Periklanan vs. Penjualan: Apa Perbedaannya? (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Marketing & Service) Berikut ini merupakan kelanjutan dari beberapa perbedaan utama antara periklanan dan penjualan:

3. **Dampak pada Arus Kas**
Periklanan dan penjualan memiliki pengaruh berbeda terhadap arus kas. Penjualan langsung menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Periklanan memungkinkan perusahaan menghasilkan lebih banyak uang secara keseluruhan, namun periklanan adalah pengeluaran bisnis daripada kegiatan yang langsung menghasilkan pendapatan.

Misalnya, jika perwakilan penjualan dari perusahaan yang menjual video latihan mempresentasikan produk langsung kepada konsumen, penjualan tersebut langsung menghasilkan pendapatan. Perusahaan dapat memutuskan untuk menyewa perusahaan periklanan untuk menggunakan strategi iklan televisi guna memasarkan video latihan tersebut. Perusahaan menanggung biaya periklanan dan produksi, tetapi juga melihat peningkatan pendapatan sebesar 25 persen sebagai hasil langsung dari iklan.

4. **Frekuensi**
Penjualan biasanya terjadi lebih jarang dibandingkan dengan periklanan, karena salah satu tujuan periklanan selain meningkatkan penjualan adalah meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk. Perwakilan penjualan secara berkala mengunjungi klien untuk memperbarui kontrak dan menawarkan peningkatan pada produk atau layanan. Di antara kunjungan tersebut, klien dapat melihat iklan produk yang sudah mereka beli. Hal ini dapat membantu meningkatkan citra positif bagi merek tersebut.

5. **Kontrak**
Perbedaan lainnya antara penjualan dan periklanan adalah sifat kontraknya. Dalam penjualan, sebuah penjualan menciptakan kontrak antara pembeli dan penjual. Seorang perwakilan penjualan mungkin akan menegosiasikan kontrak fisik dengan klien. Atau, konsumen yang membeli produk secara online dapat memasuki kontrak ketika mereka membeli produk, dengan asumsi produk tersebut berfungsi seperti yang dijanjikan, dan perusahaan dapat mengembalikan transaksi jika konsumen tidak puas. Dalam periklanan, kontrak hanya ada jika terjadi penjualan sebagai hasil dari iklan tersebut.

6. **Fungsi dan Strategi**
Penjualan dan periklanan memiliki fungsi yang berbeda dan menggunakan strategi yang berbeda dalam bisnis. Penjualan menggunakan strategi “dorongan” untuk meyakinkan orang membeli produk. Periklanan menyampaikan pesan kepada konsumen, menarik mereka melalui saluran distribusi produk perusahaan seperti situs web perusahaan.

Misalnya, seorang perwakilan penjualan perangkat lunak mungkin menggunakan teknik persuasif seperti penawaran terbatas waktu untuk mendorong klien menyetujui pembelian. Iklan untuk perangkat lunak yang sama dapat menggunakan naskah iklan persuasif untuk menarik perhatian penonton dan meyakinkan mereka untuk membeli perangkat lunak tersebut.

Periklanan vs. Penjualan: Persamaan Utama
Berikut adalah beberapa cara di mana periklanan dan penjualan serupa:
– **Tujuan**: Penjualan dan periklanan dapat memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan pendapatan perusahaan.
– **Presentasi**: Perwakilan penjualan dan pengiklan dapat menggunakan presentasi serupa untuk meyakinkan konsumen membeli produk.
– **Efektivitas**: Baik presentasi penjualan maupun iklan telah terbukti dapat meningkatkan konversi penjualan.

Bagaimana Peran Pemasaran di Dalamnya?
Pemasaran mengacu pada strategi yang digunakan perusahaan untuk menghubungkan pembeli dengan produk atau layanan. Periklanan dapat menjadi fungsi dari strategi pemasaran perusahaan. Pemasaran juga dapat menjadi fungsi dari penjualan, karena dapat membantu menghasilkan prospek. Pemasaran juga mirip dengan periklanan karena memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi target pasar untuk iklan. Ketiga fungsi ini dapat digunakan sebagai proses untuk membantu perusahaan menjual lebih banyak produk.

Misalnya, perusahaan jasa kebersihan mungkin menggunakan pemasaran untuk mengidentifikasi pasar pelanggan baru, seperti perempuan pekerja. Perusahaan dapat berinvestasi dalam iklan billboard dan cetak yang menarik bagi perempuan pekerja yang mungkin membutuhkan bantuan ekstra dalam mengurus rumah. Tujuan dari kampanye periklanan ini adalah untuk meningkatkan penjualan di kalangan pasar sasaran.