Delapan Langkah Dasar Dalam Siklus Akuntansi

Cost Avoidance vs. Cost Savings: Apa Bedanya? (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Finance & Tax)

Cara menghitung cost savings
Menghitung cost savings adalah proses yang relatif sederhana yang melibatkan hal-hal berikut: Tentukan harga produk atau layanan yang ingin Anda hemat. Ini adalah harga asli yang Anda harapkan bisa menghemat. Hitung harga baru, yang menciptakan penghematan yang Anda buat. Ini mungkin harga persediaan yang Anda peroleh setelah Anda menegosiasikan harga yang lebih rendah atau biaya tahunan hosting cloud, misalnya, setelah mengalihdayakan ke penyedia eksternal. Kurangi harga baru dari harga asli untuk menemukan selisih harga dan kemudian bagi selisih harga dengan harga asli. Kalikan selisih harga dengan 100 untuk menemukan persentase penghematan biaya. Sebagai contoh sederhana, jika seorang petugas pengadaan menegosiasikan harga pisang dari 25p menjadi 20p, ini menciptakan selisih harga sebesar 5p per pisang. Bagi lima dengan 25 untuk mendapatkan 0,2. Kalikan ini dengan 100 untuk menemukan bahwa persentase penghematan biaya adalah 20%.

Tips untuk memaksimalkan cost savings
Karena sebagian besar bisnis tidak beroperasi secara optimal sepanjang waktu, mungkin bermanfaat untuk melakukan penghematan biaya di seluruh bisnis. Tips berikut dapat memaksimalkan cost savings dan meningkatkan profitabilitas:

Kurangi biaya pemasaran
Banyak bisnis menghabiskan banyak uang untuk pemasaran tanpa selalu mengukur atau mengetahui nilai sebenarnya dari kampanye mereka. Media sosial, lalu lintas pencarian organik, dan iklan digital berbayar menawarkan cara hemat biaya untuk memasarkan bisnis Anda secara online tanpa mengeluarkan banyak uang. Pemasaran media sosial dan pemasaran konten menawarkan cara berbiaya rendah untuk mempromosikan bisnis secara online. Untuk bisnis yang lebih kecil, spesialis pemasaran internal yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan pemasaran lintas saluran bisa menjadi opsi yang lebih terjangkau daripada bekerja dengan agen pemasaran.

Outsourcing tugas
Outsourcing tugas juga dapat membantu mengurangi biaya. Jika Anda menjalankan bisnis kecil atau menengah yang tidak memerlukan staf penuh waktu dalam peran spesialis seperti IT dan penggajian, outsourcing kegiatan ini ke pemasok eksternal dapat menghemat uang. Perusahaan spesialis memiliki pengetahuan dan sumber daya untuk mengelola sistem IT dan akun dengan efisien dan outsourcing berarti perusahaan mendapat manfaat dari bakat dan aset bisnis lain. Ini membantu menjaga biaya tetap rendah dan berarti karyawan dapat fokus pada tugas yang sesuai dengan keterampilan dan kemampuan mereka.

Investasi dalam teknologi
Teknologi dapat menjadi sumber strategi penghematan biaya untuk bisnis kontemporer. Menerapkan teknologi yang sesuai adalah cara efektif untuk mengurangi biaya operasional untuk tujuan cost avoidance maupun cost savings. Contohnya adalah otomatisasi. Perangkat lunak otomatisasi mampu melakukan tugas-tugas sederhana di tempat kerja. Ini mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan karyawan untuk tugas manual dan meningkatkan produktivitas mereka karena memungkinkan mereka fokus pada aktivitas yang menambah nilai bagi pelanggan dan pengguna akhir.

Negosiasi harga
Menegosiasikan dengan pemasok dan vendor adalah cara efektif untuk melakukan penghematan biaya tidak peduli industri apa pun tempat bisnis beroperasi. Dimungkinkan untuk menegosiasikan harga untuk kontrak baru dan yang sudah ada. Negosiasi untuk persyaratan yang lebih baik dapat menghasilkan penghematan signifikan dari waktu ke waktu, menjadikannya layak dilakukan meskipun ini berarti menghabiskan lebih lama dalam pengadaan. Cari harga terbaik dan bujuk pemasok untuk menawarkan diskon jika Anda membeli dalam jumlah besar atau melakukan pesanan berulang.

Mengurangi biaya administrasi
Biaya administrasi berkontribusi signifikan terhadap overhead bisnis. Biaya administrasi mencakup tagihan telepon, polis asuransi, dan pembayaran utilitas. Meninjau perjanjian dengan penyedia layanan dapat membantu mengidentifikasi area di mana penghematan biaya mungkin dilakukan. Sebagai contoh, Anda mungkin menyadari bahwa Anda membayar terlalu mahal untuk broadband dibandingkan dengan penawaran lain di pasar, yang mendorong Anda untuk bernegosiasi harga lebih rendah dengan penyedia saat ini atau beralih ke tarif broadband lain.

Praktikkan akuntansi yang efisien
Pemilik usaha kecil dan menengah mungkin melakukan akuntansi sendiri untuk menghemat uang, tetapi ini bisa berarti mereka kehilangan manfaat finansial. Dengan mengoptimalkan akun dan pelaporan keuangan, Anda dapat mengurangi beban pajak bisnis dan membuat penghematan pada tagihan pajak. Mempekerjakan penasihat pajak atau akuntan spesialis bahkan untuk sementara waktu dapat membantu usaha kecil mencapai akuntansi yang efisien.