(Business Lounge Journal – Entrepreneurship)
Kata “hampers” selalu terasosiasi dengan bingkisan yang menarik dengan bermacam-macam isi yang ditata dengan rapi. Ini tentu akan sangat digemari. Pengertian hampers ini sendiri sebenarnya sebuah keranjang bingkisan yang terbuat dari anyaman. Akan selalu populer pada hari-hari besar. Namun tidak tertutup kemungkinan hampers dikirimkan pada hari ulang tahun atau peringatan-peringatan lainnya.
Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat usaha hampers ini untuk dapat meraih banyak dalam keuntungan. Karena ternyata dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda akan mendapat keuntungan yang cukup banyak.
Bahkan bagaimana cara untuk memulainya? Tidak sulit! Usaha ini sangat cocok untuk para pemula yang baru saja belajar untuk memulai bisnisnya. Mau tahu bagaimana cara-caranya?
1. Siapkan modal
Setiap bisnis pada umumnya akan membutuhkan modal secara finansial. Hal ini termasuk bagian yang paling penting untuk disiapkan terutama dalam membeli barang-barang yang mengisi hampers, lalu keranjang, aksesoris, serta kartu ucapan. Anda harus menghitungnya dengan tepat sehingga memiliki gambaran yang tepat berapa modal yang Anda butuhkan. Jangan lupa juga untuk memperhitungkan biaya operasional harian.
2. Menentukan kategori hampers
Setelah mengetahui dan sudah menentukan siapa yang menjadi target pasarnya, maka selanjutnya yang harus di lakukan adalah menentukan jenis hampersnya. Anda juga perlu menentukan apakah Anda mau fokus untuk menjualsatu jenis produk saja atau mau untuk beberapa kategori yang menarik lainnya. Untuk itu, para pebisnis harus menyusun dan merancangkan apa saja isi dari sebuah hampers tersebut. Atau kalaupun tetap ingin membuat untuk beberapa jenis hampers, maka baiknya dibuatkan juga berupa katalog hampers sesuai jenis, ukuran, jumlah isi, dan juga harganya supaya dapat mempermudah untuk para konsumen dalam memilih jenis hampers yang mereka butuhkan.
3. Menentukan target
Hampir semua pebisnis – terutama yang baru memulai sebuah usaha – perlu melakukan riset supaya dapat menentukan target pasarnya, sehingga tepat sasaran. Bahkan sebagai pengusaha, kita juga harus lebih tahu tentang apa dan kepada siapa produk yang kita jual ini. Salah satu caranya, yaitu dengan mengamati kebiasaan para konsumen pada moment tertentu, misalkan apakah bertepatan dengan hari raya? Adakah kebutuhan khusus yang saat ini sedang tren?
Setelah diputuskan hampers seperti apa yang akan didagangkan, maka berikutnya tentukanlah target pasarnya. Apakah untuk semua kalangan? Atau untuk anak-muda yang ada di perkotaan? Atau untuk para profesional yang memang membutuhkan hampers untuk mereka kirimkan kepada rekan kerja profesional mereka.
4. Mencari vendor
Anda dapat bekerja sama dengan pihak ketiga sebagai vendor Anda. Carilah vendor yang berkualitas dan juga terpercaya. Carilah vendor yang bisa menyediakan banyak jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan dan yang menawarkan harga lebigh murah. Seperti kita ketahui, membeli produk-produk pengisi hampers secara grosir dapat menjadi lebih murah. Dengan demikian, buatlah kerja sama yang baik dengan para vendor supaya dapat terus memasok barang dengan baik.
5. Menentukan strategi marketing
Dalam dunia bisnis dibutuhkan adanya strategi marketing yang perlu dirancang secara luas untuk ke depannya. Untuk itu diperlukan untuk menganalisis target untuk konsumen, tujuan pemasaran, tempat untuk berjualan, dan juga bagaimana cara menjualnya. Anda juga dapat mengamati competitor dan mengidentifikasi kelemahan serta kekuatan dari pebisnis yang lain juga membandingkannya dengan bisnis kita sendiri.
Bila Anda sudah berhasil menganalisis, baru dapat kembali memikirkan strategi pemasaran apa yang paling cocok untuk dilakukan. Cara ini sangat sangat efektif untuk menjangkau para calon konsumen.
