaskan. Karena itu, jika Anda selesai mempromosikan produk atau jasa Anda kepada satu pelanggan dan ia merasa puas, jangan lupa untuk berkata kepadanya agar ia memberitahukannya kepada kerabatnya yang lain, karena pendapat dan informasi dari seseorang sangatlah penting untuk menaikkan penjualan kita.
Selain word of mouth, kita juga perlu untuk mengiklankan produk atau jasa kita. Untuk mengiklankannya, pilihlah media yang tepat dan tentu saja harus yang segmentasi pasarnya cocok dengan produk atau jasa yang kita pasarkan. Dengan mengiklankan produk atau jasa kita, hal tersebut juga dapat membuat kita semakin mudah untuk meyakinkan calon pelanggan bahwa produk atau jasa yang kita hasilkan memang baik dan memuaskan.
(Emmanuella Chrisnatasha/AA/TML)