(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Wanita adalah konsumen yang sangat value-oriented. Dia akan menghitung dengan sangat cermat sebeapa dia bayar dan seberapa dia dapat. Karena value-focused, maka konsumen wanita di satu sisi selalu menginginkan mendapatkan benefit sebanyak mungkin dari produk yang dia beli , di sisi lain ia mengeluarkan biaya seminim mungkin. Oleh karena itu tak heran konsumen wanita paling suka menawar. Dengan sifat dasar yang suka menawar ini, ia sering dianggap sebagai konsumen yang price-conscius. Namun hal ini sangat rasional dari seorang customer wanita.
Wanita juga dikatakan sebagai smart costumer karena sebelum ia membeli sebuah produk ia akan mencari tahu secara detail keadaan produk yang akan dibelinya. Dengan teliti dia akan meninjau, melakukan survey mengenai produk yang akan dibeli bagaimana kualitasnya, bagaimana pengalaman orang-orang yang sudah menggunakan produk tersebut, dia juga paling senang membandingkan produk itu dengan produk-produk sejenis untuk mengetahui manakah yang paling menguntungkan buatnya.
Selain itu wanita akan mencari rekomendasi dari sesama konsumen wanita agar mendapatkan keputusan yang paling tepat dalam membeli sebuah produk. Biasanya faktor rekomendasi ini cukup kuat pengaruhnya untuk seorang wanita membeli sebuah produk. Pencarian informasi mengenai suatu produk ynag akan dibeli ini semakin berkembang pada saat ini. Pencarian informasi akan dilakukan melalui internet melalui situs-situs di internet, wadah komunikasi seperti Twitter, Facebook dan lain sebagainya. Melalui ini mereka akan berkembang menjadi customer yang knowledgeable.
Melalui media ini pula, para wanita akan semakin aktif untuk membandingkan fitur dan benefit sebuah produk sebelum mereka melakukan pembelian. Mereka juga akan aktif mencari program-program discount dan promotion yang dilakukan oleh brand tertentu. Akibatnya, mereka menjadi makin bijak dalam membeli dengan membandingkan benefit yang ditawarkan berbagai merk dan secara cerdasmemilih deal terbaik yang ditawarkan merk-merk tersebut.
Karena wanita memiliki kesibukan luar biasa dalam rumah tangga – mengurus dirinya, anak, suami atau kalau dia bekerja dia akan sibuk dengan pekerjaannya, maka dia tidak memiliki banyak waktu luang. Oleh karena itu konsumen wanita sangat menghargai convinience. Ia sangat menghargai produk-produk yang memungkinkan dia untuk menghemat waktu. Bumbu masak yang diramu dalam kemasan yang praktis dan siap saji, akan meiliki value yang tinggi karena memudahkan para wanita dalam mengerjakan aktivitas dan kesibukannya. Wanita memerlukan produk-produk yang memberikan solusi untuk menyelesaikan masalahnya, mempermudah pekerjaannya dan menyederhanakan pikirannya. Mereka adalah convinience-seeker sekaligus solution-seeker.
(Indriani Vera/AA/TML)