Apa Itu Perkiraan Pendapatan Dan Mengapa Itu Penting? (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Finance & Tax)

Aspek-aspek perkiraan pendapatan

Tidak ada pendekatan tunggal untuk memperkirakan pendapatan, karena situasi berubah dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Pendapatan memiliki berbagai sumber yang berbeda, termasuk penjualan produk, preferensi konsumen, dan sponsor dari pihak eksternal. Berikut ini adalah aspek-aspek perkiraan pendapatan, bagaimana hal itu memengaruhi perusahaan, dan cara perkiraan pendapatan Anda berubah karena setiap faktor:

Perilaku konsumen musiman
Memprediksi perilaku pelanggan adalah tugas yang rumit, tetapi sering kali mengikuti tren tertentu. Misalnya, pelanggan mungkin menghabiskan lebih banyak uang dalam dua bulan menjelang Natal, diikuti oleh penurunan pada bulan Januari dan peningkatan pengeluaran sekali lagi di musim panas sebagai respons terhadap perbaikan cuaca. Penyesuaian ini sering kali mudah diamati dan diprediksi, dan seorang peramal mempertimbangkannya dalam penilaian pendapatan mereka untuk jangka panjang.
Jenis barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan tempat Anda bekerja juga dapat menjadi faktor dalam hal ini. Misalnya, pengecer mode dapat berharap untuk menjual lebih banyak mantel wol di musim dingin dan lebih banyak kacamata hitam di musim panas. Hal ini karena permintaan untuk produk-produk ini berkaitan erat dengan cuaca musiman. Dengan mengamati hal ini secara akurat dan membuat prakiraan, Anda dapat menyesuaikan tingkat produksi dan stok yang sesuai.

Rilis produk
Meskipun menjual produk yang sama dapat menunjukkan tingkat konsistensi dalam pendapatan produk individual tersebut, karena pelanggan tahu persis apa yang dapat mereka dapatkan, rilis produk memengaruhi prakiraan pendapatan dalam berbagai cara. Estimasi dampak rilis produk terhadap pendapatan perusahaan sangat penting untuk memberi saran tentang strategi, seperti pemasaran produk yang dimaksud. Jika Anda memahami laba yang mungkin dihasilkan suatu produk sebelumnya, Anda dapat menetapkan anggaran akurat yang merencanakan pendanaan jangka panjang bagi perusahaan dengan lebih andal.
Mencantumkan beberapa prakiraan pendapatan untuk rilis produk merupakan pendekatan yang hati-hati. Ini berarti Anda dapat mengembangkan berbagai rencana untuk berbagai skenario sebelumnya, yang dapat menghemat waktu jika Anda ingin mengubah pendekatan dengan cepat. Misalnya, Anda dapat mengembangkan rencana jika penjualan melebihi jumlah tertentu, seperti mengamankan stok tambahan dari pemasok. Ini dapat mencakup skenario terbaik dan terburuk, yang memungkinkan Anda mempersiapkan berbagai skenario.

Pergeseran ekonomi
Selain pergeseran musiman dalam permintaan pelanggan, pergeseran di seluruh perekonomian memengaruhi cara perusahaan memperkirakan aliran pendapatan mereka. Jika Anda memperkirakan perekonomian akan mengalami periode booming, memiliki pemasaran yang diperlukan untuk memanfaatkan permintaan tinggi ini secara maksimal merupakan keuntungan signifikan yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis. Pasar yang kurang aktif berarti pemasaran yang terbatas merupakan cara yang baik untuk menghemat anggaran Anda. Menyesuaikan prakiraan pendapatan berdasarkan prakiraan ekonomi yang lebih luas bermanfaat dan membantu perusahaan menanggapi keadaan yang sedang berlangsung atau yang diharapkan.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)