(Businesslounge Journal-Markerting & Service)
Relevansi prinsip dasar pemasaran
Tren-tren ini diperkirakan akan memengaruhi pemasaran tahun ini, namun hal itu tidak berarti Anda harus segera menghentikan apa yang Anda lakukan dan beralih menggunakan teknologi berbeda dan lebih maju untuk memasarkan bisnis Anda secara efektif.
“Prinsip dasar tentang cara Anda memasarkan dan membangun merek tidak berubah – terlepas dari apa yang dikatakan semua orang – dalam 10 atau 15 tahun terakhir,” kata Allen Adamson, asisten profesor di Stern School of Business di New York University dan salah satu pendiri Metakekuatan. “Apa yang telah dilakukan teknologi secara keseluruhan memperbesar apa yang dulunya benar.”
Adamson menjelaskan bahwa meskipun alat pemasaran baru yang canggih diluncurkan setiap tahun, pemasaran dari mulut ke mulut tetap penting. Beberapa dekade yang lalu, konsumen mungkin bertanya kepada teman mereka ke mana harus mencari hamburger terbaik di kota. Sekarang, kata Adamson, orang-orang “bertanya kepada semua teman mereka” dengan melakukan pencarian cepat di internet dan membaca ulasan tentang kedai burger di daerah tersebut.
Perubahan dalam teknologi tidak mengubah konsep inti pemasaran, namun teknologi baru memperbesar setiap kemenangan dan kegagalan. Sebelumnya, menyajikan burger yang tidak enak kepada satu pelanggan mungkin menyebabkan pelanggan yang tidak senang tersebut menyuruh temannya untuk tidak makan di sana. Kini, ulasan Yelp yang marah dapat menghalangi ratusan calon pelanggan.
Memahami alat-alat teknologi baru dapat sangat bermanfaat bagi bisnis Anda, namun jika Anda tidak memahami bagaimana teknologi dapat membantu Anda, tidak ada gunanya menambahkan alat-alat baru ke dalamnya. Adamson, yang menjadi penasihat perusahaan seperti Marriott dan HBO sebagai ketua Landor Associates di Amerika Utara, mengatakan banyak perusahaan terlalu terjebak dalam alat pemasaran terbaru dan terhebat.
“Ini seperti menonton anak usia delapan tahun bermain sepak bola: Itu hanya sebuah bola dan tidak ada yang bertahan,” katanya. “Semua orang mengejar objek baru yang mengilap itu. Apa pun teknologi yang Anda beli, jika Anda tidak tahu cara menggunakannya dengan baik, hal itu tidak akan memberi Anda keunggulan kompetitif di pasar.”
Anda mungkin tidak perlu bertindak berdasarkan setiap tren yang dibahas dalam artikel ini. Di sisi lain, menambahkan chatbot atau menggunakan konten yang lebih autentik dalam bauran strategi pemasaran Anda saat ini dapat membawa bisnis Anda ke tingkat keterlibatan pelanggan dan kesuksesan finansial yang baru.
Bagaimana memutuskan teknologi pemasaran baru mana yang akan diterapkan
Memutuskan teknologi mana yang akan diterapkan dalam operasi Anda bergantung pada kebutuhan bisnis Anda dan keinginan pelanggan Anda. Anda mungkin lebih baik tidak mengadopsi tren pemasaran baru, terutama jika Anda tidak memahami teknologinya logis tetapi melakukannya hanya karena bisnis lain menggunakannya.
“Sementara kita bergerak semakin cepat menuju dunia yang didominasi teknologi, usaha kecil dan menengah perlu memprioritaskan tren teknologi yang dapat mereka manfaatkan untuk pertumbuhan bisnis yang lebih besar,” kata Ryan Gould, wakil presiden layanan strategi dan pemasaran di Elevation Marketing . “Bagaimana cara mereka melakukan itu? Mereka perlu menanyakan empat pertanyaan berikut:
Siapa audiens saya?
Apa dan dimana kesenjangan bisnis saya?
Akankah teknologi ini membantu menutup kesenjangan bisnis saya?
Apakah saya memiliki sumber daya untuk mempertahankan teknologi ini dalam jangka panjang?”
Gunakan pertanyaan Gould sebagai pemeriksaan untuk memastikan Anda tidak mengikuti tren pemasaran yang tidak sesuai dengan bisnis Anda secara tidak perlu.
Pemasaran digital adalah ruang yang terus berkembang
Pemasaran pada akhirnya adalah tentang orang-orang dan bagaimana bisnis Anda terhubung dengan mereka. Dan sama seperti manusia, pemasaran selalu berubah. Saat Anda mengembangkan dan meluncurkan kampanye pemasaran digital, pertimbangkan tren teknologi dan perilaku manusia yang paling menonjol. Dengan menyusun kampanye yang memanfaatkan alat-alat terbaru dan berbicara kepada zeitgeis saat ini, Anda dapat yakin bahwa merek Anda akan mendapatkan daya tarik dari audiens target Anda.