Googling Aja! Ini Kata yang Paling Banyak di-Googling

(Business Lounge Journal)

Sekarang ini, ketika orang tidak tahu jawaban untuk sesuatu, maka dengan mudah orang akan menyarankan, “Googling aja!” Saya rasa, Anda pun melakukannya di dalam keseharian Anda. Tidak perlu susah-susah menghubungi orang lain untuk mendapatkan jawaban, melainkan cukup menuliskan apa yang ingin Anda ketahui pada mesin pencari Google. Sekitar 8% instruksi yang dituliskan pada Google pun ternyata dicantumkan sebagai pertanyaan. Hal ini seperti dibahas oleh Similarweb, sebuah perusahaan perangkat lunak & data yang berspesialisasi dalam analisis web, lalu lintas web, dan kinerja.

Sejak didirikan pada tahun 1998, Google telah menjawab banyak pertanyaan dari waktu ke waktu. Menarik untuk melihat pertanyaan apa yang paling banyak dilontarkan oleh pengguna Google hingga tahun 2023, seperti data yang telah dirilis oleh Similarweb. Berikut adalah 10 pertanyaan teratas yang paling banyak dicari pada tahun 2023 di seluruh dunia.

Search Terms Volume Traffic Organic Paid Traffic Leader
what 2,015,720 596,497 100.00% 0.00% whatsapp.com
what to watch 1,166,270 5,016 100.00% 0.00% youtube.com
how to delete instagram account 684,420 309,320 100.00% 0.00% instagram.com
how to tie a tie 521,320 25,434 100.00% 0.00% youtube.com
how to screenshot on windows 315,660 68,674 100.00% 0.00% businessinsider.com
how to delete facebook account 304,890 280,610 100.00% 0.00% facebook.com
how to deactivate facebook 297,430 346,700 100.00% 0.00% facebook.com
how to screenshot on mac 282,310 26,820 100.00% 0.00% apple.com
how to deactivate instagram 274,810 143,775 100.00% 0.00% instagram.com
how much house can i afford 246,740 40,403 80.09% 19.91% nerdwallet.com

Berikut adalah beberapa hal yang menarik dari statistik tentang pertanyaan yang paling sering diajukan di Google secara global.

1) Screen time is on the up

Seperti 10 daftar teratas, maka kueri pertanyaan paling dicari “what” – sebenarnya seperti menunjukkan kemalasan. Namun demikian pada kenyataannya pertanyaan tersebut diasumsikan mengarah ke Web Whatsapp. Selain itu kata “what” diketikkan untuk mengetahui “apa yang harus ditonton”. Sebagai jawaban, Google pun mengarahkan pengguna pada YouTube. Selain itu selama Januari hingga Juni 2023, beberapa rekomendasi yang muncul untuk ditonton, seperti The World Cup, Everything Everywhere All At Once, Super Bowl, John Wick, The Office, Knives Out, dan Young Sheldon.

2) Saat-saat “buruk” untuk media sosial

Mengapa dikatakan saat yang buruk? Pada kenyataannya, dalam daftar istilah yang paling banyak dicari di Google dan pertanyaan pencarian terbanyak, maka ada banyak pertanyaan bagaimana cara menghapus akun sosial media yang dimiliki pengguna, seperti “cara menghapus akun instagram”, “cara menghapus akun facebook”, “cara menonaktifkan facebook” atau “cara menonaktifkan instagram”. Tidak hanya itu, pertanyaan yang sama juga terkait dengan Twitter, LinkedIn, dan Spotify. Namun pada 100 pertanyaan teratas itu tidak ditemukan Tik tok.

3) Tahun baru, pekerjaan baru

Ketika memasuki tahun baru, terkadang muncul keinginan untuk sebuah perubahan, terutama dalam hal pekerjaan. Maka beramai-ramai para pengguna Google melemparkan pertanyaan seputar mendapatkan pekerjaan baru, seperti cara menulis resume, berapa lama seharusnya surat lamaran, cara mengikat dasi, cara memperkenalkan diri, hingga cara menegosiasikan gaji.

4) ChatGPT

Ramainya pemberitaan tentang ChatGPT membuat banyak orang penasaran dan mencari tahu lebih lagi tentang teknologi AI ini. Meskipun pada beberapa bulan terakhir telah terjadi penurunan pada jumlah pencarian kata “ChatGPT”, namun jumlah pencariannya masih menggambarkan rasa ingin tahu banyak orang tentang apa itu Chatgpt.

5) Titanic

Menyangkut peristiwa yang menimpa OceanGate Titan pada bulan Juni lalu, maka kata Titanic pun melejit menjadi termasuk kata ke-33 terbanyak yang banyak diketikkan orang pada Google. Sementara sebelum Juni yang lalu, hampir dapat dikatakan tidak ada yang tertarik pada sejarah Titanic.