Strategi lain yang dapat dilakukan antara lain, seperti:
– Membuat packaging yang menarik – ini menajdi salah satu nilai jual. Perlu untuk merancang kemasan hampers dengan menarik bahkan dibuat secara aesthetic supaya konsumen yang melihatnya tertarik dan jatuh hati ketika pertama kali melihatnya.
– Dapat memesan secara custom, karena tidak bisa dipungkiri kalau beberapa konsumen ingin memesan hampers yang terlihat spesial dan berbeda dari kebanyakkan orang lain.
– Menyediakan segala ukuran. Ini juga perlu untuk diperhitungkan – mengisinya dengan beberapa varian dan juga ukuran dari hampers yang akan dijual.
– Menyiapkan katu ucapan, menjadi ciri khas dalam memberikan hampers. Karena itu tidak kalah penting untuk menyediakan kartu ucapan dengan desain yang menarik dan unik.
– Mengikuti trend juga menjadi salah satu kunci untuk menarik konsumen. Hampers banyak dicari menjelang satu atau dua minggu hari besar atau peringatan. Lakukan dengan merancangkan strategi, membuat katalog, membuat promosi, dan juga memproduksi hampers itu sendiri.
6. Kekuatan media sosial
Selain mengandalakkan marketplace, Anda juga dapat memanfaatkan media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, juga Twitter. Dengan demikian Anda diharapkan dapat menjangkau konsumen yag lebih luas lagi.
Anda juga dapat menciptakan brand awareness di media sosial, supaya para calon konsumen akan selalu mengingat usaha hampers Anda. Salah satu caranya dengan membuat konten berupa foto atau video hampers secara rutin yang diunggah pada akun media sosial Anda.
Dapat juga dilakukan dengan cara lain seperti:
– Memanfaatkan orang-orang terdekat. Ini salah satu strategi marketing yang paling cocok untuk para pemula usaha – word of mouth atau istilah lainnya dari mulut ke mulut. Dengan cara memasarkan usaha hampers ini kepada orang-orang terdekat yang sudah kita kenal terlebih dahulu. Contoh: keluarga dekat, sahabat, teman kerja, hingga tetangga.
Jangan lupa untuk Anda meminta feedback dari mereka sebagai bahan evaluasi ke depannya. Sehingga kalau memang produk hampers Anda bagus, maka mereka dengan sendirinya akan merekomendasikan produk Anda kepada teman teman mereka yang lain. Hal ini akan membantu usaha Anda untuk mencapai pasar yang lebih luas.
– Lewat dunia marketplace. Anda dapat memanfaatkan Tokopedia, Shopee, atau berbagai tempat penjualan online lainnya. Saat ini, Marketplace masih menjadi salah satu sarana yang paling sering digunakan oleh orang-orang di Indonesia untuk pembelian barang. Marketplace juga sering kali menyediakan program- program promosi yang dapat membuat barang- barang Anda akan lebih dilirik oleh calon konsumen.
– Buatlah promo yang menarik. Nah hal ini pasti sangat dicari oleh banyak pelanggan, yaitu melakukan strategi pemasaran dengan melakukan promosi.
7. Kerjasama dengan jasa pengiriman
Ketika sudah diputuskan untuk menjual dengan cara online, maka salah satu yang harus Anda perhatikan adalah memilih jasa pengirimannya. Pilihlah agen yang tepat sehingga paket hampers Anda akan tiba di tangan konsumen dengan selamat dan tidak rusak.
Tentukan jasa ekspedisi yang pasti berkualitas dan tidak sembarangan. Atau bisa juga dengan cara meminta jasa pengiriman untuk mengambil sendiri paketnya ke rumah tersebut dan tidak perlu repot- repot untuk mengantarkan sampai ke tempat mereka.
8. Pembukuan yang baik
Hal yang terakhir untuk Anda perhatikan adalah bagaimana melakukan pembukuan secara baik dan rapi dalam bisnis Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui setiap transaksi pengeluaran dan pemasukkan yang terjadi. Pembukuan yang baik akan membantu Anda menganalisa apakah bisnis Anda sudah menghasilkan keuntungan atau belum. Apakah sudah balik modal atau belum, dan sebagainya.
Salam sukses.