Tips Tips Untuk Mempertahankan Pembeli Loyal

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Dunia bisnis yang penuh persaingan disaat seperti ini sangat membutuhkan temuan-temuan baru dengan tujuan membuat pembeli tidak menjadi bosan dan jenuh dengan hal-hal  yang lama .

Seorang penjual yang pintar adalah penjual yang dapat dengan cepat dan jeli dapat melihat dan menangkap peluang yang ada . Hal ini dengan tujuan agar pelanggan setia tidak pergi begitu saja meninggalkan penjual dan tetap bertahan dengan penjual lama.

Bagaimana mempertahankan pelanggan supaya tetap loyal kepada penjual ?

Tips-tipsnya adalah sebagai berikut :
1. Dengan tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah tersebut bahkan kalau perlu memberikan ekstra tambahan layanan kepada nasabah dibandingkan pesaing yang lain.

2. Penjual tidak boleh menaikkan harga yang telah disepakati kedua belah pihak agar supaya tidak terjadi conflict of interest.. Ataupun kalau mau menaikkan harga maka haruslah disertai dengan fakta-fakta  yang menunjang hal ini, misalnya  apakah memang biaya yang dikeluarkan  sudah tidak seimbang dengan pendapatan yang diterimanya, sehingga harga produk kita perlu dinaikkan.

3. Penjual harus dengan rendah hati menerima kritikan dan menganggap hal itu sebagai kritikan untuk membangun bisnis itu sendiri.

4. Penjual harus selalu mau mendengar pendapat pembeli dan tidak boleh mempertahankan pendapatnya sendiri dengan berpatokan pada prinsip bahwa penjual selalu berada di tempat yang benar.

5. Selalu mau melihat pada kompetitor kita,  apakah yang sudah diberikan pesaing pada langganan kita dan menganalisa apakah dengan hal ini maka pembeli akan lari kepada penjual lain ? Kalau memang dari analisa kita, kita punya kekurangan maka perlu untuk ditambahkan.

Tips-tips ini sangat berguna bagi kemajuan penjualan . dan diharapkan dengan  tips ini maka akan meningkatkan penjualan dan pembeli yang loyal juga akan tetap bertahan terus.

 

 

(Lina Moses/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x