(Businesslounge Journal-Marketing)
Setiap agen pemasaran berbeda dan mungkin menawarkan layanan unik atau khusus. Berikut ini merupakan kelanjutan tugas-tugas yang ditangani oleh sebagian besar perusahaan pemasaran :
-Pengembangan web. Setiap bisnis membutuhkan situs web, dan banyak perusahaan pemasaran menawarkan layanan pengembangan web. Mereka dapat membangun situs web baru dari awal atau mengoptimalkan situs web Anda yang sudah ada. Pengembangan web juga biasanya mencakup pemeliharaan situs dan manajemen hosting, sehingga meringankan beban administratif perusahaan Anda.
-Pencitraan merek dan desain. Pencitraan merek dan desain merupakan bagian integral dari cara audiens memandang bisnis Anda. Pencitraan merek mencakup segalanya, mulai dari materi pemasaran hingga nilai-nilai inti organisasi Anda. Desain mendukung branding dengan memberikan konsistensi visual untuk memperkuat pesan merek Anda. Apakah Anda memerlukan desain ulang logo atau dukungan dalam mengembangkan pesan merek Anda secara menyeluruh, perusahaan pemasaran dapat membantu.
-Pemasaran konten. Setiap kata di situs web Anda, akun media sosial, kampanye email, dan publikasi eksternal dianggap sebagai konten. Pemasaran konten dan SEO terkait erat, memastikan Anda mengembangkan konten yang paling mungkin menjangkau target pelanggan Anda. Pemasaran konten mencakup konten web Anda, termasuk blog bisnis Anda. Agen pemasaran yang baik memanfaatkan konten ini untuk digunakan di semua saluran pemasaran guna mengembangkan pesan merek yang konsisten yang sesuai dengan audiens Anda.
-Email Pemasaran. Email adalah salah satu saluran paling efektif untuk mendorong konversi. Email pemasaran mencakup aspek-aspek seperti segmentasi pelanggan, penulisan baris subjek, dan konten email. Ini juga mencakup frekuensi pengiriman Anda er konten email kepada pengguna dan tindakan apa yang memicu email tertentu. Misalnya, pengguna meninggalkan keranjangnya di toko e-niaga Anda. Dalam hal ini, Anda dapat menyiapkan rencana pemasaran email untuk secara otomatis memicu pesan dengan baris subjek “Selesaikan pembelian Anda”, dengan tautan yang dapat diklik ke keranjang pengguna di badan email.
-Pemasaran media sosial. Saluran sosial seperti Facebook dan Instagram dapat membantu membangun audiens Anda dan menghasilkan prospek. Strategi pemasaran media sosial bergantung pada sifat bisnis Anda dan platform yang paling cocok untuk menjangkau audiens Anda. Namun, upaya pemasaran ini harus mencerminkan pesan merek dan rencana pemasaran konten Anda yang lebih luas. Perusahaan pemasaran yang berpengalaman akan mengelola saluran media sosial Anda dan mengoptimalkan interaksinya dengan pemasaran Anda lainnya.
-Iklan berbayar. Iklan berbayar mencakup iklan bayar per klik (PPC) dan konten bersponsor secara online. Ini juga mencakup upaya pemasaran konvensional, seperti hubungan masyarakat dan iklan cetak, radio dan televisi. Perusahaan pemasaran yang baik mengidentifikasi di mana bisnis Anda dapat mewujudkan laba atas investasi terbesar untuk peluang iklan berbayar dan mengembangkan strategi yang sesuai.
Beberapa perusahaan pemasaran menawarkan semua layanan ini dan lebih banyak lagi, sementara yang lain mungkin berspesialisasi dalam satu atau dua bidang tertentu. Memahami layanan mana yang paling Anda butuhkan akan membantu Anda memprioritaskan anggaran dan memilih agen pemasaran yang tepat untuk bisnis kecil Anda.
Bagaimana cara kerja penetapan harga untuk perusahaan pemasaran?
Harga perusahaan pemasaran sangat individual. Penetapan harga biasanya bergantung pada ukuran bisnis Anda, cakupan kebutuhan pemasaran Anda, dan biaya perusahaan pemasaran. Misalnya, agen pemasaran butik yang hanya mengelola media sosial Anda kemungkinan besar akan mengenakan biaya lebih murah daripada perusahaan pemasaran korporat yang mengambil alih manajemen merek di berbagai saluran. “Keterjangkauan sangat penting saat ini, namun nilai jauh lebih penting,” kata Wyatt. “Jika Anda menghabiskan $1.000 sebulan untuk melakukan iklan Facebook sendiri atau $2.500 sebulan untuk kontraktor tunggal, atau $7.500 sebulan untuk agensi, keuntungan Anda kemungkinan besar akan sangat berbeda.”
Meskipun harga bervariasi, akan sangat membantu jika Anda memiliki pemahaman dasar tentang apa yang mungkin Anda temui saat melakukan riset pasar. Biaya rata-rata jasa pemasaran adalah sebagai berikut:
-SEO. Sebagai layanan berkelanjutan, SEO umumnya diberi harga bulanan. Tergantung pada kebutuhan Anda, biayanya bisa berkisar antara $1.500 hingga $5.000 per bulan.
-PPC. Jika Anda berencana untuk menggunakan pemasaran PPC, perkirakan biayanya antara 5% dan 20% dari anggaran iklan bulanan Anda.
-Email Pemasaran. Bergantung pada luas dan kecanggihan upaya pemasaran email Anda, perkirakan untuk membayar antara $300 dan $5.000 setiap bulan. Kampanye sederhana lebih murah dibandingkan kampanye yang menyertakan pemicu dinamis untuk melibatkan pengguna yang telah memulai aktivitas tertentu.
-Pemasaran media sosial. Bergantung pada kebutuhan pemasaran sosial Anda, biayanya bisa berkisar antara $900 hingga $20.000 per bulan.
-Desain situs web. Bergantung pada kebutuhan Anda, proyek pengembangan situs web dapat menelan biaya antara $2.500 dan $100.000. Bagi sebagian besar usaha kecil, sebuah proyek seharusnya menelan biaya tidak lebih dari $10.000. Pastikan untuk meminta detail spesifik beserta perkiraannya.
Menemukan perusahaan pemasaran terbaik untuk bisnis Anda
Apakah Anda memerlukan dorongan untuk pemasaran media sosial atau praktik terbaik SEO Anda, perusahaan atau layanan pemasaran dapat membantu bisnis Anda memperluas strategi pemasarannya. Saat Anda mencari mitra pemasaran untuk membantu perusahaan Anda, prioritaskan tujuan pemasaran bisnis Anda. Dengan cara ini, perusahaan pemasaran yang Anda pekerjakan dapat memenuhi kebutuhan Anda dan membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya.