(Business Lounge Journal – Finance & Tax)
Akuntansi manajemen merupakan akuntansi yang khusus untuk pengambilan keputusan strategis berdasarkan keuangan perusahaan. Berikut cara menggunakannya untuk bisnis Anda. Akuntansi manajemen memanfaatkan data keuangan perusahaan untuk pengambilan keputusan strategis kepemimpinannya.
Metode akuntansi ini bekerja dalam pengaturan anggaran, peramalan, pengaturan indikator kinerja utama, dan pengelolaan tujuan tim.
Akuntansi manajerial mencakup analisis margin dan analisis kendala untuk perencanaan jangka panjang perusahaan.
Artikel ini ditujukan untuk pemilik dan manajer usaha kecil yang ingin meningkatkan literasi keuangan dan praktik akuntansi mereka.
Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen berbeda secara signifikan dalam analisis dan laporan yang digunakan, serta wawasan yang ditawarkan masing-masing. Sementara mereka bervariasi dalam kompleksitas setup, kebanyakan perusahaan perlu menggunakan akuntansi keuangan dan manajerial, jika hanya secara terbatas. Jika tidak, manajer perusahaan terpaksa membuat keputusan yang kurang tepat.
Akuntansi manajemen adalah proses menganalisis informasi tentang keuangan perusahaan, menafsirkannya dan menggunakannya untuk membuat keputusan tentang bisnis. Proses ini terjadi di berbagai tingkat organisasi, tetapi umumnya melibatkan manajer dari berbagai tim dan departemen yang membuat anggaran, prakiraan, dan jadwal, kemudian mempresentasikannya kepada manajemen senior untuk pengambilan keputusan. Dengan menggunakan akuntansi keuangan, manajer dapat memperoleh wawasan tentang keuangan perusahaan di masa lalu atau saat ini, tetapi akuntansi manajeriallah yang memungkinkan mereka menerjemahkan wawasan ini ke dalam analisis yang dapat ditindaklanjuti.
Panduan ini menjelaskan perbedaan antara setiap jenis akuntansi, serta bagaimana bisnis dapat menggunakan keduanya untuk saling melengkapi.
Apa itu akuntansi manajemen?
Akuntansi manajemen adalah ketika manajer bisnis mengidentifikasi, menganalisis, dan menafsirkan informasi kunci tentang keuangan perusahaan dan menyajikan informasi itu kepada manajer senior. Informasi ini memainkan peran penting dalam keputusan bisnis berdasarkan keadaan keuangan, prakiraan, dan tren perusahaan.
Akuntansi manajerial mirip dengan akuntansi keuangan karena akuntansi keuangan juga melibatkan penyusunan laporan. Namun, analisis dan laporan dalam laporan akuntansi manajemen didasarkan pada pernyataan dan laporan yang disiapkan dalam akuntansi keuangan dan digunakan untuk menarik kesimpulan tentang bisnis tertentu dan arah yang harus diambil.
Seperti akuntansi keuangan, akuntansi manajemen sering dibantu dengan penggunaan perangkat lunak akuntansi. Sama seperti kebanyakan perangkat lunak akuntansi bisnis kecil memudahkan untuk menghasilkan laporan akuntansi keuangan, perangkat lunak juga dapat memudahkan untuk menghasilkan laporan dan prakiraan khusus berdasarkan data ini.
Apa pentingnya akuntansi manajemen?
Akuntansi manajemen sangat penting bagi bisnis karena memungkinkan mereka menerjemahkan data keras tentang keuangan mereka ke dalam laporan yang dapat dianalisis dan digunakan untuk keputusan bisnis strategis. Lagi pula, akuntansi keuangan tidak berarti apa-apa jika Anda tidak menerapkan wawasan pada rencana dan keputusan Anda untuk bisnis Anda.
Ini adalah beberapa keputusan bisnis penting yang melibatkan akuntansi manajemen:
Penganggaran biaya
Peramalan penjualan dan biaya variabel
Menetapkan tujuan untuk bisnis, tim dan departemen individu, dan bahkan karyawan tertentu
Melacak indikator kinerja utama (KPI) untuk mengukur kemajuan
Menentukan nilai untuk membeli atau menjual bisnis atau aset tertentu
Apa saja tantangan akuntansi manajemen?
Sementara akuntansi manajemen dapat membantu bisnis dalam banyak hal, itu masih menghadirkan tantangan. Untuk satu hal, Anda harus membuat laporan agar metode ini membantu (walaupun sebagian besar perangkat lunak akuntansi membuat ini relatif mudah). Selain itu, sementara akuntansi manajerial memudahkan untuk mengkonsolidasikan data ke dalam analisis yang dapat digunakan, itu tidak membuat keputusan untuk Anda. Anda (atau manajer menengah bisnis Anda) harus mengandalkan pengalaman dan pengetahuan Anda selama bertahun-tahun untuk menafsirkan informasi dan membuat keputusan terbaik untuk bisnis Anda. Meskipun akuntansi manajemen dapat memberikan kejelasan pada keputusan ya atau tidak yang sederhana (seperti apakah akan membeli aset atau menjual divisi), pemilihan di antara beberapa pilihan tidak terlalu membantu.
