(The Manager’s Lounge – Services) – Value proposition adalah suatu pernyataan mengenai hasil yang didapatkan oleh pelanggan dengan menggunakan barang/jasa Anda. Value proposition yang baik sangatlah penting, karena turut menentukan kesuksesan barang/jasa Anda.
Value proposition meyakinkan pelanggan akan manfaat apa yang dapat Anda berikan pada mereka. Value proposition Anda haruslah dapat membedakan Anda dengan pesaing lainnya di industri yang sama. Melalui value proposition yang Anda nyatakan, harus tercermin keunggulan yang Anda miliki dibandingkan dengan kompetitor lain.
Jika value proposition Anda lemah, maka pelanggan tidak akan yakin dan mereka tidak akan membeli barang/jasa Anda. Lalu bagaimana cara membangun value proposition yang kuat?
Tiada cara lain selain bertanya langsung pada pelanggan yang saat ini Anda miliki. Tanyakan pada mereka value apa yang Anda berikan. Hal ini akan membuat Anda memahami real value dari barang/jasa Anda dan juga memberikan Anda peluang untuk memahami dari perspektif pelanggan.
Value proposition yang kuat tentunya akan memberikan manfaat besar bagi Anda. Pendapatan meningkat, pangsa pasar meningkat, dan pelanggan lebih loyal. Intinya, kinerja perusahaan Anda salah satunya ditentukan oleh value proposition yang baik.
(Rinella Putri/DH/TML)