Terakhir, keputusan yang Anda atau manajer Anda buat setelah meninjau laporan akuntansi harus didasarkan tidak hanya pada wawasan eksekutif, tetapi juga toleransi risiko bisnis Anda, norma industri, di mana perusahaan berada dalam siklus pertumbuhan, dan spesifikasi Anda.
Apa saja fungsi akuntansi manajemen?
Ada banyak kegunaan untuk akuntansi manajemen. Sebagian besar perusahaan tidak menggunakan semuanya, tetapi kasus penggunaan yang relevan bervariasi menurut organisasi, seringkali tergantung pada ukuran perusahaan, industri, dan bahkan praktik dan preferensi masing-masing manajer.
Berikut adalah beberapa fungsi akuntansi manajemen yang dilayani:
Menentukan biaya persediaan atau pekerjaan
Menghitung titik impas
Menentukan hambatan dan keterbatasan bisnis (constraints)
Mengoptimalkan biaya produk atau pekerjaan
Menganalisis tren pendapatan dan pengeluaran
Menetapkan anggaran perusahaan dan departemen
Menganalisis biaya transaksi dan efisiensi
Menetapkan harga dan target penjualan atau kuota
Beberapa perusahaan mungkin menggunakan akuntansi manajemen untuk melakukan semua hal ini, tetapi kebanyakan bisnis hanya menggunakan beberapa fungsi ini berdasarkan kebutuhan mereka. Akuntansi manajemen dirancang untuk membantu manajer membuat keputusan, sehingga praktik individu sangat bervariasi berdasarkan kebutuhan spesifik manajer dalam tim, departemen, atau perusahaan tertentu.
Apa saja jenis-jenis akuntansi manajerial?
Analisis margin : Mengukur manfaat dari setiap unit produksi tambahan atas biaya tambahan itu
Analisis kendala : Mengidentifikasi kemacetan dan keterbatasan dalam operasi perusahaan
Tren dan peramalan : Menunjukkan pergerakan terarah dalam bisnis perusahaan dan memproyeksikannya ke masa depan
Penganggaran : Membantu mengatur tingkat pengeluaran untuk tim, departemen, dan organisasi
Penilaian dan penetapan biaya persediaan : Mengatribusikan nilai pada barang-barang yang disimpan dalam persediaan, serta biaya untuk memperoleh persediaan itu, dan mengukur perputaran
Anda dapat mengatur sebagian besar analisis ini dengan cukup mudah dengan perangkat lunak akuntansi bisnis, yang sering kali menetapkan rumus akuntansi yang Anda perlukan. Sebagian besar perusahaan tidak membutuhkan semuanya – terutama bisnis yang sangat kecil, datar, atau sempit cakupannya – tetapi semua bisnis kecil dapat memperoleh manfaat dari setidaknya beberapa fungsi yang disebutkan di atas.
Apa perbedaan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan?
Akuntansi keuangan adalah praktik melacak transaksi keuangan perusahaan dan membuat pernyataan yang merangkum aktivitas dan keadaan keuangan perusahaan tersebut. Sebagian besar usaha kecil menggunakan metode ini untuk melacak transaksi mereka dan mengatur catatan ke dalam laporan konsolidasi yang merangkum keadaan keuangan mereka.
Dengan akuntansi keuangan, bisnis dapat mengukur pendapatan dan pengeluaran mereka, menghitung total nilai perusahaan mereka, dan melacak arus kas mereka. Kegiatan ini dapat membantu dalam perencanaan pajak dan pengambilan keputusan, tetapi umumnya kurang canggih daripada analisis akuntansi manajerial dan lebih mudah dilakukan – sebagian besar formulir mudah dikompilasi dengan perangkat lunak akuntansi bisnis dasar. Akuntansi manajerial, sementara itu, melibatkan penggunaan pernyataan ini untuk analisis yang lebih mendalam untuk merencanakan, mengarahkan, dan mengendalikan operasi bisnis.
Dengan kata lain, akuntansi manajemen melibatkan analisis yang lebih khusus daripada akuntansi keuangan dan digunakan lebih hemat. Pemilik dan manajer bisnis menggunakannya ketika mereka perlu membuat keputusan bisnis penting, seperti apakah akan berinvestasi dalam berbagai aset, membeli atau menjual bisnis, memulai operasi baru, atau membuat lini produk baru. Jenis akuntansi ini mungkin juga memerlukan lebih banyak pekerjaan untuk menyiapkan formulir untuk analisis dengan perangkat lunak akuntansi yang tersedia, tetapi masih cukup mudah dilakukan.